Sukses

Ditjenbun Sigap Salurkan 12.000 Benih Sagu Unggulan untuk Bantu Petani di Meranti

Demi menjaga ketersediaan bahan baku sagu kedepannya, maka Kementerian Pertanian melalui Ditjenbun bersinergi dan berkolaborasi, untuk memberikan bantuan benih sagu sebanyak 12.000 kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, melalui dana APBN 2023.

Liputan6.com, Meranti Pasar global kini kian melirik potensi bisnis sagu beserta produk turunannya karena dianggap dapat menjadi solusi, menjawab tantangan krisis pangan dunia. Maka dari itu, diharapkan Indonesia bisa melihat potensi peluang tersebut, dengan melibatkan petani, stakeholders, swasta, pemerintah, dan badan riset lain. 

"Kami terus bersinergi dan berkolaborasi kembangkan potensi sagu Indonesia ini dan harus bisa kreatif hasilkan produk turunan yang semakin inovatif dan bermanfaat, serta lakukan promosi produk Indonesia ini secara tepat guna. Untuk itu, pentingnya mengamankan dan menjaga stok bahan baku tersedia dan terjamin kedepannya," ujar Andi Nur Alam Syah, Direktur Jenderal Perkebunan.

Demi menjaga ketersediaan bahan baku sagu kedepannya, maka Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan Perkebunan (Ditjenbun) bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Ya, Ditjenbun memberikan bantuan benih sagu sebanyak 12.000 kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, melalui dana APBN 2023. 

 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ifwandi, melalui Kepala Bidang Perkebunan Zulkipli, mengapresiasi atas bantuan benih bagi petani tersebut. Hal ini dilakukan demi upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan di Meranti (19/6). Dia menjelaskan bahwa, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian memberikan bantuan benih sagu tersebut kepada Kelompok Tani Sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Alhamdulillah, pada tahun 2022 dan 2023 Meranti mendapatkan bantuan 12.000 benih sagu, upaya kita dalam menjemput bola meminta bantuan ke pusat bisa dikatakan direspon dengan baik. Ini merupakan bentuk kepedulian pusat terhadap ketahanan pangan sagu di Meranti, karena kita ketahui bahwa Meranti merupakan produksi sagu terbesar di Indonesia," ujar Zulkipli.

Zulkipli menambahkan, penyaluran benih sagu sebanyak 12.000 ini sudah disalurkan ke petani pada Maret lalu dan benih yang disalurkan pun sudah sesuai dengan permintaan, bahkan lebih baik. Lebih lanjut Zulkipli menyampaikan, demi menjaga kualitas benih sagu, pihaknya lebih dulu mengecek kesehatan benih sebelum benih disalurkan. 

"Bahkan benih dikatakan baik sekali karena terlihat dari segi batang, daun dari benih ini sudah tumbuh 5 cabang, berat diatas 1 kilo bahkan mencapai 4 sampai 6 kilo, panjang akar pun hampir 6 sampai 17 cm," katanya. 

 

Sebelum benih disalurkan, Dinas Perkebunan Provinsi Riau turut langsung turun ke lapangan untuk mengecek kesehatan benih baik kesehatan batang, daun, akar, dan tinggi batang. Setelah dinyatakan kesehatannya dan berkualitas baik, maka diberilah label biru yang dinyatakan siap salur. Zulkipli pun berharap, program ini dapat dimanfaatkan secara baik oleh petani. 

"Saya berharap program bantuan benih sagu ini bukan hanya bermanfaat bagi ketahanan pangan saja, tetapi nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani," ujarnya. 

Disisi lain, salah satu kelompok tani di wilayah Pulau Merbau turut memberikan apresiasi, berterima kasih kepada pemerintah daerah dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti atas bantuan yang diberikan dan sudah tepat sasaran. 

"Bantuan benih dari pemerintah ini akan kami manfaatkan sebaik-baiknya sehingga nantinya ketahanan pangan di Meranti dapat tercipta dengan baik," katanya.

Dengan adanya program sagu ini, Andi Nur berharap program sagu dapat menjadi solusi mengamankan krisis pangan dunia. Masyarakat termasuk petani semakin sejahtera, dan tentunya sagu Indonesia beserta turunannya semakin dikenal luas serta diminati pasar global, sesuai harapan Indonesia. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini