Sukses

Sederet Ucapan Selamat Waisak 2023 dari Menteri Jokowi, Tersemat Pesan dan Harapan

Liputan6.com, Jakarta - Umat Buddha merayakan Hari Raya Waisak 2567 Buddhies Era (BE) pada Minggu, 4 Juni 2023. Ucapan Selamat Hari Raya Waisak pun disampaikan masyarakat dan sejumlah tokoh termasuk menteri Kabinet Indonesia Maju melalui media sosial.

Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani. Melalui akun Instagram resminya @smindrawati. Ia mengucapkan Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak dan berharap segenap Umat Buddha yang merayakan diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah.

"Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2023/2567 BE. Semoga segenap umat Buddha yang merayakan diberi kelancaran dalam melaksanakan ibadah. Semoga momentum Hari Raya Waisak ini juga memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia,” tulis dia.

Ia mengajak momen Hari Raya Waisak ini untuk terus menumbuhkan sikap toleransi. “Mari jadikan momen yang baik ini untuk terus menumbuhkan sikap toleransi dan mempererat tali silaturahmi terhadap sessama umat manusia,” tulis Sri Mulyani.

Ucapan Selamat Hari Raya Waisak juga disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir melalui akun Instagram resminya @erickthohir.

"Selamat Hari Waisak bagi saudaraku yang merayakan. Semoga kebahagiaan, kedamaian, dan kebijaksnaan senantiasa mengiringi langkah dalam menjalani kehidupan ini,” tulis Erick.

Selain itu, Erick juga menuturkan sebuah kehormatan bagi keluarga besar BUMN yang dapat mengelola Borobudur lewat BUMN-Taman Wisata Candi untuk terus menjadikan Borobudur sebagai tempat wisata yang menjaga keseimbangan antara spiritual, pendidikan dan sejarah.

“Kami juga membuat terobosan membentuk satuan petugas budaya yang dapat menyeimbangkan hal di atas,” kata dia.

Demikian juga Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah memberikan ucapan Waisak 2023  di akun Instagram @idafauziyahnu.

“Selamat memperingati Hari Raya Waisak bagi saudara-saudara kita Umat Budha. Semoga dengan momentum ini kita dapat memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga kita dapat ikut berperan dalam perdamaian dunia,” ujar dia.

Ucapan Selamat Hari Raya Waisak dari Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengucapkan Selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2567. Jokowi menuturkan, sejumlah biksu dari berbagai negara berjalan kaki menempuh ribuan kilometer menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Ia mengatakan, para biksi ini melakukan ritual Tudhong dari Thailand, Malaysia, Singapura sampai ke Indonesia dan mendapatkan penerimaan yang hangat dan ramah di sepanjang jalan. “Kepada saudara-saudaraku Umat Buddha, selamat memperingati Hari Raya Waisak. Semoga semua mahluk hidup berbahagia, tulis dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ritual Thudong Jelang Waisak

Sebelumnya, jelang Waisak, para biksu memulai ritual thudong atau merenungkan sifat-sifat luhur dari Sang Buddha Gautama. Dalam ritual ini, para biksu berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah.

Selama beberapa bulan berjalan kaki dari Thailand, para biksu Thudong ini merasakan kepanasan sampai kehujanan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk mencapai Candi Borobudur, salah satu candi terbesar umat Buddha yang juga menjadi tempat ibadah mereka.

Setelah kurang lebih tiga bulan berjalan kaki dari Thailand ke Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, akhirnya para biksu yang menjalani ritual thudong ini sampai di tempat tujuan.

Sebanyak 32 biksu tiba di Candi Borobudur. Mereka naik ke atas candi sambil menangis terharu.

 

3 dari 3 halaman

Selamat Hari Raya Waisak Trending Topic, Doa dan Harapan Warganet Banjiri Linimasa Twitter

Pada hari ini, 4 Juni 2023, umat Buddha di berbagai negara di dunia sedang merayakan Hari Raya Waisak. Seperti perayaan besar atau momen penting lainnya, ucapan selamat Hari Raya Waisak jadi trending topic.

Berdasarkan pantauan tim Tekno Liputan6.com, Minggu (4/6/2023), keyword Selamat Hari Raya Waisak sudah bertengger di posisi kedua trending topic di Twitter.

Selain itu, keyword terkait Hari Raya Waisak, seperti Buddha, #VesakDay, dan Sabbe Satta Bhavintu Sukithata mulai beranjak naik di trending topic.

Selain itu, warganet juga sekaligus menyampaikan harapan mereka di hari peringatan tiga peristiwa suci dalam kehidupan Buddha Gautama.

Tiga peristiwa penting yang dinamakan Trisuci Waisak ini yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan kemangkatan Sang Buddha.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini