Sukses

Miliarder Kritik Generasi Z Terlalu Sibuk Main TikTok Daripada Kejar Karier

Sebuah laporan McKinsey pada Oktober 2022 merinci bahwa responden generasi Z yang bekerja cenderung melaporkan bahwa gaji yang mereka terima tidak memungkinkan untuk memiliki kualitas hidup yang baik.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder sekaligus pemilik toko kelontong New York City Gristedes Foods John Catsimatidis mendapatkan serangan akibat kritik terhadap generasi Z. Dia mengatakan bahwa generasi tersebut "terlalu sibuk di TikTok " daripada mengejar karier.

Dalam sebuah wawancara, Catsimatidis mengatakan dia dulu bekerja 70 jam seminggu di sebuah supermarket. Karena itu, dia menyalahkan generasi Z, kelompok orang yang lahir antara akhir 1990-an dan awal 2010-an, karena tidak melakukan hal yang sama.

“Itulah salah satu masalah yang kita alami di negara kita saat ini, anak-anak sibuk bermain TikTok,” ujar  miliarder ini seperti melansir independent.co.uk, Selasa (20/6/2023).

“Jika Anda bekerja 100 jam seminggu, dan itu tidak berhasil, lebih baik Anda bekerja 120 jam,” tambahnya lebih lanjut. "Kamu tidak bisa menang jika kamu takut kalah."

Miliarder ini mengatakan, “Saya siap untuk tidur di sofa sepanjang musim panas dan menonton televisi. Ibu saya melempar saya dari sofa, dan saya kira saya adalah anak yang esktrem karena dengan cepat berakhir bekerja 70 jam seminggu.”

“Ini mengajari saya tanggung jawab untuk sedikit kesempurnaan,” tambahnya.

Selain itu, sebuah laporan McKinsey pada Oktober 2022 merinci bahwa responden generasi Z yang bekerja cenderung melaporkan bahwa gaji yang mereka terima tidak memungkinkan untuk memiliki kualitas hidup yang baik.

Selain itu, juga lebih kecil kemungkinannya dibandingkan orang lain untuk melaporkan bahwa mereka merasa cukup diakui dan dihargai untuk pekerjaannya.

Studi berjudul “How does Gen Z see its place in the working world? With trepidation” menyatakan bahwa 77 persen responden generasi Z melaporkan sedang mencari pekerjaan baru, hampir dua kali lipat tingkat responden lain.

Sementara beberapa tingkat churn pekerjaan di awal karier diharapkan, pesimisme ekonomi yang dilaporkan oleh generasi Z - hanya 37 persen percaya bahwa kebanyakan orang di negara ini memiliki peluang ekonomi - menunjukkan rasa tidak enak yang mendalam tentang prospek diri sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Generasi Z Tertarik Work Life Balance

Sementara itu, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa generasi Z juga lebih tertarik pada work-life balance dan lebih memilih berhenti dari tempat kerja yang beracun daripada melanjutkannya. Mereka juga lebih tertarik pada “pengembangan karier” daripada “kesuksesan karier”.

Faktanya, dalam survei LinkedIn pada 2022, 40 persen pekerja generasi Z mengatakan bahwa mereka bersedia menerima pemotongan gaji sebesar 5 persen untuk bekerja di posisi yang menawarkan peluang pertumbuhan karier.

Adapun menurut survei Deloitte terhadap 23.220 responden generasi Z dan milenial, yang dilakukan antara November 2021 dan April 2022, generasi Z yang merasa sedang mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk memajukan karier mereka 2,5 kali lebih mungkin bertahan di perusahaan mereka saat ini.

“Tujuan kami terlihat berbeda dari lintasan C-suite 50 jam seminggu dari rekan kami yang lebih tua,” tulis seorang penulis generasi Z di Business Insider awal bulan ini.

“Gambaran yang lebih besar dari generasi Z adalah mereka memahami identitas dan kehidupan mereka lebih dari pekerjaan,” kata seorang karyawan generasi Z di sebuah perusahaan multimedia Anna Carlson.

 

3 dari 3 halaman

Hidup Harus Seimbang

Dia menambahkan bahwa peduli dengan keseimbangan kehidupan kerja untuk memenuhi aspek kehidupannya di luar pengaturan perusahaan.

Sementara itu, ada pula miliarder lain sebelum Catsimatidis juga ikut mengkritik generasi Z karena etos kerja. Tahun lalu, salah satu pendiri Whole Foods John Mackey mengatakan bahwa orang yang lebih muda “sepertinya tidak ingin bekerja”.

Dan baru-baru ini, seorang investor teknologi dan CEO perusahaan e-commerce Open Door Keith Rabois menuduh beberapa pekerja melakukan "pekerjaan palsu".

Tahun lalu, sebuah survei oleh Forum Ekonomi Dunia menyatakan bahwa sekitar setengah dari pekerja generasi Z akan berhenti dari pekerjaannya jika hal itu berdampak negatif terhadap keseimbangan kehidupan kerja.

Roberta Katz seorang antropolog di Stanford yang mempelajari generasi Z mengatakan kepada New York Times tahun lalu bahwa generasi Z dan generasi sebelumnya memandang tempat kerja secara fundamental berbeda. Dia mengatakan bahwa bos yang lebih muda memandang pekerjaan "sebagai sesuatu yang tidak lagi menjadi kewajiban 9-ke-5-di-kantor-atau-sekolah".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini