Sukses

Tugas Budi Arie Setiadi Jadi Menkominfo, Ratakan Internet Demi Bantu UMKM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Dewan Pembina DPP Asosisi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantinkan Johnny G Plate.

 

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Ketua Dewan Pembina DPP Asosisi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantinkan Johnny G Plate.

Ratusan Kepala/ Penggerak Desa yang tergabung dalam ADKI optimis ditangan Budi Arie Setiadi, Kemkominfo akan memperluas pemerataan signal yang menjadi pondasi utama pengembangan desa-desa kreatif di Indonesia.

Ketua Umum DPP ADKI Fikri El- Aziz menyampaikan bahwa dengan dilantiknya Budi Arie Setiadi oleh Presiden Jokowi sebagai Menkominfo menambah optimisme baru khususnya di desa-desa yang selama ini masih belum terjamah oleh signal-signal internet di Indonesia.

Fikri meyakini kreatifitas dan produktifitas UMKM & Penggiat Seni di Desa hari ini tidak lepas dari digitalisasi sebagai Media Pemasaran dan Distribusi paling efektif di Masa Kini.

“Dari 74.961 Desa di Indonesia hari ini, masih banyak sekali kami menemukan Desa- Desa yang buta signal internet. Di tangan Menkominfo Budi Arie, kami percaya keberpihakan beliau dalam mendorong kreatifitas di Desa akan sejalan dengan optimalisasi signal- signal internet hingga ke pelosok- pelosok desa di Indonesi.” ucap Fikri dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/7/2023).

Senada dengan Fikri, Manager Inkubator Bisnis Teknologi Universitas Negeri Andalas, Sumatera Barat, Indah Permata Suryani SE, M.Sc juga optimis Penunjukan Menkominfo Budi Arie Setiadi akan menambah semangat baru di Dunia Digital Entrepreneurship.

Desa Kreatif

Kiprah Budi Arie Setiadi dalam membangun desa-desa kreatif di Sumatera Barat menjadi pemantik bagi desa- desa lain untuk memacu produktivitas desa, khususnya dalam pengembangan Digital Entrepreneurship.

“Begitu banyak PR yang harus dikerjakan Menkominfo hari ini, Dari Sumatera Barat kami optimis, ditunjuknya Menkominfo Budi Arie Setiadi oleh Presiden akan menjadi Semangat Baru Digital Entrepreneurship khususnya dari Dunia Pendidikan dan Dunia Usaha Kecil Menengah.” Tutup Magister dari International Accounting and Finance University of Birmingham , United Kingdom tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Terhitung hari ini, Budi secara resmi telah menggantikan posisi Johnny G. Plate yang tersandung kasus korupsi BTS Kominfo.

Pelantikan Budi Arie sebagai Menkominfo dilakukan bersama dengan pelantikan sejumlah Wakil Menteri kabinet baru. Mereka yakni mantan wartawan Nazer Patria sebagai Wamenkominfo, Pahala Mansury sebagai Wamenlu, Rosan Roeslani sebagai Wamen BUMN, Paiman Raharjo sebagai Wamendes, dan Saiful Rahmat Dasuki sebagai Wamenag.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menkominfo Budi Arie Setiadi Tegaskan Proyek BTS 4G Berlanjut, Targetkan Rampung Akhir 2023

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan, proses pembangunan BTS 4G oleh Bakti Kominfo akan terus dilanjutkan. Bahkan, ia menargetkan pembangunan BTS tersebut akan rampung pada akhir tahun ini.

"Kalau soal BTS, harus dilanjutkan, harus terwujud, tercipta. Menargetkan tahun ini bisa tuntas, selambat-lambatnya tahun ini bisa tuntas semua," tutur Budi Arie dalam konferensi pers yang digelar di Kantor Kominfo, Kamis (20/7/2023).

Untuk mendukung rencana tersebut, Menkominfo menuturkan, pihaknya terus melakukan investigasi masalah, termasuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Rencananya, Kementerian Kominfo juga akan berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung untuk melakukan pengawalan.

"Karena untuk proses itu biarkan, tapi yang program BTS 4G ini harus terus berjalan, karena ini soal hak rakyat memperoleh sinyal, bandwidth untuk rakyat," tuturnya menjelaskan.

Pernyataan ini sejalan pula dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD pada awal pekan ini. Ia menuturkan, penegakan hukum dan pembangunan proyek BTS 4G akan terus berlanjut.

"Proses penegakan hukum harus jalan, tetapi program-program juga harus berjalan seperti biasa," kata Mahfud ketika itu.

Menurutnya, hal tersebut merupakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya saat ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dan juga Budi Arie Setiadi selaku Menkominfo definitif.

"Jadi gini, proses penegakan hukum jalan, pelaksanaan proyek jalan. Itu perintah presiden kepada saya dulu ketika jadi Plt dan diulangi lagi kepada Pak Budi Arie," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Tolak Eksepsi

Di sisi lain, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat memutuskan menolak eksepsi atau nota keberatan yang diajukan mantan Menkominfo Johnny G. Plate.

Ia dijerat dalam kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020-2022.

"Mengadili, menyatakan eksepsi tim penasehat hukum terdakwa Johnny Gerald Plate tidak dapat diterima," ujar Hakim Fahzal Hendri di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Hakim menilai surat dakwaan yang disusun tim jaksa penuntut umum dan dibacakan pada Selasa 27 Juni 2023 sudah sesuai dengan memenuhi unsur cermat, jelas, dan lengkap berkaitan dengan pemaparan dugaan pidana yang dilakukan politikus Nasdem itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini