Sukses

Ekonom: Perlambatan Ekonomi China Bisa Berkepanjangan

Secara triwulanan, output ekonomi China tumbuh sebesar 0,8 persen, lebih lambat dari kenaikan triwulanan 2,2 persen yang tercatat dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Ekonom memprediki perekonomian China dapat menghadapi perlambatan yang berkepanjangan.

Mengutip CNBC International, Selasa (25/7/2023) produk domestik bruto China tumbuh sebesar 6,3 persen year-on-year pada kuartal kedua 2023. 

Angka tersebut di bawah ekspektasi pasar untuk ekspansi 7,3 persen setelah ekonomi terbesar kedua di dunia itu mencabut lockdown Covid-19.

Secara triwulanan, output ekonomi China tumbuh sebesar 0,8 persen, lebih lambat dari kenaikan triwulanan 2,2 persen yang tercatat dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Sementara itu, angka pengangguran di antara anak muda mencapai rekor tertinggi hingga 21,3 persen di bulan Juni. 

Julian Evans-Pritchard, kepala ekonom China di Capital Economics, mengatakan dalam sebuah catatan bahwa China masih akan menghadapi sejumlah tantangan untuk memulihkan ekonominya.

Tantangan ini termasuk permintaan domestik, masalah keuangan di sektor properti, dan lingkungan eksternal.

"Secara keseluruhan, pertemuan Politbiro memberikan nada dovish dan memperjelas bahwa kepemimpinan merasa lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mendapatkan pemulihan di jalurnya. Ini menunjukkan bahwa beberapa dukungan kebijakan lebih lanjut akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang," kata Evans-Pritchard.

"Tetapi tidak adanya pengumuman besar atau spesifik kebijakan memang menunjukkan kurangnya urgensi atau pembuat kebijakan sedang berjuang untuk menghasilkan langkah-langkah yang sesuai untuk menopang pertumbuhan," sambungnya.

Senada, kepala penelitian China dan Asia di TS Lombard, Rory Green melihat bahwa ekonomi China masih belum pulih dari kejutan akibat  Covid-19 dan lockdown yang berkepanjangan.

"Ada kemungkinan bahwa jika Beijing tidak turun tangan, bagian siklus dari kerusakan siklus Covid-19 dapat sejalan dengan beberapa hambatan struktural yang dimiliki China – terutama di sekitar ukuran sektor properti, terlepas dari ekonomi global, demografi – dan mendorong China ke tingkat pertumbuhan yang jauh lebih lambat," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlambatan Struktural Jangka Panjang

Kasus dasar TS Lombard adalah stabilisasi ekonomi China di akhir tahun 2023, tetapi ekonomi negara itu diprediksi memasuki pelambatan struktural jangka panjang, meskipun belum menjadi skenario "stagflasi", dan kemungkinan rata-rata mendekati 4 persen pertumbuhan PDB tahunan karena hambatan struktural ini.

Meskipun kebutuhan untuk eksposur ke China masih akan menjadi bagian penting bagi perusahaan internasional karena tetap menjadi pasar konsumen terbesar di dunia, Green mengatakan pelambatan dapat membuat China "sedikit kurang menarik" dan mempercepat "decoupling" dengan Barat dalam hal arus investasi dan manufaktur.

 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Dampak ke Ekonomi Global?

Namun, untuk ekonomi global, dampak paling cepat dari perlambatan ekonomi China kemungkinan akan terjadi pada komoditas dan siklus industri, karena negara itu mengonfigurasi ulang ekonominya untuk mengurangi ketergantungannya pada sektor properti yang telah menyerap dan mendorong harga komoditas.

"Hari-hari itu telah berlalu. China masih akan banyak berinvestasi, tetapi itu akan menjadi semacam manufaktur yang lebih maju, perangkat keras teknologi, seperti kendaraan listrik, panel surya, robotika, semikonduktor, area semacam ini," kata Green.

"Pengemudi properti — dan dengan itu, kumpulan bijih besi dari Brasil dan/atau Australia dan mesin dari Jerman atau peralatan dari seluruh dunia — telah hilang, dan China akan menjadi faktor yang jauh lebih tidak penting dalam siklus industri global," sebut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.