Sukses

Bina Perempuan Prasejahtera, PNM Raih Penghargaan BUMN Inspiratif di Festival 6

Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan 3 modal yakni finansial, intelektual dan sosial.

Liputan6.com, Jakarta - PT Permodalan Nasional Madani atau PNM mendapatkan penghargaan sebagai BUMN Inspiratif Pegiat Usaha Ultra Mikro & Pemerataan Ekonomi dalam ajang Festival 6 yang digelar di Senayan Park, Jakarta, Sabtu 8 Juli 2023.

Executive Vice President (EVP) Bisnis II PT PNM, Razaq Manan Ahmad pun berterima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Menurutnya, itu bakal memicu perusahaan untuk lebih banyak merangkul nasabah, khususnya yang berasal dari kelompok perempuan prasejahtera.

"Terimakasih atas penghargaan kepada PNM. Ini jadi motivasi kami untuk lebih banyak menjangkau perempuan dari keluarga prasejahtera. Karena kami percaya, Stronger Women, Stronger Nations. Ketika perempuan lebih berjaya, negara bisa lebih sejahtera," ujarnya.

Razaq menceritakan, anak usaha Bank BRI yang berbisnis di bidang pembiayaan mikro ini sudah banyak memberi permodalan kepada koperasi dan UMKM sejak didirikan pada 1 Juni 1999.

Namun, ia mengatakan, perusahaan secara khusus juga turut memberdayakan 15 juta nasabahnya yang merupakan perempuan prasejahtera.

"Selain memberikan dukungan pembiayaan, kami juga memberikan pemberdayaan rutin dan berkelanjutan dalam mendampingi perempuan prasejahtera. Sehingga usahanya lebih maju, naik kelas, dan keluarga lebih sejahtera," imbuh Razaq.

Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan 3 modal yakni finansial, intelektual dan sosial. Razaq menjelaskan, modal finansial diberikan dalam bentuk pembiayaan atau modal yang bisa diangsur mingguan.

"Intelektual melalui pendampingan dan pelatihan, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan usaha. Untuk sosial, karena mayoritas nasabah kita kelompok, maka kami bantu perluas jejaring, network, dan bisa perluas ke nasabah perempuan lainnya," terangnya.

Adapun salah satu program unggulan PNM yakni Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Tak hanya menyalurkan permodalan, perusahaan juga memberikan pendampingan serta pembinaan kepada para pelaku UMKM, termasuk dari kelompok perempuan prasejahtera.

"Dalam kegiatan ini, kami juga bantu nasabah untuk dapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha), sertifikasi halal, sehingga nasabah bisa semakin maju dan naik kelas, dan dapat permodalan lebih formal dari bank umum," kata Razaq.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Festival 6 Menginspirasi Melalui Rangkaian Acara Talkshow, Penghargaan, dan Konser Musik

Dalam rangka mengapresiasi prestasi anak bangsa dalam bentuk gagasan dan kerja nyata, Liputan6.com telah menggelar Festival 6 2023 selama dua hari penuh pada 8 dan 9 Juni 2023.

Acara tersebut berlangsung di The Dome, Mal Senayan Park, Jakarta Pusat, dan mencakup berbagai rangkaian talkshow, penyerahan penghargaan kepada individu dan lembaga yang dianggap berprestasi, peragaan busana, dan konser musik.

Pada hari pertama, Festival 6 mengadakan Sharing Session dengan tema "Jitu Membawa UMKM Daerah Mendunia", yang membahas langkah-langkah untuk mengembangkan UMKM agar tidak hanya sukses di pasar lokal, tetapi juga dapat merambah ke pasar global. 

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan Talkshow "Akses Hukum dan Ekonomi bagi Perempuan dan Anak", yang bertujuan untuk mendorong pemangku kepentingan untuk menciptakan akses yang adil dan berkeadilan dalam hal hukum dan ekonomi bagi perempuan dan anak-anak.

Pada hari yang sama, Festival 6 2023 juga memberikan Anugerah Perempuan Hebat, sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada 6 Perempuan Terpilih yang memiliki kontribusi luar biasa di bidang masing-masing.

3 dari 5 halaman

Anugerah Inspiratif

Selain itu, terdapat juga Anugerah Inspiratif yang diberikan kepada 15 pejabat publik, kepala daerah, tokoh, dan lembaga yang memberikan inspirasi dalam berbagai bidang.

Beberapa penerima penghargaan tersebut antara lain Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Ketika membuka Festival 6, Chief Content Officer KapanLagi Youniverse (KLY), Wenseslaus Manggut, menyampaikan harapannya agar acara ini menjadi ajang tahunan yang mampu merekam gagasan dan kerja nyata yang layak untuk diangkat ke hadapan publik. 

"Sebagai media mainstream yang diperhitungkan, Liputan6.com tentu tak akan sulit menemukan sosok-sosok inspiratif berikutnya di seluruh pelosok negeri," ujar Kak Wens, sapaan akrabnya.

4 dari 5 halaman

Hari Kedua

Pada hari kedua, Festival 6 kembali mengadakan talkshow dengan tema "Geliat Industri Hiburan dan Pariwisata Pasca-Pandemi Covid-19".

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan dorongan bagi pelaku industri hiburan, pariwisata, dan ekonomi kreatif untuk mengangkat tren positif ekonomi Indonesia pasca-pandemi Covid-19. 

5 dari 5 halaman

Konser Musik

Tidak hanya menjadi ajang diskusi dan pemberian penghargaan, Festival 6 juga menghadirkan penampilan sejumlah band dalam konser musik lintas generasi.

Selama dua hari tersebut, panggung hiburan dimeriahkan oleh penampilan dari JKT 48, Reality Club, Pemuda Tersesat (Sabtu), Club Dangdut Racun, Inul Daratista, dan Tipe-X (Minggu).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini