Sukses

Heboh Kasus 191 Ribu Ponsel Ilegal, Simak Cara Cek IMEI di Smartphone

Simak beberapa cara melakukan pengecekan IMEI pada ponsel Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat tengah dihebohkan dengan kabar International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada 191 ribu ponsel ditemukan berstatus ilegal.

Polri pun mengatakan akan memblokir atau menonaktifkan 191 ribu ponsel yang memiliki IMEI ilegal tersebut. Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri Brigjen Adi Vivid menjelaskan, langkah tersebut diambil untuk menghindari pembelian barang di pasar tidak resmi.

"Pertama supaya kita mengetahui handphone itu oleh apakah memang yang bersangkutan itu beli black market, kan ada itu beli black market, biasanya bahasanya internasional, itu alasannya," kata Adi saat dikonfirmasi, dikutip Selasa (1/8/2023).

Tak hanya itu, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidisber) Bareskrim Polri juga mengungkap pelanggaran dalam pendaftaran IMEI dalam sistem Centralized Equipment Identity Register (CEIR). kasus tersebut menyebabkan kerugian negara hingga Rp 353 miliar.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol. Wahyu Widada mengungkapkan, dalam kasus IMEI ilegal ini terdapat enam tersangka yang ditangkap.

Dari keenam pelaku tersebut, empat di antaranya dari pihak swasta dan dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Dari hasil pengungkapan ini, kami sudah mengamankan enam tersangka, di antaranya pemasok device elektronic ilegal tanpa hak melalui tahapan masuk yaitu inisial P, D, E, P dan semuanya adalah swasta," ungkap Wahyu.

Di Indonesia, nomor IMEI merupakan bagian penting pada penjualan dan kepemilikan smartphone atau ponsel.

Ketika hendak membeli smartphone, penting sekali untuk melakukan pengecekan IMEI terlebih dahulu, untuk memastikan keresmian produk yang dibeli.

Berikut adalah beberapa cara melakukan pengecekan IMEI pada ponsel Anda, dikumpulkan dari berbagai sumber pada Selasa, 1 Agustus 2023 :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cek IMEI di Situs Kemenperin

Untuk mengecek IMEI pada ponsel bisa melalui situs web database Kementerian Perindustrian atau Kemeperin. Berikut adalah cara cek IMEI di laman resmi Kemenperin :

  1. Pastikan catat nomor IMEI ponsel kamu, biasanya tertempel di belakang ponsel atau Tekan *#06# lalu masuk ke mode pengaturan. Kemudian cari informasi di About Phone atau bisa cek nomor IMEI di kotak kemasan ponsel.
  2. Selanjutnya buka laman www.kemenperin.go.id/imei
  3. Jika sudah membuka laman tersebut maka akan muncul kolom pengecekan IMEI. Masukan nomor IMEI ponsel kamu dan klik simpan.
  4. Setelahnya akan muncul informasi legalitas ponsel. Kalau ponsel yang kamu miliki terdaftar maka akan terlihat IMEI, perusahaan, merk dan model ponsel yang kamu miliki. Jika tidak terlihat berarti ponsel kamu belum masuk database Kemenperin dan bisa disebut ponsel ilegal.
3 dari 4 halaman

Cara Cek IMEI Smartphone Merek iPhone

Cara termudah untuk mengecek IMEI di smartphone Apple ada melalui sistem iPhone. Di perangkat ponsel iOS, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke menu Settings atau Pengaturan.

Langkh selanjutnya, buka ‘General’ dan lanjutkan ke ‘About’. Pada menu ‘About’ carilah IMEI dari iPhone kamu tersebut. Selain IMEI, kamu juga bisa mengecek ICCID melalui cara ini.

Melalui Fisik iPhone

Selain bagian pengaturan, IMEI juga tertera pada bagian fisik iPhone. Untuk melihat IMEI di fisik iPhone, Anda perlu membuka casing bagian belakang dan tanggalkan baterai yang terpasang di sana. Pada umumnya, nomor IMEI iphone Anda akan tertera di dekat slot SIM card.

Melalui Kode Khusus

Cara cek IMEI lainnya, Anda bisa mebuka menu calls seperti ketika melakukan panggilan telepon, lalu ketik kode *#06#, maka layar akan menampilkan nomor IMEI dari ponsel kamu.

Lewat iTunes

iTunes, yang merupakan software resmi dari Apple juga dapat digunakan untuk mengecek IMEI pada perangkat iPhone milik Anda. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menyambungkan iPhone ke komputer yang sudah diinstal iTunes.

Selanjutnya, jika berhasil terkoneksi, klik ‘Library’ pada iTunes, maka secara otomatis data dari iPhone akan ditampilkan di layar, termasuk nomor IMEI iPhone tersebut. Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI dari iPhone tersebut, maka kamu bisa segera mencocokkannya dengan dusbook dari iPhone itu. iPhone yang asli akan memiliki nomor IMEI yang sama di bagian fisik, dusbook, dan sistem.

4 dari 4 halaman

Cara Cek IMEI Smartphone Merek Android

Sedangkan pada perangkat Android, kamu bisa cek IMEI di menu setelan atau setting. Berikut langkah-langkah cara cek IMEI Android:

- Buka menu ‘Setting’ atau ‘Setelan’

- Pilih menu ‘Tentang Telepon’

- Tekan ‘Status’

Jika tidak bisa dilakukan dengan cara tersebut, kamu bisa melakukan pengecakan IMEI pada Android seperti berikut ini:

- Buka menu ‘Setting’ atau ‘Setelan’

- Pilih menu ‘Umum’

- Pilih menu ‘Tentang Perangkat’

- Pilih menu ‘Status’

Cara cek IMEI Android ini akan memperlihatkan sejumlah informasi mengenai ponsel seperti dua nomor IMEI ponsel. Selanjutnya kamu bisa salin nomor IMEI tersebut dengan menekan dan menahan nomor tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini