Sukses

Kementerian PUPR Gelar Indonesia Housing Forum 2023, Cari Solusi Hunian Berkelanjutan dan Terjangkau

Dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional, Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Universitas Indonesia, dan Real Estate Indonesia menggelar Indonesia Housing Forum 2023 (30/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional yang jatuh pada 25 Agustus, Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Universitas Indonesia, dan Real Estate Indonesia menggelar Indonesia Housing Forum 2023 (30/8/2023). Acara tersebut bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Mengusung tema “Membangun Rumah Inklusif, Berkelanjutan, dan Terjangkau untuk Semua”, acara ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari institusi pemerintah, real estate, perbankan, ikatan arsitek, mahasiswa, media, hingga pengusaha di bidang perumahan.

Gelaran ini untuk berdiskusi, dan mencari solusi atas berbagai isu, tantangan, hambatan, kisah sukses, dan keterlibatan multipihak dalam penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia Susanto mengatakan, Indonesia Housing Forum tidak sekedar kegiatan rutin, melainkan sebuah gerakan masif yang melibatkan semua pihak untuk secara sistematis dan bersinergi mencari solusi konkrit atas persoalan pemenuhan kebutuhan rumah layak huni, termasuk penyelesaian persoalan kawasan informal atau kumuh di wilayah urban dan plural.

“Kami berharap, melalui Indonesia Housing Forum yang dilakukan secara rutin ini, dalam 10 tahun ke depan, setidaknya lahir sebuah peta jalan yang menjadi salah satu rekomendasi strategi nasional untuk mengatasi masalah perumahan”.

Susanto menambahkan, selama 3 kali penyelenggaraan Indonesia Housing Forum yakni sejak 2017 hingga 2019 dan 2021, telah dihasilkan 13 gagasan baru untuk mengatasi masalah perumahan di Indonesia. Salah satu yang paling nyata dan telah diterapkan yaitu CSR Forum yang digagas tahun 2019.

“Harapan kami, setidaknya kita dapat mengurangi 30% masalah perumahan melalui Indonesia Housing Forum dan pembangunan rumah layak huni dapat meningkat signifikan," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Housing Forum yang Diadakan Serentak di 70 Negara

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, mengatakan bahwa kegiatan housing forum ini sangat penting untuk rutin diadakan tiap tahunnya.

"Acara Housing Forum ini tentu penting, ya. Kalau kita lihat banyak sekali masyarakat yang belum punya rumah, seperti sektor informal. Rumah kumuh juga banyak sekali. Nah, dengan acara ini kita bisa tahu bagaimana penangannya agar mereka bisa keluar dari masalah ini dan memiliki rumah layak huni," tuturnya.

Diketahui, Indonesia Housing Forum merupakan rangkaian kegiatan Housing Forum yang diadakan serentak di 70 negara di tingkat Asia Pasifik dengan puncak acara diadakan Oktober 2023 mendatang di Korea.

Selama 4 kali diadakan sebagai ruang bagi setiap pemangku kepentingan untuk saling berdiskusi terkait masalah perumahan, Indonesia Housing Forum telah dihadiri lebih dari 10.000 peserta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.