Sukses

Miliarder Termuda Dunia Bocorkan 2 Kunci Jadi Seperti Dirinya, Ternyata Dipunyai Para Milenial

Namun, alih-alih berfokus pada keahlian teknologi atau kecerdasan bisnis, Russell memuji perjalanannya sejauh ini karena dua sifat yang umum di kalangan generasi muda, yaitu energi dan semangat.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin sulit untuk percaya bahwa Austin Russell yang merupakan miliarder termuda di dunia dengan usaha sendiri alias bukan mendapat dari warisan, memiliki kesamaan dengan orang lain seusianya. Dia mencapai kesuksesan dengan memegang dua prinsip seperti orang sukses pada umumnya.

Mengutip CNBC, Sabtu (28/6/2023), Russell memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1,6 miliar atau sekitar Rp 23,9 triliun. Itu berkat kinerja startup teknologi Luminar Technologies yang berbasis di Orlando, Florida, yang saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 2,4 miliar.

Perusahaan, yang didirikan Russell 11 tahun lalu saat remaja, mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menggerakkan mobil tanpa pengemudi.

Dalam hal ini, tentu tidak banyak yang dapat meluncurkan dan mempertahankan jenis bisnis tersebut. Thiel Fellowship membantu dengan memberi Russell USD 100.000 untuk keluar dari Universitas Stanford dan mengembangkan perusahaannya secara penuh waktu.

Namun, alih-alih berfokus pada keahlian teknologi atau kecerdasan bisnis, Russell memuji perjalanannya sejauh ini karena dua sifat yang umum di kalangan generasi muda, yaitu energi dan semangat.

 

“Orang-orang berusia 20-an memiliki banyak energi yang besar,” kata Russell.

 

“Mereka menaruh banyak semangat dalam hal-hal dan saya tentu tidak terkecuali untuk itu. Saya mungkin menganggapnya ekstrem, dan itu sangat berarti.”

Milenial Lebih Bersemangat Dibanding Gen X

Survei SAP pada 2020 terhadap 10.000 orang menemukan bahwa kaum milenial lebih bersemangat daripada generasi baby boomer dan X. Satu-satunya grup di depan mereka, saat ini, adalah generasi Z — yang kemungkinan akan terlampaui seiring dengan datangnya generasi berikutnya.

“Saya berusia 16, 17 tahun di mana saya berkata, ’Saya memiliki visi untuk menciptakan sistem laser jenis baru yang memungkinkan mobil dapat mengemudi sendiri. Dan kami akan mengalahkan Google di dunia ini, dan semua pembuat mobil besar, dalam upaya pengembangan mereka, mereka akan melakukan ini’,” kata Russell kepada Forbes pada 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Poin Penting Raih Kesuksesannya

Saat ini, Luminar memiliki ratusan karyawan. Mobil Anda mungkin akan segera menyertakan teknologinya, jika Anda mengendarai Mercedes-Benz atau Volvo. Membangun perusahaan seperti itu membutuhkan lebih dari sekadar semangat dan energi, aku Russell.

“Saya kira, saya benar-benar menghafal tabel periodik – saya pikir saya berusia sekitar 2 tahun atau lebih,” katanya kepada CNBC Make It pada 2018. “Saya hanya terobsesi untuk mempelajari hal-hal tertentu secara mandiri belajar dan memahami banyak hal baru jenis bidang ilmiah.”

Akan tetapi, Russell mungkin tidak akan mengasah keterampilan teknis dan bisnisnya tanpa memanfaatkan dorongan itu di usia muda. Dia berharap untuk menjaga momentumnya selama dia bisa, katanya – bahkan saat dia menua, dan energi serta semangatnya berpotensi memudar.

“Saya pikir banyak orang berusia 20-an dan 30-an memiliki pikiran yang lebih terbuka terhadap dunia,” katanya. “Dan kemudian rasanya seperti, seiring waktu, itu tertutup begitu saja, atau orang-orang mendarah daging dalam cara-cara tertentu dalam melakukan sesuatu. Sering kali, Anda hanya perlu mendekati masalah dari perspektif baru.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.