Sukses

JIS Jadi Opsi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Simak Daftar Perbaikannya

Berbagai stadion tengah disiapkan untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 2023, salah satunya Jakarta Interational Stadium (JIS).

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dinyatakan FIFA secara resmi menjadi tuan rumah Piala DUnia U-17 2023. Berbagai stadion tengah disiapkan untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17, salah satunya Jakarta Interational Stadium (JIS).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku memang mempertimbangkan JIS sebagai salah satu opsi stadion Piala DUnia U-17 2023.

"Saya sangat terbuka arahan Bapak Presiden untuk melihat juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa, tetapi itu yang saya sampaikan kepada Bapak Presiden," kata Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Dia menyampaikan ada beberapa catatan FIFA saat meninjau JIS menjadi opsi venue Piala Dunia U-20. Erick mengungkapkan JIS memiliki kendala di parkir dan akses penonton yang terbatas.

"Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada 4 pintu, baru terbuka satu pintu," ujarnya.

Erick menekankan pentingnya akses penonton sebab menyangkut keselamatan suporter. Untuk itu, dia akan melakukan peninjauan ke JIS guna memastikan bagaimana akses penonton.

Daftar Perbaikan JIS

PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku pengelola Jakarta Interational Stadium (JIS) menyatakan siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 November hingga Desember 2023.

Direktur Utama PT Jakpro, Iwan Takwin pihaknya siap melakukan perbaikan dan perkembangan fasilitas stadion. Termasuk membuka sejumlah akses keluar masuk kawasan stadion dan akses masuk pemain ke ruang ganti sesuai dengan regulasi FIFA.

Iwan mengaku tengah berkordinasi dengan PT KAI terkait rencana pembukaan akses Timur Utara stadion. Pembukaan akses melewati fasilitas rel kereta itu akan menghubungkan stadion dengan Jalan RE Martadinata.

"Kita juga juga tengah berkordinasi dengan pihak terkait untuk membuka akses arah Timur Selatan ke seberang Danau Cincin. Dengan begitu, nantinya akses keluar masuk akan dihubungkan ke daerah Papanggo, Tanjung Priok," ujarnya dikutip dari beritajakarta, Senin (3/7/2023).

Mengenai akses pemain ke ruang ganti, Iwan menyatakan siap melakukan pengaturan teknis, menjamin keamanan pemain saat memasuki stadion. Secara teknis, pihaknya hanya tinggal mengatur flow keluar masuk pemain dengan pengamanan ketat di stadion.

"Sejak jauh hari kita telah melakukan berbagai pengembangan fasilitas pendukung di lapangan. Pokoknya kita siap," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbaikan Lokasi Parkir

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa kegiatan renovasi Jakarta International Stadium (JIS) akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Menyusul, adanya usulan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 digelar di JIS.

"Kalau (renovasi) JIS sementara dari DKI. Tinggal kita kan asisten teknisnya," ungkapnya kepada awak media di di Kompleks DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta, Kamis, 29 Juni 2023.

Menpora Dito menyampaikan, kegiatan renovasi meliputi perbaikan Ramp Timur Akses JIS. Kemudian, penyediaan tempat parkir untuk kendaraan pribadi.

"Karena kereta belum jadi, stasiun (KRL JIS) juga kan belum jadi," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Menteri PUPR Basuki Bakal Koordinasi dengan Ketua PSSI Erick Thohir Terkait Kesiapan Stadion JIS untuk Piala Dunia U-17 2023

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan siap renovasi Stadion Jakarta International Stadium (JIS) jika memang diperlukan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November-2 Desember 2023.

Selain itu, ia juga siap berkoordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengenai kesiapan dan evaluasi Stadion JIS.

“Saya akan berkoordinasi dengan beliau (Ketua Umum PSSI) secepatnya, kalau memang perlu direnovasi,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari Antara, Jumat (30/6/2023).

Ia menuturkan, akan cek JIS, setelah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Erick Thohir. Basuki menuturkan, hal yang krusial terkait Stadion JIS yakni akses dan parkir.

Hal ini melihat pengalaman konser musik Dewa di JIS yang sebelumnya menunjukkan penonton konser mengalami kesulitan saat pulang dari Stadion JIS.

“Nanti akan kami evaluasi dulu. Saya mau koordinasi dulu dengan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.