Sukses

Daftar 10 Maskapai Terbaik di Dunia, Ada dari Indonesia?

Japan Airlines menempati peringkat teraras sebagai maskapai penerbangan internasional terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Bounce, sebuah perusahaan penyimpanan bagasi, membandingkan 60 maskapai penerbangan dari seluruh dunia untuk menentukan maskapai mana yang merupakan maskapai internasional terbaik.

Melansir CNBC International, Senin (28/8/2023) faktor-faktor yang dipertimbangkan Bounce untuk menentukan peringkat maskapai terbaik di dunia meliputi ketepatan waktu, pembatalan penerbangan, skor makanan, skor hiburan dalam penerbangan, skor kenyamanan, kursi, dan skor pelayanan staf.

Adapun faktor lainnya yaitu tunjangan bagasi gratis, tunjangan domestik gratis yang diperiksa, tunjangan internasional gratis yang diperiksa, serta skor maskapai penerbangan.

Japan Airlines menempati peringkat teratas sebagai maskapai penerbangan internasional terbaik, dengan skor keseluruhan 8,28.

Perusahaan maskapai asal Jepang itu mendapat skor empat dari faktor yaitu fasilitas makanan, kenyamanan kursi, layanan staf, dan hiburan dalam penerbangan.

Menurut Bounce, maskapai ini juga memiliki rekor kedatangan tepat waktu sebesar 88,36 persen.

Japan Airlines menawarkan banyak rute langsung dari Amerika Serikat ke pusat transportasi utama Jepang seperti Tokyo, Osaka, dan Nagoya.

Operasional Japan Airlines mencakup layanan penumpang dan kargo internasional dan domestik ke 220 tujuan dan 35 negara di seluruh dunia.

Singapore Airlines

Kemudian ada Singapore Airlines yang menduduki peringkat maskapai internasional terbaik kedua. Maskapai ini memperoleh skor 7,63 dan setara dengan tingkat pembatalan terbaik, 0,03 persen, dengan Iberia Airlines.

Diketahui bahwa, sebelumnya, Singapore Airlines terpilih sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia oleh Skytrax dan tahun ini.

Maskapai asal Singapura tersebut menduduki peringkat Bouncat Maskapai Terbaik untuk kelima kalinya serta Maskapai Penerbangan Kelas Satu Terbaik. Skytrax menilainya sebagai maskapai bintang lima.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Maskapai Internasional Terbaik di Dunia

Berikut adalah 10 maskapai internasional terbaik di dunia, menurut Bounce : 

  1. Japan Airlines
  2. Singapore Airlines
  3. Qatar Airways
  4. Korean Air
  5. Vistara
  6. All Nippon Airways
  7. Ethiopian Airlines
  8. Air India
  9. Azul Airlines
  10. Emirates and Vietnam Airlines
3 dari 4 halaman

Lion Air dan Wings Air Puncaki Posisi Maskapai Terburuk di Dunia 2023 Versi Bounce

 Platform layanan perjalanan, Bounce, baru saja merilis nama-nama maskapai penerbangan terbaik dan terburuk di dunia pada 2023. Namun sayangnya, dua maskapai penerbangan Indonesia, yakni Lion Air dan Wings Air, memuncaki daftar maskapai terburuk di dunia 2023 dalam daftar.

Melansir Time Out, Jumat (25/8/2023), proses penilaian maskapai penerbangan internasional ini merujuk pada beberapa hal, mulai dari katering dalam penerbangan, hingga histori ketepatan waktu. Evaluasi Bounce kemudian menghasilkan 10 maskapai ke daftar terbaik dan terburuk. 

Maskapai terbaik dunia versi Bounce adalah Japan Airlines dengan skor 8,28/10. Maskapai ini mendapat skor sangat baik untuk pengalaman dalam penerbangan dan memiliki tingkat pembatalan penerbangan yang sangat rendah, hanya 1,56 persen, ditambah jatah bagasi yang besar.

Di sisi lain, peringkat maskapai terburuk di dunia 2023 adalah maskapai penerbangan Indonesia Wings Air, yang memiliki skor indeks hanya 0,37/10. Kurang dari separuh penerbangan maskapai ini tiba tepat waktu, sementara tingkat pembatalan sebesar 15,91 persen jadi yang tertinggi kedua, setelah Lion Air.

4 dari 4 halaman

Daftar Maskapai Terburuk Versi Bounce

Daftar maskapai penerbangan internasional terburuk di dunia 2023 menurut Bounce:

  1. Wings Air (0.37)
  2. Lion Air (0.61)
  3. Jetstar Airways (0.94)
  4. flydubai (1)
  5. VivaAerobus (1.18)
  6. Wizz Air (1.31)
  7. Ryanair (1.63)
  8. WestJet (1.66)
  9. Vueling Airlines (1.96)
  10. Air Canada (2.11)
  11. Volaris (2.11)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini