Sukses

Airbus Pamer Pesawat Baru A220-300 di Jakarta, Apa Saja Kelebihannya?

Airbus menjelaskan, pesawat A220 mampu mengangkut antara 100 hingga 160 penumpang dalam satu penerbangan.

Liputan6.com, Jakarta Airbus mengumumkan bahwa pesawat A220-300, generasi terbaru pesawat penumpang A220, baru saja mendarat di Jakarta dalam rangkaian tur demonstrasi di Asia Tenggara.

Pesawat tersebut berangkat dari Malaysia, berpartisipasi dalam Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA).

Produsen pesawat asal Prancis itu mengungkapkan, setelah dari Jakarta, A220 selanjutnya akan terbang ke Bangkok untuk menjemput tamu industri dan media untuk melakukan penerbangan demonstrasi ke Koh Samui.

"Selama berada di Jakarta, pesawat A220 dipamerkan kepada para tamu undangan dari industri penerbangan. Pesawat ini juga melakukan dua penerbangan demonstrasi khusus untuk perwakilan maskapai dan media," kata Airbus dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat (26/5/2023).

A220 merupakan pesawat paling modern jika dibandingkan dengan pesawat lain pada kategori ukuran yang sama. Airbus menjelaskan, pesawat ini mampu mengangkut antara 100 hingga 160 penumpang dalam satu penerbangan dengan jangkauan hingga 3.450 mil laut (6.400 km).

Selain itu, pesawat ini juga memungkinkan maskapai melayani semua rute domestik di Indonesia secara point-to-point non-stop.

"Pesawat ini juga dapat melayani rute internasional ke berbagai tujuan dengan lalu lintas tinggi seperti kota Sydney dan Melbourne di Australia, serta Mumbai dan Beijing," ungkap Airbus.

Tak hanya itu, A220 juga menghadirkan efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon sebesar 25 persen jika dibandingkan dengan pesawat generasi sebelumnya dengan ukuran yang mirip.

"Hal ini merupakan wujud kontribusi langsung dari Airbus terhadap misi industri penerbangan dalam mengurangi dampak lingkungan," tutur Airbus. Pesawat ini ditenagai oleh mesin turbofan generasi terbaru Pratt & Whitney PW1500G.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tersedia Dalam 2 Versi

A220 tersedia dalam dua versi, yaitu varian -100 yang dapat mengangkut 100 hingga 130 penumpang dan varian -300 yang lebih besar dengan kapasitas 130 hingga 160 penumpang dengan tata letak kursi yang serupa.

Adapun kabin dan jendela terbesar, serta kursi terluas di kelasnya, menawarkan pengalaman terbang dengan kenyamanan penumpang yang unggul.

Pesawat ini juga merupakan pelengkap yang ideal untuk armada dengan Keluarga Airbus A320, ungkap Airbus.

Pesawat yang ikut serta dalam tur demonstrasi ini disewa oleh Airbus dari airBaltic, dan memiliki tata letak 148 kursi di kabin penumpang kelas tunggal.

Di kawasan Asia Pasifik, A220-300 dioperasikan oleh Korean Air untuk layanan domestik dan internasional dengan total 10 pesawat.

Maskapai Qantas dari Australia akan menjadi operator kedua di kawasan ini setelah menerima pengiriman pesawat pertamanya dari 20 pesawat A220 yang telah dipesan dalam rangka program pembaruan armada domestiknya.

 

3 dari 3 halaman

Sederet Maskapai Indonesia Pengguna A320

Hingga saat ini, Airbus telah menerima 785 pesanan untuk A220 dan mengirimkan lebih dari 260 pesawat jenis ini kepada pelanggan.

Di Indonesia sendiri, Airbus telah memiliki posisi yang kuat dengan total sekitar 180 pesawat yang beroperasi.

Keluarga A320 dioperasikan oleh Batik Air, Citilink, Indonesia AirAsia, Pelita Air, Super Air Jet dan TransNusa, sementara Lion Air dan Garuda Indonesia menggunakan Keluarga A330 untuk layanan regional dan internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.