Sukses

Festival 6: Pemerintah Cium Peluang UMKM Ekspor Produk Bumbu

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Siti Azizah mengatakan, pemerintah masih harus banyak mengembangkan UMKM untuk bisa go international.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) mendorong pelaku UMKM untuk inovatif dalam memasarkan produk agar bisa tembus pasar ekspor. 

Deputi Bidang Kewirausahaan KemenkopUKM Siti Azizah mengatakan, pemerintah masih harus banyak mengembangkan UMKM untuk bisa go international.

"Jangan kecil hati, orang Indonesia sangat kreatif. Produk apapun bisa kita buat," kata Siti Azizah dalam sesi Diskusi UMKM pada acara Festival 6, Lintas Generasi Tanpa Batas! di Senayan Park, Jakarta, Sabtu (8/7/2023).

Dari hasil kunjungannya ke berbagai daerah, ia menemukan UMKM selalu bisa menonjolkan keunggulannya masing-masing. Salah satu produk khas yang pasti dimiliki tiap daerah yakni bumbu masakan. 

"Jadi di semua daerah punya kelebihan bumbu untuk makanan. Sementara di luar punya banyak diaspora. Jadi kita lihat peluang bumbu sangat besar sekali peluangnya buat diekspor," imbuhnya.

Lebih lanjut, Siti Azizah menyebut, kini ada sebanyak 64,2 juta UMKM yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. UMKM juga sudah menyumbangkan sekitar 97 persen tenaga kerja, dengan sokongan terhadap PDB mencapai 60,5 persen. 

"Para pelaku UMKM ini lah yang buat roda ekonomi terus bergerak. Hampir 99 persen diantaranya usaha mikro, dan 15,75 persen UMKM kita sudah sumbang ekspor," kata Siti Azizah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Festival 6 Ada Anugerah Liputan6.com 2023, Talkshow, Fashion Show dan Konser Musik, di Senayan Park Jakarta 8-9Juli 2023

Acara yang dinanti, yaitu Festival 6, akhirnya tiba. Gelaran yang digagas Liputan6.com dan Kapanlagi Youniverse ini menghadirkan beragam acara yang dipusatkan di Senayan Park, Jakarta. Acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada Sabtu-Minggu, tanggal 8-9 Juli 2023 dari siang hingga malam hari.

Ajang ini baru pertama kali diselenggarakan dan bakal menjadi event spektakuler karena memadukan beragam kemasan.

Betapa tidak, bukan hanya diisi oleh panggung musik penyanyi dan musisi kondang, sebut saja Inul Daratista. Tapi juga disajikan talkshow atau diskusi lintas generasi, termasuk juga ajang penganugerahan bagi para perempuan dan tokoh inspiratif. Tak ketinggalan ada fashion show dan festival kuliner yang bakal memanjakan pengunjung atau tamu undangan.

Acara ini didukung sponsor-sponsor brand ternama di antaranya Alangsari Cool, Mie Sedaap, Daihatsu, XL Axiata Business Solutions, dan XL Prioritas serta PNM. Semuanya berkolaborasi dalam memberikan pengalaman tak terlupakan bagi penonton.

Simak penjelasan berikut ini tentang jadwal acara yang bisa diikuti oleh masyakarat yang membeli tiket dan para tamu undangan para pejabat dan tokoh di Tanah Air.

3 dari 4 halaman

Diskusi Lintas Generasi

Dalam acara tersebut, digelar diskusi yang mengusung tema Lintas Generasi Tanpa Batas. Diskusi yang dihadiri sejumlah tokoh inspiratif diharapkan bisa menjadi wadah kolaborasi dan apresiasi dalam satu panggung yang sama. Salah satunya tema Sharing Session UMKM.

Sejumlah tokoh nasional dan juga di daerah bakal menjadi pembicara dalam sesi tersebut. Misalnya, Novita Hardini Mochamad, Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, pada Sabtu (8/7/2023) siang.

Dan, Sabtu sorenya digelar diskusi dengan tema: Akses Hukuim dan Ekonomi bagi Perempuan dan Anak di Indonesia. Beberapa nara sumber bakal tampil menyajikan materi. Diskusi dipandu oleh host Rischa Andalina. Semua digelar di Dome, Senayan Park Jakarta.

Sementara di Minggu (9/7/2023) sore, di tempat yang sama, akan digelar diskusi dengan tema: Geliat Industri dan Pariwisata Pascapandemi. Menparekraf Sandiaga Uno tampil sebagai keynote speaker.

4 dari 4 halaman

Anugerah Liputan6.com 2023

Selain itu, ada pemberian penghargaan bagi insan inspiratif yang dirangkum dalam acara Anugerah Inspiratif Liputan6.com. Mereka adalah tokoh nasional dan daerah yang menerima penghargaan dari 15 kategori. Siapa saja? Tonton mulai Sabtu siang di Dome, Senayan Park.

Sejumlah tokoh nasional dan termasuk menteri dijadwalkan hadir mengikuti acara penganugerahan. Termasuk pejabat dari berbagai daerah.

Sebelumnya, Sabtu siang redaksi Liputan6com juga bakal mengumumkan 6 penerima Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2023.

Ini adalah tradisi media online di bawah Emtek Group tersebut yang hadir sejak beberapa tahun lalu, dalam memberikan apresiasi bagi perempuan berbagai profesi di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini