Sukses

Jangan Kaget, Segini Biaya Makam di Al Azhar Memorial Garden Karawang

Al Azhar Memorial Garden bisa dikatakan sebagai salah satu tempat pemakanan dengan biaya yang fantastis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Al Azhar Memorial Garden bisa dikatakan sebagai salah satu tempat pemakanan dengan biaya yang fantastis di Indonesia. Al Azhar Memorial Garden menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang mencari tempat terbaik untuk pemakaman dengan lokasi terbaik.

Al Azhar Memorial Garden juga merupakan pemakaman muslim satu-satunya yang ada di Indonesia.

Salah satuny tokoh yang dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden yaitu Anggota Komisi III DPR RI, dari Fraksi Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa yang wafat pada Sabtu (24/6) pagi di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta Selatan. Legislator yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR itu dimakamkan Al Azhar Memorial Garden.

Dengan demikian, setidaknya ada dua tokoh politik yang dimakamkan di pemakaman elit di kawasan Karawang, Jawa Barat itu. Sebelumnya, mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mochammad Taufik juga dimakamkan di Al Azhar Memorial Garden pada Mei 2023.

Selain itu, ibu dari pendakwah Abdussomad , Hj. Salmah Lubis, juga dimakamkan di sana pada Juli 2021, dengan protokol penanganan Covid-19.

Biaya Pemakaman di Al Azhar Memorial Garden

Biaya untuk pemakaman di lokasi ini pun cukup besar. Merujuk situs Al Azhar Memorial Garden, biaya termurah di pemakaman ini yaitu Rp58 juta.

Berikut daftar tipe makam di Al Azhar Memorial Garden beserta biayanya;

  • Single, ukuran 1.5 m X 3.0 m luas tanah 4.50 m2, Rp58,927,000
  • Double 2, ukuran 3.5 m X 3.9 m, luas tanah 13.65 m2, Rp178,746,750
  • Super Double 2, 3.5 m X 7.8 m, luas tanah 27.30 m2, Rp345,345,000
  • Family A, 3.5 m X 7.5 m, luas tanah 26.25 m2, Rp357,493,500
  • Super Family A, 7.0 m X 7.5 m, luas tanah 52.50 m2, Rp687,487,500

Biaya tersebut mencakup jasa gali dan tutup lubang, ustadz pendamping prosesi pemakaman, dokumentasi video, tenda ukuran 6x8 meter 1 pcs, 50 buah kursi lipat, tangga turun ke liang kubur, panggung (jika perlu) dan karpet, sound system dan MC.

Kemudian, 1 buah podium, 2 dus air mineral, 1 buah spanduk ucapan belasungkawa, nisan sementara, papan ari.

Tim Al Azhar Memorial Garden juga akan menjemput pihak keluarga berduka mulai dari gerbang tol Karawang Timur dengan satu unit mobil Al Azhar hingga menuju lokasi.

 

Reporter:  Yunita Amalia

Sumber: Merdela.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah Inggris Buka Fakta Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II, Tembus Rp 3 Triliun

Departemen Keuangan Inggris melaporkan pada Kamis waktu setempat bahwa pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II merugikan Pemerintah Inggris hingga USD 201,4 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

Seperti diketahui, ratu terlama Inggris telah meninggal pada 8 September 2022 lalu dalam usia 96 tahun di Kastil Balmoral di Skotlandia.

Sementara itu, masa berkabung nasional selama 10 hari, di mana sebagian besar bisnis dan tempat kerja tetap buka, tetapi banyak acara dibatalkan, diadakan menjelang pemakamannya di Westminster Abbey pada 18 September.

Diperkirakan 250.000 anggota masyarakat melihat ratu Inggris terbaring di negara bagian London selama masa berkabung, dengan banyak orang mengantri di jalan-jalan London selama lebih dari 24 jam. Lalu mendiang dimakamkan di Kapel St. George di Kastil Windsor, Berkshire.

Dilansir dari CNBC, Jumat (19/5/2023), laporan tersebut telah merinci biaya dari pemerintah Inggris. Di antaranya termasuk £73,68 juta untuk Departemen Dalam Negeri, £57,42 juta untuk Departemen Kebudayaan, Media & Olahraga, £2,565 juta untuk Departemen Transportasi, £2,096 juta untuk Kementerian Luar Negeri, dan £2,89 juta untuk Kementerian Pertahanan.

Kemudian biaya yang harus ditanggung pemerintah di Skotlandia, di mana prosesi mobil jenazah yang lambat dan satu hari berbaring di negara bagian diadakan adalah £18,756 juta. Departemen Keuangan Inggris pusat mengatakan ini telah dikembalikan.

Sementara itu, sebagai informasi, penerus dan putra ratu yaitu Raja Charles III diurapi dan dimahkotai pada 6 Mei selama akhir pekan tiga hari perayaan penobatan yang diperkirakan menelan biaya antara £50 juta dan £100 juta.

  

 

3 dari 3 halaman

Biaya Pemakaman Rp 90 Juta, Pemerintah Inggris Intervensi

Pemerintah Inggris mulai bereaksi dengan merebaknya jasa pemakaman dengan harga tak wajar. Para konsumen yang berduka pun jadi harus membayar hingga 5.000 pound sterling atau Rp 90 juta (1 pound sterling = Rp 18.098).

Dilaporkan BBC, para penyedia jasa pemakaman banyak terbukti memakai taktik penjualan yang menyesatkan konsumen, sehingga harga bisa meroket. Mereka yang melanggar regulasi pun dicabut izinnya.

"Sungguh memalukan ada orang yang mencari mangsa orang-orang yang berada di kondisi yang emosional dan rapuh. Inilah mengapa saya mengambil keputusan untuk mengatur ongkos pemakaman pra-bayar, jadi orang-orang lebih percaya diri tentang produk yang ditawarkan dan pikirannya bisa tenang karena urusan mereka bisa ditangani dengan benar," ujar Menteri Perkotaan John Glenn.

BBC mencatat bahwa dalam 10 tahun terakhir, biaya pengatur pemakaman (funeral director) naik 68 persen dan biaya kremasi naik 84 persen.

Rata-rata harga pemakaman di Inggris adalah 4.271 pound sterling (RP 77,2 juta) dan biaya kremasi lebih murah, yakni 737 pound sterling (Rp 13,3 juta).

Menurut situs pemakaman 1st Line Funeral Care, biaya fantastis itu terdiri atas ongkos pengatur pemakaman biaya penguburan atau kremasi, layanan gereja atau pelawat, dan yang terkait isu medis. Biaya penguburan lebih mahal karena tiap lokasi pemakaman bisa memiliki harga masing-masing.

"Ini artinya memilih kremasi akan menghemat 42 persen dari biaya Anda," situs tersebut menyarankan.

Misalnya tahun lalu, Highgate Cemetery yang megah di London menarik biaya 19.975 pound sterling (Rp 361,5 juta). Lokasi pemakaman itu adalah yang termahal di Inggris. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.