Sukses

BUMN Penghasil Bom Ini Catat Untung Terbesar dalam Sejarah

PT DAHANA berhasil membukukan sejarah dengan mencatatkan laba bersih tahun 2022 sebesar Rp. 260,7 miliar.

Liputan6.com, Jakarta PT DAHANA berhasil membukukan sejarah dengan mencatatkan laba bersih tahun 2022 sebesar Rp. 260,7 miliar. Pencapaian ini meningkat signifikan dari laba bersih tahun 2021 yang berjumlah sebesar Rp. 25,5 miliar.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT DAHANA Wildan Widarman dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID yang diselenggarakan di Shangri-La Hotel Jakarta.

Wildan Widarman menuturkan, meski berada dalam bayang-bayang Covid-19, insan DAHANA mampu meningkatkan kinerja unggul, berbekal core values AKHLAK perusahaan mampu membukukan keuntungan yang terbesar sepanjang sejarah perusahaan berdiri. Menurutnya, catatan prestasi pada tahun 2022 harus terus ditingkatkan.

“Alhamdulillah, pada tahun 2022, DAHANA mampu membukukan pencapaian yang signifikan, ini berkat kerjasama yang baik di antara RUPS, dewan komisaris, BoD, hingga kinerja unggul seluruh insan DAHANA. Semoga pencapaian ini, tidak melenakan kita, sehingga perusahaan tetap dapat mempertahankan bahkan melampaui capaian tahun 2022 di tahun-tahun mendatang,” ungkap Wildan Widarman, Selasa (27/6/2023).

Dalam laporan BUMN itu yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Gani Sigiro & Handayani “Grant Thornton” kinerja perusahaan juga meningkat di berbagai bidang seperti, Tingkat Kesehatan Perusahaan dengan skor 92.00 “Sehat AA” melampaui target RKAP 2022 dengan skor 78.5 “Sehat A”. Dalam RUPS kedua setelah resmi bergabung dengan DEFEND ID, DAHANA juga tercatat telah mematuhi semual hal material di aspek kepatuhan.

Pencapaian ini menunjukkan kemampuan DAHANA memimpin industri bahan peledak di tanah air. Namun tak cukup sampai disana, perusahaan dengan fasilitas bahan peledak terlengkap di kawasan ASEAN ini juga berambisi untuk memperluas pangsa pasar di industri bahan peledak sangat kompetitif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Investasi

Selama RUPS, Wildan Widarman menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim yang terlibat dalam kesuksesan perusahaan. Ia juga menyampaikan komitmen DAHANA untuk terus berinovasi, memperluas portofolio produk, dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian yang telah kami raih pada tahun 2022. Ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi tim kami yang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Kami akan terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi dan sumber daya manusia untuk memastikan DAHANA tetap menjadi pemimpin di industri ini," kata Wildan Widarman.

Sebagai perusahaan nasional yang bergerak di sektor industri strategis, pencapaian DAHANA ini tidak hanya berdampak pada pertumbuhan perusahaan, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan pada pengembangan industri pertahanan dan perekonomian Indonesia.

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Ajak BUMN Perkuat Kerja Sama dengan Arab Saudi

Menteri BUMN Erick Thohir membuka peluang kerja sama dengan pihak Arab Saudi, termasuk dari sisi korporasi. Salah satu modal yang dibawanya adalah kesuksesan dari transformasi di tubuh BUMN.

Erick mengatakan, hubungan Indonesia dan Arab Saudi sudah cukup erat. Termasuk dalam kerja sama bidang ekonomi dan sektor energi. Maka, melalui forum Indonesia-Saudi Business Forum, sia membidik adanya kolaborasi lanjutan.

"Dalam pertemuan Indonesia - Saudi Business Forum kali ini, @kementerianbumn membuka kembali peluang kolaborasi. Ini penting agar bisa membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia," ujar Erick Thohir mengutip unggahan Instagram @erickthohir, Jumat (2/6/2023).

Guna membuka peluang kerja sama ini, Erick tidak bermodal tangan kosong. Dia memamerkan keberhasilan transformasi BUMN yang sudah dijalankan sejak 3 tahun belakangan.

"Forum ini adalah sebuah perjanjian untuk menjaga hubungan yang kuat antara kedua negara. Transformasi BUMN yang sudah didorong Presiden kami, untuk berteansformais besar-besaran dalam 3 tahun terakhir," paparnya.

"Tranformasi ini didasari oleh komitmen kami untuk meningkatkan efisiens, kompetitif, dan transparansi di dalam BUMN," sambungnya.

Mengingat lagi, kata dia, kedua negara memiliki rekam jejak kerja sama dengan korporasi potensial. Dia juga menyebut ada beberapa proyek yang tengah dalam proses diskusi antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Indonesia memiliki beberapa kerja sama dan korporasi potensial dengan Arab Saudi. Beberapa proyek yang sudah didiskusikan, diskusi mengenai kerja sama energi terbarukan, dan kerja sama strategis mengenai perbankan syariah," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • PT Dahana (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang industri bahan peledak.

    Dahana

Video Terkini