Sukses

UMKM Binaan BNI-Antam Mejeng di Sarinah, Bidik Transaksi Rp 250 Juta

Puluhan UMKM Binaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Aneka Tambang (Antam) kini tengah dipamerkan di dalam Sarinah

Liputan6.com, Jakarta Puluhan UMKM Binaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Aneka Tambang (Antam) kini tengah dipamerkan di dalam Sarinah. Bazar UMKM BUMN yang juga menawarkan berbagai produk anak-anak itu membidik transaksi sebesar Rp 250 juta.

Sejumlah produk anak-anak ditampilkan mengingat pada Juli ini diperingati Hari Anak Nasional. Maka, baju anak hingga mainan tradisional anak-anak dijajakan.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting membidik angka transaksi mencapai Rp 250 juta dari 3 hari gelaran tersebut. Diketahui, Bazar UMKM di Sarinah itu digelar mulai 27-30 Juli 2023.

"Setiap event itu sekitar Rp 250 juta ya, setiap bulan itu sekitar 250 juta," kata Loto di Sarinah, Jakarta, ditulis Jumat (28/7/2023).

Loto menyebut kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PBD) Indonesia hampir 61 persen dan menyerap sebanyak 97 persen tenaga kerja. Mengingat lagi, 65 juta UMKM yang ada di Indonesia, 80 persen merupakan para perempuan yang menggerakkan perekonomian keluarga.

"Jadi kalau kita semuanya bersama-sama mengkonsumsi produk-produk lokal khususnya produk UMKM, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian negara," ujarnya.

Informasi, Bazar UMKM BUMN edisi Juli 2023  di Sarinah ini memberikan kesempatan para pelaku usaha untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas dari tiga kategori produk yaitu kuliner, fesyen, kriya, dan produk kecantikan. Ragam produk kategori kuliner di Bazar menampilkan aneka menu makanan dan minuman inovatif dan khas siap saji berbasis kekayaan alam lokal, seperti misalnya olahan Kolang-kaling, Lele, Pala, Kedondong, Madu, Kelapa, kopi, Ikan Patin, Pisang, Talas dan Jamur Tiram.

Kategori kriya menampilkan ragam produk aksesoris, cendramata, Boneka, Kerajinan Anyaman, perhiasan Etnik Batu Kalimantan, Tas dari kulit, dan Batik, sedangkan kategori produk kecantikan menampilkan inovasi sabun alami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkenalkan Produk UMKM

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie menambahkan, kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia juga merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk mitra binaan dari berbagai unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia pada bulan Juli ini karena bisa memberikan kesempatan kepada para mitra binaan ANTAM untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. Selain itu pada kesempatan ini ANTAM juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan investasi produk logam mulia ANTAM karena pengunjung dapat membeli langsung produk emas ANTAM selama bazar ini berlangsung,” kata Faisal.

Gelaran bulanan selama tahun 2023 tersebut menjadi sarana akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dari berbagai daerah dalam memasarkan produknya secara offline di Sarinah Jakarta. Selain itu, ada upaya melalui pasar online lewat platform e-commerce Pasar Digital Indonesia https://padiumkm.id

 

3 dari 4 halaman

Berhadiah Emas Tiap Hari

Para pengunjung Bazar UMKM Untuk Indonesia di Sarinah berkesempatan untuk memenangkan hadiah langsung 1 emas batangan Antam 0,5 gram untuk nilai transaksi terbesar setiap hari, dan khusus untuk hari terakhir 30 Juli 2023 hadiah emas batangan 3 gram akan diberikan kepada pengunjung dengan nilai transaksi terbesar.

Setiap transaksi menggunakan akun PADI yang dengan mudah dan cepat dapat diunduh dari https://padiumkm.id.

Para UMKM peserta bazar sebagai mitra binaan BNI dan Antam memiliki tautan daring (link online) ke padiumkm.id yang menampilkan ragam produk sesuai kategorinya.

 

4 dari 4 halaman

Tembus 18 Miliar

Sebelumnya, Kementerian BUMN mencatat nilai transaksi di pembelian pembelian produk bisa tembus Rp 18 miliar. Angka itu bisa dicapai pada pelaksanaan PaDi UMKM Expo pada Juni 2023, bulan lalu.

Staf Ahli bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Loto Srinaita Ginting mengatakan angka itu bisa dicapai karena ada tambahan dari pembelian oleh perusahaan pelat merah. Sementara, untuk pelaksanaan normal di acara rutin Bazar UMKM di Sarinah sendiri rata-rata tercatat transaksi sebesar Rp 250 juta.

"Setiap event itu sekitar Rp 250 juta ya, setiap bulan itu sekitar 250 juta," kata Loto saat ditemui di Sarinah, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

"Tapi khusus yang expo yang kemarin bulan Juni itu bisa sampai 18 miliar karena melibatkan buyer-buyer BUMN, termasuk transaksi belanja produk produk yang relevan dengan BUMN nya. Kalau yang produk langsung seperti ini yang offline sekitar Rp 250 juta," sambungnya.

Loto menerangkan, kegiatan bertajuk Bazar UMKM untuk Indonesia ini sudah digelar sejak Januari-Juli 2023. Biasanya ajang pameran produk UMKM binaan BUMN ini dilaksanakan setiap akhir bulan.

Pada Bazar UMKM kali ini, mengambil tema kreasi anak negeri. Alasannya, sejalan dengan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli. Maka, mayoritas yang dijajakan adalah pakaian hingga mainan anak-anak. Terpantau, kali ini giliran UMKM binaan BNI dan Antam yang mejeng di lantai basement Sarinah itu.

"Iya ini kebaya kebaya anak-anak gitu ya, terus juga tadi kita dari sisi pembukaan kita mengangkat lagi mainan anak-anak yanh nggak terlalu gadget ya tapi pakai kayu kayu, terus memperkenalkan mainan anak anak ya. Tiap hari akan ada acara acara juga untuk mainan mainan yang tradisional," ungkapnya.

Loto berharap, melalui langkah ini, anak-anak sekarang bisa kembali teringat akan mainan tradisional yang tidak berorientasi pada gadget.

"Jadi supaya apa? Untuk mengingatkan kembali bahwa kita ada lho mainan yang tidak harus selalu pakai gadget ataupun pake ipad ya, tapi ada mainan tradisional yang bisa mereka ketahui," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Sarinah adalah salah satu pusat perbelanjaan yang terletak di Gondangdia, Jakarta.

    Sarinah

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI

  • antam

Video Terkini