Sukses

Nasib Konser Coldplay yang Bentrok dengan Piala Dunia-17 di Tangan 2 Menteri Ini

Persoalan mengenai lokasi konser band asal Inggris, Coldplay di Jakarta belum menemui titik terang. Permasalahan ini muncul akibat bentroknya jadwal Piala Dunia U-17 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Liputan6.com, Jakarta Persoalan mengenai lokasi konser band asal Inggris, Coldplay di Jakarta belum menemui titik terang. Permasalahan ini muncul akibat bentroknya jadwal Piala Dunia U-17 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengaku, pihaknya baru akan menemui Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir pada pekan depan untuk mencari solusi atas permasalahan tersebut. Menurutnya, kedua event tersebut baik konser Coldplay maupun Piala Dunia u-17 sama-sama baiknya bagi nama Indonesia dimata internasional.

"Nah minggu depan saya bersama PSSI akan rapat bersama mencari solusi nanti bagaimana pembagian waktunya ya," ungkapnya kepada awak media di Kompleks DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta, Kamis (29/6).

Dito mengungkapkan, pemerintah sendiri akan melakukan renovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS) menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Menyusul, adanya usulan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 digelar di JIS.

"Kalau (renovasi) JIS sementara dari DKI. Tinggal kita kan asisten teknisnya," ungkapnya.

Renovasi JIS meliputi perbaikan Ramp Timur Akses. Kemudian, penyediaan tempat parkir untuk kendaraan pribadi.

"Karena kereta belum jadi, stasiun (KRL JIS) juga kan belum jadi," terangnya.

Meski begitu, Menpora Dito belum bersedia membocorkan informasi lebih detail terkait kapan dimulai renovasi JIS. Dia menyebut, pekan depan pihaknya akan mengajak Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk meninjau langsung kondisi JIS.

"Saya rencana minggu depan bersama Pak Heru, kita ajak melihat JIS biar memastikan melihat lokasi dan potensi ke depan," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Piala Dunia U-17 Bentrok dengan Konser Coldplay, Jokowi: Nanti Dicari Solusinya, Stadion Kita Bukan Hanya GBK

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan akan mencari solusi terkait bentroknya jadwal penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan konser grup band Coldplay di Indonesia. Adapun Coldplay akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 15 November 2023.

Sementara itu, FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Jokowi menekankan bahwa Indonesia memiliki banyak stadion yang sudah siap digunakan untuk pertandingan sepak bola.

"Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Ada di Manahan (Solo), ada. Ada di Jalak Harupat (Bandung) ada. Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap," sambungnya.

Di sisi lain, dia menyampaikan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh FIFA. Jokowi pun memerintahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mempersiapkan penyelengaraan Piala Dunia U-17 dengan matang.

"Itu kepercayaan yang diberikan Internasional, kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Saya sudah perintahkan kepada ketua PSSI untuk betul-betul disiapkan betul," jelas dia.

"Kalau venuenya kan memang sudah ada dari yang kemarin sudah kita perbaiki, artinya tinggal digunakan, tetapi manejemen semuanya harus disiapkan betul," imbuh Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Sebelumnya, Indonesia mendapat pelipur lara usai batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. FIFA secara resmi telah menunjuk Tanah Air sebagai lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun ini.

Federasi sepak bola dunia memastikan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-17 2023 usai membuat pengumuman resmi Jumat (23/6/2023) kemarin.

Kesempatan ini didapat setelah Peru batal menggelar kompetisi akibat ketidaksiapan infrastruktur. Adapun Piala Dunia U-17 diagendakan bergulir mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang.

Akan tetapi, jadwal penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup rupanya menuai perhatian dari masyarakat. Pasalnya, ajang Piala Dunia U-17 2023 saling tumpang tindih dengan jadwal konser Coldplay.

Sebagaimana diketahui, band asal Inggris bakal menggelar konser di Jakarta pada 15 November 2023. Mereka bakal menggunakan Gelora Bung Karno, sebagai venue, sehingga dikhawatirkan bakal saling 'berebut' dengan lokasi pelaksanaan Piala Dunia U-17.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun angkat bicara menanggapi situasi ini. Ia mengaku tidak bisa memastikan apakah akan ada perubahan pada jadwal konser Coldplay di GBK. Namun, pihaknya berkomitmen bakal berupaya duduk bersama demi mencari solusi.

"Tentu hari ini presscon untuk sepak bola, bukan (konser) Coldplay. Jadi saya tidak bisa menyatakan apakah Coldplay itu (jadwalnya) mundur atau tetap," tutur Ketum PSSI dalam konferensi pers di Menara Dana Reksa, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

"Itu yang saya katakan, kita (perlu) duduk bersama, mencari solusi. Karena dua-duanya event bagus buat Indonesia. Jangan kita sentral ego, bahwa ini yang benar, yang lain harus ngalah. Tidak, kita cari solusi," tandas sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini