Sukses

Istana Presiden di IKN Target Rampung Juni 2024, PT PP Sanggup?

Progres pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara di IKN Nusantara sebesar 22,1 persen. Sedangkan, untuk pembangunan bangunan gedung kantor presiden mencapai 27,5 persen.

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan Istana Presiden dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur ditargetkan rampung Juni 2024. Sehingga, rencana menggelar upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara bisa terlaksana.

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk alias PTPP selaku kontraktor pelaksana pemenang tender menyatakan komitmen agar pembangunan Istana Presiden IKN bisa selesai sesuai jadwal.

Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea lantas meminta seluruh jajarannya untuk selalu menjaga integritas serta disiplin dalam menjalankan tugas. Ia tak ingin perusahaan BUMN konstruksi tersebut menyia-nyiakan kepercayaan yang telah diberikan dalam membangun proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

"Disiplin dan menjaga integritas mutlak harus dijalankan bagi para insan PTPP dimanapun bekerja. Termasuk proyek pembangunan Istana Negara dan Kantor Presiden di Ibu Kota Negara (IKN)," pintanya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023).

Andi Gani mengaku PTPP siap untuk menyelesaikan proyek pembangunan di IKN Nusantara tepat jadwal. "PTPP siap sedia berkomitmen secara profesionalisme dan menjujung integritas dalam mengerjakan proyek-proyek infrastruktur nasional," ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan agar pembangunan Istana Presiden di IKN rampung Juli 2024. Terbaru, Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga memproyeksikan, konstruksi Istana Negara dan Kantor Presiden di KIPP IKN Nusantara selesai Juni 2024.

Propres Pembangunan

Danis menjelaskan, progres pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara sebesar 22,1 persen. Sedangkan, untuk pembangunan bangunan gedung kantor presiden mencapai 27,5 persen.

"Sekitar Juni 2024 kita bakal rampungkan, dan pada Juli itu commissioning atau pengujian operasional semuanya," ujar Danis saat meninjau langsung pembangunan KIPP IKN Nusantara beberapa waktu lalu. 

Sejumlah alat berat seperti dozer, alat gali atau eskavator terlihat dalam aktivitas pengerjaan proyek pembangunan di area ring 1 Nusantara. Rencananya upacara 17 Agustus 2024 digelar di area sumbu kebangsaan atau persisnya di depan proyek istana presiden di IKN.

Danis menerangkan, bilah-bilah sayap garuda kantor presiden di ibu kota baru bakal dipasang pada September tahun ini. Diketahui, bilah terbuat dari kuningan dengan bentuk kepakan sayap sepanjang 200 meter dengan tinggi 76 meter dan lebar 30 meter.

"Total ada 4.000 keping bilang. Bilah garuda kita akan bawa dari Bandung. Pemasangan pertama itu September dengan seribu keping bilah," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4.000 Keping Bilah Garuda Diangkut Bertahap dari Bandung ke IKN Nusantara Mulai September 2023

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membawa dan memasang bilah Garuda di Kantor Presiden secara bertahap ke IKN Nusantara pada September 2023. Bilang ini dibawa dari Bandung, Jawa Barat. 

"Pemasangan bilah Garuda untuk Kantor Presiden pada bulan September, bilah-bilah itu kami bawa dari Bandung," ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga dikutip dari Antara, Rabu (23/8/2023). 

Terdapat 4.000 keping bilah Garuda, dan untuk tahap pertama sebanyak 1.000 keping bilah yang dibawa ke IKN Nusantara. "Untuk tanggal persisnya sedang dibahas oleh para PPK dan kontraktor," katanya.

Danis menyampaikan, pada bulan yang sama Kementerian PUPR juga melakukan penanaman sebanyak 48 ribu pohon di IKN Nusantara.

"Bagian-bagian wilayah IKN yang sudah selesai, langsung kami lakukan penanaman pohon," katanya.

Sebanyak 48 ribu pohon diambil dari tempat pembibitan atau nursery 3B IKN Nusantara.

Desain Kantor Presiden dirancang oleh seniman sekaligus desainer I Nyoman Nuarta. Bangunan tersebut dikelilingi oleh pepohonan dan bangunan berbentuk seperti burung Garuda yang membentangkan sayapnya.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, realisasi pembangunan fisik Kantor Presiden di IKN Nusantara per 17 Agustus mencapai 27,52 persen.

 

3 dari 3 halaman

Jadi Negara Maju

Kantor Presiden merupakan bagian dari Kawasan Istana Kepresidenan bersama dengan Istana Negara dan Lapangan Upacara.

Kementerian PUPR menargetkan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Tahap 1 di Kalimantan Timur, termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), selesai pada 2024.

Ibu Kota Negara Nusantara dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai Visi Indonesia 2045.

Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini