Sukses

Profil Jean Todt, Mantan Bos Ferrari yang Nikahi Michelle Yeoh Setelah Tunangan 19 Tahun

Aktris Michelle Yeoh dan mantan CEO Ferrari Jean Todt akhirnya menikah setelah bertunangan selama 6.992 hari pada 27 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris peraih Oscar Michelle Yeoh akhirnya menikah dengan tunangan lamanya, mantan CEO Ferrari Jean Todt.

Dikutip dari Yahoo, Sabtu (29/7/2023), pertunangan Michelle Yeoh dan Jean Todt telah berlangsung selama 6.992 hari. Keduanya pun menikah dengan upacara di Jenewa, Swiss. “Kami bertemu di Shanghai pada 4 Juni 2004,” bunyi pesan di undangan pernikahan yang dibagikan di instagram mantan pembalap Formula 1 Ferrari, Felipe Massa.

“Pada 26 Juli 2004, J.T melamar M.Y, dan dia bilang YA,”.  Undangan itu diakhiri dengan pesan manis. “Hari ini setelah 6.992 hari pada 27 Juli 2023 di Jenewa, dikeliling oleh keluarga dan teman yang penuh kasih kami sangat senang merayakan momen special ini bersama,”

Foto-foto Felipe Massa dari upacara tersebut menampilkan Yeoh dalam berbagai pakaian, termasuk gaun renda dengan korset sutra.

“Selamat menikah#JeanTodt&michelleyeoh sangat mencintaimu,” ia memberi tulisan pada unggahan tersebut.

Menarik untuk diketahui Jean Todt, sosok pria yang telah menaklukan hati Michelle Yeoh. Berikut profil Jean Todt yang pernah menjadi CEO Ferrari dan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Keselamatan Jalan sejak 2015.

Dikutip dari laman Elle, Jean Todt lahir di Pierrefort pada 25 Februari 1946. Ia putra dari seorang dokter. Todt melanjutkan studi di Ecole des Cadres School of Economics and Business di Paris. Jean Todt memulai karier di belakang kemudi pada 1966. 

Ia pernah berpartisipasi dalam kejuaraan reli dunia hingga 1981. Jean Todt memenangkan kejuaraan reli dunia dengan Talbot Lotus pada 1981. Todt telah memenangkan balapan di Tour de France Automobile Rally, World Rally Championship dan Rally de Portugal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memiliki Seorang Putra

Selain itu, Jean Todt menjabat sebagai Direktur Peugoet Talbot Sport. Dikutip dari laman the Richest,di bawah manajemennya, Peugeot Talbot Sport memenangkan empat gelar kejuaraan reli dunia dan menjadi juara empat kali di Reli Paris-Dakar. Peugeot juga dua kali memenangkan Le Mans 24 Hours.

Ia juga pernah menjabat sebagai CEO Ferrari dari 2004-2009. Saat di Ferrari, tim tersebut memenangkan 14 gelar kejuaraan dunia formula satu. Dari 2009-2021, Todt juga menjadi Presiden Federation Internationale de Automobile. Organisasi ini mengawasi Kejuaraan Dunia Formula Satu.

Selain itu, ia juga Utusan Khusus PBB untuk Keselamatan Jalan, dan merupakan anggota Dewan Pengawas Yayasan FIA untuk otomotif dan masyarakat.

Jean Todt juga memiliki seorang putra bernama Nicolas Todt dari hubungan sebelumnya. Nicolas juga ikuti jejak ayahnya menjadi pembalap termasuk pembalap Formula 1 Charles Leclerc.  

Terkait kekayaan, The Richest mencatat kekayaan Todt mencapai USD 16 juta pada 2013. . Ia juga seorang pendiri dan Wakil Presiden Institut du Cerveau et de la Moelle Epiniere (ICM), sebuah lembaga yang dikhususkan untuk penelitian medis untuk gangguan otak dan sumsum tulang belakang. Todt dianugerahi Humanitarian of the Year Award oleh United Nations of New York pada 2016.

3 dari 4 halaman

Michelle Yeoh Menikahi Eks Bos Ferrari Jean Todt Usai 6.992 Hari Bertunangan

Dikutip dari Kanal Lifestyle Liputan6.com, Michelle Yeoh menikahi Jean Todt setelah mereka bertunangan selama 6.992 hari, yakni hampir selama dua dekade. Pemenang Oscar berkebangsaan Malaysia itu pertama kali dilamar mantan bos Ferrari pada 26 Juli 2004.

Pasangan berbeda usia 17 tahun itu meresmikan hubungan mereka dalam hubungan pernikahan pada Kamis, 27 Juli 2023, di Jenewa, Swiss. Pernikahan mereka disaksikan oleh keluarga dan teman-teman.

Kabar pernikahan Michelle Yeoh dan Jean Todt dibagikan oleh pebalap F1 asal Brasil, Felipe Massa, pada Jumat (28/7/2023). Ia pun meninggalkan pesan manis untuk pasangan yang berbahagia.

"Happy marriage #JeanTodt & #michelleyeoh love you so much," tulisnya, dikutip dari Strait Times.

Disebutkan bahwa Todt pertama kali mengenal Michelle Yeoh di Shanghai, China, pada 4 JUni 2004. Sekitar 1,5 bulan kemudian, legenda F1 berdarah Prancis itu melamar sang kekasih.

Tahun ini menjadi tahun penuh kenangan bagi Yeoh, selain pernikahannya. Pada Maret 2023, ia mencetak sejarah dengan menjadi perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan Academy Award sebagai Aktris Terbaik untuk perannya di film Everything Everywhere All At Once.

Mengutip The Star, Jean Todt saat itu menyambut kemenangan sang kekasih dengan membagikan pesan lewat akun Twitternya pada Senin, 13 Maret 2023.

"Momen rahmat murni dan kebahagiaan luar biasa! Perjalanan yang luar biasa! Sangat bangga dengan Michelle yang menerima Oscar Academy Award untuk aktris terbaik #EverythingEverywhereAllAtOnce," cuitnya dalam bahasa Inggris. Cuitan itu berhasil mendapai 21.400 likes dan retweeted 1.053 kali dalam selang sehari.

 

4 dari 4 halaman

Capaian Michelle Yeoh di Oscar 2023

Michelle Yeoh menyabet Piala Oscar 2023 dengan mengalahkan sederet nama tenar, yakni Cate Blanchett (Tar), Anna de Armas (Blonde), Andrea Riseborough (To Leslie), dan Michelle Williams (The Fablemans). Ia tampil meyakinkan sebagai Evelyn Wang di Everything Everywhere All at Once.

Saat berpidato, Michelle memberi tahu bahwa apa yang terjadi padanya adalah bukti mimpi besar itu bisa jadi nyata. Ia mencontohkan dirinya yang bermimpi bisa bermain film juga memenangkan Piala Oscar.

"Terima kasih, terima kasih. Untuk semua anak-anak yang seperti saya yang menonton ini, penghargaan ini seperti mercusuar harapan dan kemungkinan (sesuatu berhasil)."

"Ini bukti, bahwa mimpi besar dan mimpi bisa jadi nyata," katanya.

Wanita berusia 60 tahun ini juga memberi semangat bahwa orang bisa berjaya pada usia berapapun, termasuk dirinya yang kini sudah tidak muda lagi. "Dan kepada para ladies, jangan biarkan siapapun mengatakan bahwa kamu telah melawati masa jaya," katanya lagi di Dolby Theatre Hollywood, Amerika Serikat pada Minggu, 12 Maret 2023, waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini