Sukses

Orang Terkaya Jeff Bezos Mau Sumbang Korban Kebakaran di Hawaii Rp 1,5 Triliun

Kebakaran hutan melanda pulau Hawaii dengan angin kencang dari Badai Dora. Lebih dari 50 orang tewas dan ribuan penduduk mengungsi akibat bencana tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder sekaligus pendiri Amazon, Jeff Bezos dan tunangannya Lauren Sánchez mengungkapkan akan menyumbang USD 100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun untuk upaya pemulihan di Maui, yang dilanda kebakaran hutan yang dahsyat.

"Jeff dan saya sangat sedih dengan apa yang terjadi di Maui," tulis pasangan miliarder Bezos  di akun Instagram-nya, dikutip dari CNN Business, Senin (14/8/2023).

"Kami memikirkan semua keluarga yang telah kehilangan begitu banyak dan komunitas yang terdampak," sambungnya.

Sanchez menambahkan bahwa, "Jeff dan saya sedang membuat Dana Maui dan mendedikasikan USD 100 juta untuk membantu Maui bangkit kembali sekarang dan di tahun-tahun mendatang karena kebutuhan yang terus berlanjut muncul dengan sendirinya."

Sebagai informasi, kebakaran hutan melanda pulau Hawaii dengan angin kencang dari Badai Dora mengipasi api. Lebih dari 50 orang tewas dan ribuan penduduk mengungsi karena rumah dan bisnis lokal dilalap api. Butuh waktu bertahun-tahun bagi pulau tersebut untuk memperbaiki kerusakan sepenuhnya.

Seperti diketahui, Bezos dikenal sebagai ketua eksekutif Dewan Direksi Amazon dan memiliki media Washington Post. Dia diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 163 miliar atau setara Rp. 2,4 kuadriliun, menurut Indeks Miliarder Bloomberg.

Jumlah itu menempatkannya sebagai orang terkaya ketiga di dunia, menurut Bloomberg. Pada bulan November 2022, Bezos mengatakan berencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan seumur hidupnya.

Dia ingin mencurahkan uang untuk memerangi perubahan iklim dan mendukung orang-orang yang dapat menyatukan umat manusia.

Namun, baik Jeff Bezos maupun Sánchez belum menandatangani Giving Pledge. Janji tersebut merupakan komitmen yang dibuat oleh ratusan orang terkaya di dunia, termasuk Bill Gates, Elon Musk, dan Warren Buffett, untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka selama hidup atau dalam surat wasiat mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliarder Amazon Jeff Bezos Dikabarkan Tunangan dengan Lauren Sánchez

 Miliarder sekaligus pendiri Amazon, Jeff Bezos dan kekasihnya Lauren Sánchez dikabarkan telah bertunangan.

Melansir CNN, Selasa (23/5/2023) meski sudah ada kabar pertunangan, belum ada informasi lebih lanjut terkait lamaran atau rencana pernikahan Bezos dan Sánchez.

Bezos dan Sánchez, mantan jurnalis penyiaran yang sekarang aktif di bidang filantropis, pertama kali mengumumkan hubungan mereka pada tahun 2019.

Sejak Bezos dan Sánchez mulai menjalin hubungan, mereka merahasiakan sebagian besar detail kehidupan mereka bersama di luar difoto di berbagai acara.

Pada 2022 lalu, dalam sebuah wawancara di rumah mereka di Washington DC, keduanya menceritakan pekerjaan filantropis mereka untuk secara strategis memberikan kekayaan besar Bezos untuk berbagai tujuan.

Terkait kegiatan amal, Sánchez mengatakan bahwa dia dan Bezos membuat "rekan satu tim yang sangat hebat".

Bezos menggambarkan jurnalis peraih penghargaan Emmy itu sebagai orang paling dermawan, paling berhati besar yang pernah ditemuinya.

Selain mendirikan Amazon, Bezos juga dikenal sebagai pendiri perusahaan luar angkasa Blue Origin, dan terbang pada tahun 2021 ke luar angkasa dan kembali dengan roket New Shepard milik Blue Origin.

Forbes memperkirakan kekayaan sang miliarder mencapai USD 137,8 miliar atau sekitar Rp. 2 kuadriliun, menjadikannya orang terkaya ketiga di dunia.

3 dari 3 halaman

Sosok Jeff Bezos dan Lauren Sánchez

Melansir Forbes, Bezos dan Sánchez sama-sama mencapai tingkat selebritas pada saat mereka memulai hubungan mereka.

Bezos diakui secara luas sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2019, sebelum Elon Musk menggesernya pada tahun 2021.

Saat itu, Bezos telah mendirikan dan menjalankan Amazon sebagai chief executive officer, posisi yang dipegangnya hingga 2021 ketika dia mengundurkan diri untuk fokus pada Blue Origin.

Adapun Sánchez yang memulai karirnya sebagai jurnalis penyiaran sebelum menjadi pembawa acara Fox's So You Think You Can Dance/ 

Dia sebelumnya menikah dengan Patrick Whitesell, seorang ketua eksekutif di Endeavour, sebuah perusahaan induk untuk agensi bakat dan media. Pada tahun 2016, Sánchez mendirikan Black Ops Aviation, sebuah perusahaan pembuatan film udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.