Sukses

Elon Musk Rebut Lagi Gelar Orang Terkaya di Bumi, Punya Harta Rp 3.636 Triliun

Pada akhir perdagangan Senin, kekayaan Elon Musk telah bangkit kembali secara besar-besaran.

Liputan6.com, Jakarta Bos Tesla dan Twitter Elon Musk kembali merebut posisi puncak dalam daftar orang terkaya di dunia 2023 menurut data miliarder real-time Forbes. Elon Musk berhasil meningkatkan kekayaannya pada minggu kemarin.

Setelah kehilangan lebih dari USD 20 miliar atau sekitar Rp 300 triliun pada minggu lalu – cukup menjatuhkannya dari posisi teratas dalam peringkat miliarder dunia versi Forbes – Musk mengubah nama Twitter menjadi X pada hari Minggu dan mulai menawarkan pinjaman 84 bulan untuk Tesla selama akhir pekan.

Pada akhir perdagangan Senin, kekayaan Elon Musk telah bangkit kembali secara besar-besaran. Dengan saham Tesla naik 3,5 persen sejak penutupan hari Jumat, Musk hampir USD 6 miliar lebih kaya dan kembali menjadi orang terkaya di planet ini.

Kekayaan bersih Musk sekarang mencapai USD 242,4 miliar atau setara dengan Rp 3.636 triliun, menurut perkiraan Forbes.

Itu USD 7,8 miliar lebih banyak dari taipan barang mewah Prancis Bernard Arnault, yang jatuh ke posisi kedua setelah saham konglomeratnya LVMH merosot 1,5 persen pada hari Senin, memangkas hampir USD 3 miliar dari kekayaannya.

Sudah beberapa hari yang penuh gejolak untuk saham Tesla, dimulai dengan aksi jual menyusul tanggapan negatif analis terhadap laporan pendapatan kuartal kedua pembuat mobil elektronik yang mempertanyakan apakah perusahaan dinilai terlalu tinggi.

Namun, pada akhir hari Senin, saham telah mendapatkan kembali beberapa kerugiannya, menutup hari 3,5 persen lebih tinggi dari hari Jumat, meskipun masih hampir 8 persen di bawah saham Tesla tertinggi 2023 pada Rabu lalu, tepat sebelum Tesla merilis laporan pendapatannya.

Sahamnya Naik

Namun, bahkan titik yang relatif kecil dalam harga saham perusahaan dapat membuat kekayaan Musk melonjak, mengingat dia memiliki sekitar 23 persen dari bisnis (kapitalisasi pasar) senilai USD 843 miliar, antara saham dan opsi saham.

Musk sendiri mengomentari perubahan liar selama panggilan pendapatan Rabu lalu, memparafrasekan Warren Buffett pada keinginan pasar.

"Bayangkan Anda tinggal di rumah Anda dan seorang pria gila, manik-depresif datang dan berdiri di luar rumah Anda dan meneriakkan harga properti pada Anda," kata Musk saat menelepon. “Harganya berbeda setiap hari, tapi rumahnya tetap rumah yang sama.”

Setelah menghabiskan akhir pekan dalam bayang-bayang Arnault, Musk sekali lagi menjadi orang terkaya di lingkungan itu – untuk saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons Warganet Soal Elon Musk Ganti Logo Twitter Jadi X: Lu Punya Duit Lu Punya Kuasa

Elon Musk mengganti logo Twitter yang semula burung biru ikonik menjadi logo baru, yakni huruf X. Sebagian pengguna Twitter telah mendapati tak ada lagi logo burung biru bernama Larry itu di bagian kiri atas jejaring sosial microblogging ini.

Hal ini pun membuat berbagai respons dari warganet. Di mana, sebagian besar memprotes Elon Musk. Pasalnya, logo Twitter sudah begitu melekat di mata pengguna.

Gara-gara perubahan logo dan rebranding nama Twitter menjadi X ini, nama Elon jadi trending topic Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (24/7/2023), cuitan dengan kata "Elon" dikicaukan dalam berbagai bahasa, mulai dari warganet berbahasa Indonesia, Inggris, hingga bahasa latin.

Kebanyakan dari warganet merasa apa yang dilakukan Elon Musk, mengubah logo dan rebranding dari Twitter jadi X sungguh tidak masuk akal.

Bahkan, sebagian warganet berbahasa Indonesia ada yang menyebut Elon Musk sedang caper alias cari perhatian dengan aksinya atas Twitter.

"Elon, gue kata lu caper banget sih," kicau pengguna dengan akun @say***.

"Bener apa kata gue, Elon kalo nggak caper nggak makan," kata akun @cur***.

"Apaan sih Elon berulah mulu gue liat-liat," kata pengguna dengan akun @seok***.

Ada pula warganet yang menyebut Elon dengan kata-kata "lu punya duit lu punya kuasa" yang belakangan ini viral di media sosial.

"Mas Elon, lu punya duit lu punya kuasa," kata pengguna dengan akun @azl*** untuk menggambarkan keputusan Elon mengubah Twitter jadi X.

3 dari 3 halaman

Banyak Warganet Kesal

Warganet dengan bahasa Inggris juga ikutan kesal atas aksi Elon Musk mengubah logo dan rebranding Twitter menjadi X. Apalagi, nama Twitter telah melekat sejak dulu.

Tidak sedikit juga warganet yang mengatakan, bakal terus menyebut jejaring sosial milik Elon Musk ini sebagai Twitter meski namanya sudah diganti jadi X atau lainnya.

"Apa pun yang Elon lakukan, ini bakal tetap jadi Twitter," kata pengguna dengan akun @dav***.

"Sejujurnya, tidak ada yang akan menyebut platform ini X dan tweet bakal selalu jadi Tweet," kata pengguna dengan akun @lob***.

"Kamu tahu, semua orang akan tetap menyebut (aplikasi ini) Twitter," kata akun @wha****. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini