Sukses

CEO Ini Berbagi 5 Tips Keuangan Buat Anak Muda yang Baru Menghasilkan Pendapatan Biar Tak Menyesal

Uang yang diinvestasikan pada usia 20-an dapat bertambah selama beberapa dekade.

Liputan6.com, Jakarta Meski terdengar klise, tetapi waktu adalah aset paling berharga dan berinvestasi di usia dua puluhan dapat berperan penting dalam kesuksesan finansial di usia lanjut.

Uang yang diinvestasikan pada usia 20-an dapat bertambah selama beberapa dekade. Radhika Gupta sebagai CEO Perusahaan Manajemen Aset Edelweiss telah berbagi lima 'tips uang' bagi Anda yang baru mulai menghasilkan uang.

Dalam sebuah tweet, Gupta menulis, "5 nasihat uang yang akan saya berikan kepada diri saya yang berusia 22 tahun (yang baru saja mulai menghasilkan uang)...".

Melansir Mint, Kamis (31/8/2023), berikut ini 5 tips mengatur uang saat baru menghasilkan pendapatan dari Gupta.

1. Investasi awal

Menurut Wakil Ketua AMFI, investasi awal harus menjadi tujuan utama dan bukan sekadar tambahan. Gupta, yang mulai berinvestasi setelah dua tahun bekerja, menyebutnya sebagai ide yang buruk. Dia menulis bahwa memulai investasi awal memungkinkan individu membantu dalam membuat keputusan yang tepat pada tahap selanjutnya.

Penundaan dalam investasi, katanya, “Mencakar Anda dan ketika memulai, Anda membuat keputusan terburu-buru karena merasa ketinggalan. Memulai lebih awal membantu Anda memudahkan proses, menguji keadaan, dan membuat kesalahan dengan modal kecil," tulis Gupta di platform X.

Investasi awal hanya akan membantu jika individu mengembangkan kebiasaan membaca dan menganalisis saham, tambah Gupta. "Juga, baca dan pelajari pilihan Anda jauh sebelum memulai. Kaum muda sering kali menjadi korban pesta koktail dan apa yang teman saya investasikan pada sindrom, dan biasanya berakhir dengan sangat menyakitkan," tulis penulis buku Limitless.

2. Alokasi aset yang tepat

Gupta menyarankan bahwa kaum muda, yang berusia awal 20-an, tidak perlu 100 persen atau sebagian besar memiliki kesetaraan karena punya waktu luang. “Setiap orang membutuhkan uang darurat yang cair dalam bentuk utang, jadi pilihlah alokasi aset yang sesuai untuk Anda. Saya benar-benar percaya bahwa yang terbaik adalah yang tidak membiarkan uang Anda tertidur di siang hari tetapi tidak cukup membuat Anda stres. makanlah tidurmu di malam hari, di pasar yang sulit,” kata Gupta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Investasi sederhana

Gupta percaya bahwa produk sederhana tidak mengurangi kecerdasan Anda. Bagi Gupta, investasi terbaik adalah SIP ke dalam dana keuntungan seimbang dan dana berkapitalisasi menengah/kecil. Menurutnya, " Jika seseorang ingin Anda mengunci uang Anda, sebaiknya Anda mendapatkan premi yang serius dan mempunyai alasan yang jelas untuk melakukannya".

4. Perbaiki tujuan

Untuk berinvestasi sejak dini, Gupta menyarankan menulis tujuan dan prinsip terlebih dahulu.

“Apa yang akan Anda investasikan dan mengapa. Apa yang tidak akan Anda investasikan dan mengapa. Apa kinerja yang baik dan buruk," Gupta dalam sarannya menyarankan untuk memikirkan uang secara holistik.

5. Menikmati uang

Terakhir, Gupta mengatakan bahwa menabung dan berinvestasi itu penting, namun menikmati uang juga penting.

“Belanjakan untuk hal-hal yang Anda sukai, untuk kesenangan kecil dan kesenangan besar. Berinvestasi adalah tentang mencapai tujuan dan menjalani kehidupan yang lebih baik, bukan kompetisi untuk menang,” tulis Gupta.

Sebagai CEO sebuah perusahaan reksa dana, Gupta mengatakan bahwa NAV hanya memberikan kebahagiaan terbatas kepada Anda. Namun, hal-hal seperti, "membelikan orang tuamu mobil, membelikan jam tangan pertama untuk dirimu sendiri, pendidikan yang luar biasa untuk anakmu, liburan keluarga pertamamu” pada akhirnya akan membawa kebahagiaan yang lebih besar.

“Sebuah penebusan yang digunakan untuk membuat seseorang tersenyum adalah hal yang baik,” tutupnya.

https://www.livemint.com/money/personal-finance/edelweiss-ceo-radhika-gupta-shares-5-money-tips-for-youngsters-who-have-just-started-earning-11693207128032.html

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini