Sukses

Bertemu Pekerja Migran Indonesia di Jepang, Erick Thohir Titip Pesan Ini

Melihat budaya kerja di Jepang, Erick tak ingin para Pekerja Migran Indonesia melupakan negaranya.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir tengah melawat ke Tokyo, Jepang. Setibanya di negeri sakura itu, Erick bertemu dengan pekerja migran Indonesia (PMI) di Jepang.

Ada tiga pemuda yang ditemuinya saat itu. Ketiganya disebut bekerja di wilayah Tottori-ken, Sakaiminato, Jepang. Jenis usaha yang digeluti adalah penangkap kepiting.

"Ini saya sama pahlawan-pahlawan devisa yang luar biasa. Berjuang untuk keluarga dan juga menjaga Merah Putih," ujar Erick melalui akun Instagram @erickthohir, Senin (21/8/2023).

Melihat budaya kerja di Jepang, Erick tak ingin para PMI melupakan juga Indonesia. Dia juga meminta setiap pelajaran positif bisa dibawa ketika pulang ke Indonesia.

Dia mencontohkan seperti etos kerja, ketelitian, dan kerja keras orang Jepang.

"Tapi saya pesan, nanti kalau pulang ke Indonesia, harus bawa disiplin, etos kerjanya Jepang, telitinya. Dan mudah-mudahan ketika kalian belajar di sini juga kembali ke Indonesia bisa mengembangkan karya kalian," paparnya.

Ketua Umum PSSI itu pun mengisahkan cerita sukses dari seorang pemuda yang pernah bekerja di Jepang. Setelah pulang ke Indonesia, akhirnya si pemuda itu bisa sukses.

"Saya pernah ketemu anak muda yang kerja di Jepang, waktu itu di pertanian, pulang jadi petani mereka mengelola berapa hektar lahan. Dan itu juga menjadi sukses," kata dia.

"Jangan lupa pulang ke tanah air untuk kita bangun Indonesia menjadi negara maju," pungkas Erick Thohir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir Jadi Saksi Nikah

Diberitakan sebelumnya, Kabar bahagia datang dari pesepak bola Indonesia, Pratama Arhan. Pada hari ini, Minggu (20/8/2023), Pratama Arhan resmi menikah dengan Azizah Salsha di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang.

Ketua PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir dan Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menjadi saksi perkawinan Pratama Arhan dengan Azizah Salsha di Jepang.

Dalam akun Instagram resminya, @erickthohir, Erick Thohir membagikan momen pernikahan Pratama Arhan dan Azizah Salsha.

"Alhamdulillah, selamat menempuh hidup baru @pratamaarhan8 dan @azizahsalsha_," kata Erick Thohir ikutip Minggu (20/8/2023).

"Saya hadir di Tokyo, menjadi saksi pernikahan Arhan, salah satu andalan Timnas Indonesia," lanjut Erick Thohir.

Erick Thohir pun tak lupa mendoakan agar pernikahannya dengan Azizah Salsha membuat Pratama Arhan semakin bersemangat dalam berkarier di dunia sepak bola.

"Semoga pernikahan ini bisa menambah semangat dan motivasi Arhan dalam berkarier di sepak bola. Langgeng terus sampai kakek nenek ya Arhan dan Zize," tutup Erick Thohir.

 

3 dari 4 halaman

Kiprah Pratama Arhan

Diketahui Pratama Arhan sendiri saat ini sedang berkiprah sebagai pemain klub Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang. Melansir Bola.com, Pratama Arhan perdana kali tampil di Tokyo Verdy dalam laga J2 League 2023 atau kasta kedua Liga Jepang pada 6 Agustus 2023.

Saat itu, Pratama Arhan diturunkan sebagai pemain pengganti babak kedua ketika Tokyo Verdy bertanding melawan Shimizu S-Pulse dalam pekan ke-29 J2 League di Ajinomoto Stadium, Tokyo.

Sementara itu pada saat Piala Dunia 2022, eFootball sempat merilis video promosi yang menyertakan Arhan. Video aksi Pratama Arhan di iklan terbaru eFootball sudah beredar di media sosial pada pertengahan November 2022. Di video divisualisasikan salah satu momen aksi terbaik Arhan di timnas Indonesia melalui permainan di game eFootball.

Pada video iklan tersebut memakai kaos khas game eFootball. Kaos warna-warni ini juga dipakai brand ambassador lain seperti Lionel Messi, Neymar, gelandang Manchester United/MU Bruno Fernandes, bek kanan Liverpool Trent Alexander Arnold hingga palang pintu Bayern Munchen Dayot Upamecano.

 

4 dari 4 halaman

Duta eFootball

Bedanya Pratama Arhan cuma menjadi duta eFootball untuk wilayah Asia. Tugas ini diperankan Arhan bersama dua pesepak bola Asia Tenggara lain Chanathip Songkrasin dari Thailand dan Matthew Davies asal Malaysia.

"Ayo kita ikutan eFootball Internasional Cup," kata Pratama Arhan mengajak penggemarnya memeriahkan event yang diadakan eFootbal untuk menyambut Piala Dunia 2022.

Sejak Oktober 2022 lalu, di game eFootball memang sudah ada timnas Indonesia. Total ada 23 pemain Indonesia yang bisa dipakai penggemar eFootball.

Gamers juga bisa memilih timnas Indonesia sebagai tim yang dipakai, sayangnya jersey Skuad Garuda masih rekayasa.

Sosok Pratama Arhan juga bisa dimainkan di game eFootball dengan wajah asli. Sedangkan pemain timnas Indonesia lain, wajahnya belum asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.