Sukses

Panen Terganggu Banjir, China Diprediksi Tambah Impor Beras Tahun Ini

Banjir melanda tiga provinsi China yang menyumbang 23 persen dari produksi beras dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pasar dan harga beras dunia diprediksi merangkak naik karena produsen beras terkemuka dunia, China, menghadapi risiko hujan lebat dan banjir yang bisa mempengaruhi panen.

"Hujan lebat di wilayah timur laut penghasil biji-bijian China yang akan mengurangi hasil panen kemungkinan akan memberikan tekanan pada harga beras global yang sudah tinggi," kata Fitch Ratings dalam laporannya baru-baru ini, dikutip dari CNBC International, Senin (14/8/2023).

Seperti diketahui, China dikenal sebagai produsen beras terbesar di dunia, dan tingkat siaga banjir dinaikkan untuk tiga provinsi yang  menyumbang 23 persen dari produksi beras negara itu: Mongolia Dalam, Jilin dan Heilongjiang.

Sejumlah daerah di China telah dihadapi oleh banjir yang menghancurkan dalam beberapa minggu terakhir. Topan Doksuri adalah salah satu badai terburuk yang melanda kawasan utara negara itu dalam beberapa tahun, dengan ibu kota Beijing dihantam oleh curah hujan terberat dalam 140 tahun.

Fitch menyoroti banyak area produksi biji-bijian utama di ketiga provinsi tersebut yang terkena dampak hujan lebat dan sisa-sisa Topan Doksuri, dan mereka akan menghadapi "banjir lain saat Topan Khanun bergerak ke utara".

"Ini akan mengangkat harga biji-bijian domestik China dan kemungkinan mendorong impor yang lebih tinggi di 2023 untuk sebagian mengimbangi potensi kehilangan hasil," kata perusahaan pemeringkat kredit tersebut.

Fitch menambahkan, China mungkin perlu mengimpor lebih banyak beras jika panennya sendiri gagal, namun langkah itu dapat mendorong harga beras global lebih tinggi lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Beras Melonjak Menyusul Larangan Ekspor dari India

Harga beras global telah melonjak ke level tertinggi dalam hampir 12 tahun, menurut Indeks Harga Beras Organisasi Pangan dan Pertanian.

Pengamat pasar lain memperkirakan harga beras lebih tinggi setelah India melarang ekspor beras putih non-basmati bulan lalu, dan Thailand mendesak petani untuk menanam lebih sedikit beras dalam upaya menghemat udara akibat curah hujan yang rendah.

India, yang menyumbang lebih dari 40 persen perdagangan beras global, melarang ekspor beras putih non-basmati pada 20 Juli, karena pemerintah berupaya mengatasi melonjaknya harga pangan dalam negeri.

Harga beras telah barada di level tertinggi satu dekade, dengan masa depan beras di perdagangan terakhir pada USD 15,98 per berat ratus (cwt).

Selain beras, laporan Fitch juga mengutip jagung dan kedelai di antara tanaman utama yang ditanam di Mongolia Dalam, Jilin, dan Heilongjiang, yang akan terkena dampak risiko banjir. China diperkirakan akan mengimpor lebih banyak biji-bijian tahun ini dibandingkan tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Krisis Pangan Makin Dekat, Harga Beras Sentuh Level Tertinggi dalam 12 Tahun

Harga beras melonjak ke level tertinggi dalam hampir 12 tahun menyusul larangan ekspor beras India dan kondisi cuaca buruk yang dapat berdampak pada produksi.

Mengutip CNBC International, Kamis (10/8/2023) Indeks Harga Beras Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) per Juli 2023 naik 2,8 persen menjadi 129,7 poin.

Angka tersebut menandai kenaikan 19,7 persen dibandingkan tahun lalu, dan nilai nominal tertinggi sejak September 2011, menurut data dari FAO.

FAO mencatat, harga beras paling tajam terjadi di Thailand.

"Kekhawatiran atas potensi dampak El Nino pada produksi di beberapa pemasok memberikan dorongan lebih lanjut terhadap harga, begitu pula gangguan yang disebabkan oleh hujan dan variabilitas kualitas dalam panen musim panas-musim gugur di Vietnam yang sedang berlangsung," kata FAO dalam laporannya.

Sebagai informasi, El Nino adalah fenomena iklim yang ditandai dengan suhu dan kondisi cuaca ekstrem yang dapat mengganggu kehidupan dan mata pencaharian.

Diketahui bahwa India, pengekspor beras terbesar dunia, melarang ekspor beras putih non-basmati pada 20 Juli lalu dalam upaya negara itu mengendalikan kenaikan harga pangan di dalam negeri, dan memastikan keamanan pasokan.

FAO mencatat bahwa pembatasan ekspor India "meningkatkan masalah ketahanan pangan yang substansial untuk sebagian besar populasi dunia."

Harga beras melayang di level tertinggi dekade, dengan beras berjangka terakhir diperdagangkan pada USD 16,02 per berat seratus (cwt).

4 dari 4 halaman

Masih Terus Naik

Harga ini diprediksi bisa naik lebih tinggi.

"Kita kemungkinan besar akan melihat indeks harga beras FAO yang lebih tinggi untuk Agustus 2023 vs Juli 2023," ungkap Oscar Tjakra, analis senior di bank pangan dan pertanian global Rabobank.

Dia menyoroti larangan ekspor beras putih non-basmati India datang pada saat persediaan musiman rendah di pemasok utama beras global, terutama di Asia.

Selain itu, lonjakan harga beras juga dikhawatirkan berlanjut jika negara lain mengikuti pembatasan ekspor.

"Harga bisa jauh lebih tinggi jika negara pengimpor mencoba menimbun beras untuk ketahanan pangan dalam negeri, dan negara pengekspor membatasi ekspor," jelas Samarendu Mohanty, direktur regional Asia di International Potato Center.

El Nino juga dapat memperburuk risiko pada produksi global di produsen beras utama Asia lainnya seperti Thailand, Pakistan, dan Vietnam.

"Untuk beberapa bulan ke depan, arah harga beras dunia akan ditentukan oleh dampak El Nino," sambung Tjakra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.