Sukses

Pengunjung yang Masuk Yordania Terima Stempel Paspor Pernikahan Putra Mahkota Hussein dan Rajwa Al Saif

Liputan6.com, Jakarta - Pengunjung yang memasuki Yordania pada Kamis, 1 Juni 2023 menerima stempel khusus di paspor mereka untuk menandai acara pernikahan kerajaan Putra Mahkota Yordania Al Hussein bin Abdullah II dan Rajwa Al Saif.

Dikutip dari Al Arabiya, ditulis Sabtu (3/6/2023), TV Al Mamlaka Jordan membagikan gambar stempel paspor yang menyertakan logo pernikahan bertuliskan “Merayakan Al Hussein” diikuti dengan pernyataan yang menyebutkan “Pernikahan Kerajaan Yordania dan tanggal Kamis, 1 Juni.

Stempel itu akan digunakan di semua perlintasan batasan hanya untuk satu hari, demikian laporan stasiun tv tersebut dari Kementerian Dalam Negeri.

Pernikahan kerajaan Yordania yang telah lama ditunggu-tunggu telah menarik perhatian dunia dan kawasan. Selain keluarga dan teman, pernikahan tersebut akan dihadiri oleh pejabat tinggi dari seluruh dunia.

Tokoh-tokoh tersebut antara lain ibu negara Amerika Serikat Jill Biden dan beberapa bangsawan telah konfirmasi kehadirannya termasuk raja dan ratu Belanda. Pangeran William dan Kate Middleton juga mendarat di Yordania pada Kamis pagi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Upacara pernikahan berlangung di Istana Zahran dan akan dilanjutkan dengan prosesi pernikahan, diiringi dengan prosesi ikonik yang menuju ke Istana Al Husseiniya yang akan menjadi lokasi resepsi pernikahan dan jamuan makan malam kerajaan.

Bertemu Melalui Teman Sekolah

Sebelumnya tidak banyak diungkapkan mengenai awal hubungan Rajwa dan Putra Mahkota Yordania Hussein. Namun, saat wawancara dengan salah satu majalah, Pangeran Hussein menyebutkan kalau ia bertemu Rajwa bertemu melalui seorang teman sekolah.

“Saya bertemu Rajwa melalui seorang teman lama dari sekolah. Saya anggap diri saya beruntung karena tidak setiap hari Anda bertemu seseorang seperti Rajwa,” ujar Hussein kepada Vogue Arabia, Mei 2023, dikutip dari Yahoo Finance.

Tidak jelas sekolah mana yang dimaksud Hussein, dia bersekolah di SMA King’a Academny, Yordania, dan melanjutkan kuliah di Georgetown University di D.C dan Royal Military Academy Sandhurst di Inggris pada 2017.

Adapun Rajwa dan Hussein kuliah di Universitas Amerika Serikat. Hussein lulus dari Georgetown pada 2016 dengan gelar sarjana sejarah internasional. Sedangkan Rajwa lulus dengan gelar sarjana arsitektur dari Syrauce pada 2017.

Keduanya bertunangan di rumah orangtua Rajwa Al Saif, Khalid Al Saif dan Azza al-Sudairi di Riyadh Arab Saudi, kedua orangtua Hussein, Raja Abdullah II dan Ratu Rania turut hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rajwa Al Saif Sah Jadi Putri Yordania Setelah Dinikahi Pangeran Hussein

Sebelumnya, putra mahkota Kerajaan Yordania Pangeran Hussein (28) sah menikahi seorang arsitek keturunan Arab Saudi Rajwa Al Saif (29) pada Kamis (1/6/2023), dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh kalangan bangsawan dan VIP dari seluruh dunia.

Sejumlah tamu yang datang ke pernikahan anak sulung Raja Abdullah II dan Ratu Rania itu antara lain Pangeran William dan Kate Middleton atau Putri Catherine, Putri Beatrice dan suaminya dari Inggris; Raja Philippe dan Putri Mahkota Elisabeth dari Belgia; Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden dan putrinya Ahsley Biden; Putra Mahkota Denmark Pangeran Frederik dan Putri Mary; Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda; Putri Mahkota Swedia Victoria dan Pangeran Daniel serta banyak lagi.

Dari sekian bangsawan yang hadir, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dilaporkan absen.

Baik Rajwa Al Saif dan Kate Middleton mengenakan gaun rancangan desainer Lebanon Elie Saab saat upacara pernikahan, menandai penampilan pertama keduanya pada Kamis. Hal ini dikonfirmasi juru bicara rumah mode tersebut, Maryline Mossino. Sementara sang putra mahkota memakai seragam militer seremonial lengkap dengan pedang bergagang emas.

 

3 dari 4 halaman

Rajwa Mendapatkan Gelar Yang Mulia Putri Rajwa Al Hussein

Perayaan pernikahan Pangeran Hussein dan Rajwa Al Saif disebut sangat penting bagi kawasan, menggarisbawahi kesinambungan di sebuah negara "penjembatan" Barat dan Timur yang mampu menjaga stabilitasnya sekian lama sekaligus menyegarkan citra monarki setelah perseteruan internal di istana.

Bahkan, pernikahan ini dinilai dapat membantu Yordania yang miskin sumber daya alam menjalin ikatan strategis dengan Arab Saudi.

Dekrit Kerajaan Yordania menyebutkan, pasca akad nikah, Rajwa Al Said akan memiliki gelar resmi Yang Mulia Putri Rajwa Al Hussein. Pasangan itu kemudian keluar dari Istana Zahran dengan Range Rover putih yang dikawal oleh beberapa Land Rover merah cerah, sepeda motor, dan marching band militer untuk menyapa rakyat.

Kerajaan Yordania mengumumkan Kamis sebagai hari libur nasional, sehingga orang-orang dapat dengan leluasa berkumpul untuk menyaksikan pasangan pengantin baru itu.

Bibi dari mempelai wanita, Noura Al Sudairi, seperti dilansir AP, Jumat (2/6) mengatakan, "Kami semua sangat bersemangat, sangat bahagia, dengan penyatuan ini. Tentu saja, ini hal yang indah bagi keluarga kami dan juga hubungan Yordania - Arab Saudi."

 

4 dari 4 halaman

Spanduk Ucapan Selamat

Sebelum hari Kamis, Ibu Kota Yordania sendiri telah ramai dengan spanduk ucapan selamat. Dan keluarga kerajaan telah memperkenalkan tagar #CelebratingAlHussein.

Pangeran Hussein kian menonjol dalam beberapa tahun terakhir dengan kerap tampil mendampingi Raja Abdullah II dalam berbagai forum. Pernikahannya, sebut para ahli, menandai peralihan penting.

"Ini bukan hanya pernikahan, ini adalah presentasi calon raja Yordania," kata analis politik Amer Sabaileh.

Pernikahan Pangeran Hussein dan Rajwa Al Saif disebut mampu menghadirkan momen yang menyenangkan rakyat Yordania di tengah ekonomi yang sulit.

Istana Zahran di Amman, tempat upacara pernikahan diadakan, belum pernah melihat kemegahan seperti pada Kamis sejak tahun 1993, ketika Abdullah menikahi Rania.

Bila upacara pernikahan yang sakral berlangsung di Istana Zahran maka resepsi pernikahan Pangeran Hussein dan Rajwa Al Saif digelar di Istana Al Husseiniya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.