Sukses

Ketahui Arti Hingga Alasan Pentingnya Keamanan Finansial

Keyakinan ini adalah langkah pertama untuk mencapai kebebasan finansial, tambahnya, yang mewakili kemampuan untuk memilih bagaimana kita menggunakan uang kita untuk kehidupan kita yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Sangat penting membangun dana darurat, memprioritaskan tabungan pensiun, atau membayar utang, Anda pasti sering mendengar pakar keuangan merujuk pada pentingnya tujuan ini untuk keamanan finansial.

Namun, apakah arti keamanan finansial yang sebenarnya?

Menurut Perencana Keuangan bersertifikat Brent Weiss, seperti dilansir Monew US News, Selasa (30/5/2023), keamanan finansial bukan soal angka tertentu di rekening bank, melainkan tentang rasa percaya diri pada kemampuan Anda untuk menavigasi tantangan keuangan hidup.

“Ini adalah ketenangan pikiran, atau apa yang saya sebut ketenangan finansial, yang hadir dengan kenyamanan mengetahui bahwa Anda memiliki ketahanan finansial untuk mengatasi badai kehidupan yang tak terduga,” kata Weiss.

Keyakinan ini adalah langkah pertama untuk mencapai kebebasan finansial, tambahnya, yang mewakili kemampuan untuk memilih bagaimana kita menggunakan uang kita untuk kehidupan kita yang lebih baik.

Alasan Keamanan Finansial Penting

Ketika memiliki keamanan finansial, Anda merasa memiliki sumber daya yang Anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan yang tidak terduga, kata Baruch Silvermann, pendiri dan kepala eksekutif The Smart Investor.

“Ini memberikan kebebasan untuk membuat pilihan tanpa terhalang oleh kendala keuangan dan memungkinkan untuk tidur nyenyak di malam hari dengan mengetahui bahwa masa depan terjamin,” tambahnya.

Namun, mencapai tujuan ini bisa jadi sulit. Menurut Federal Reserve, hanya sekitar 77 persen orang dewasa Amerika yang melaporkan "baik-baik saja" secara finansial per Juli 2020. Maklum, angka ini jauh lebih rendah untuk mereka yang berpenghasilan tahunan lebih rendah.

“Keamanan finansial bukanlah sesuatu yang dapat dicapai dalam semalam,” kata Silvermann. “Itu membutuhkan dedikasi, disiplin, dan waktu untuk mencapainya.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keamanan Finansial Berbeda di Setiap Orang

Banyak situasi yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk merasa aman secara finansial, termasuk pendapatan tahunan, biaya hidup di daerahnya, jenis kelamin, ras, dan lainnya.

“Ketidakamanan finansial tidak membeda-bedakan. Kekhawatiran dan stres keuangan juga tidak. Peristiwa baik dan buruk, yang diharapkan dan tidak terduga, terjadi pada semua orang terlepas dari apa yang dikatakan rekening bank Anda. Namun, bagaimana keamanan finansial memanifestasikan dirinya dalam hidup Anda memang berubah,” jelas Weiss.

Bagi mereka yang memiliki kekayaan bersih rendah, keamanan finansial mungkin berarti hanya memiliki gaji yang konsisten.

“Untuk individu berpenghasilan rendah, keamanan finansial mungkin ketika dia memiliki sumber pendapatan tetap dan andal yang cukup untuk menutupi kebutuhan dasar, seperti perumahan, makanan, dan perawatan kesehatan. Oleh karena itu, keamanan finansial bagi mereka mungkin melibatkan membangun dana darurat dan menabung untuk masa pensiun melalui 401(k)s atau rekening pensiun individu,” kata Silvermann

Di sisi lain, individu dengan kekayaan bersih yang lebih tinggi mungkin kurang stres tentang kebutuhan dasar, tetapi dapat dipengaruhi oleh gaya hidup yang merayap, menjadi "rumah miskin" atau keadaan lain yang membuat mereka merasa tidak aman secara finansial.

Cara Mencapai Keamanan Finansial

“Keamanan finansial, seperti kehidupan, memiliki banyak segi – dan Anda memerlukan beberapa bagian untuk mencapainya,” kata Weiss.

Sebab, keamanan finansial adalah tentang memenuhi kebutuhan dasar, utamakan kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

1. Dapatkan gambaran akurat tentang situasi keuangan saat ini

Menurut Weiss, langkah pertama adalah mendapatkan gambaran lengkap tentang situasi keuangan saat ini. Hal ini termasuk menguraikan utang, pendapatan, dan anggaran saat ini.

 

3 dari 3 halaman

Cara Finansial Aman

2. Membangun dana darurat

Dana darurat adalah alat penting untuk menjaga keamanan finansial. Hal ini memungkinkan Anda menghadapi keadaan tak terduga seperti PHK, darurat kesehatan, atau biaya kejutan lainnya. Sebagian besar pakar keuangan merekomendasikan untuk memiliki tiga hingga enam bulan pengeluaran dalam tabungan, tetapi memulai adalah yang paling penting.

3. Bayar utang berbunga tinggi

Menghapus utang berbunga tinggi harus menjadi prioritas. Sulit untuk bergerak maju jika Anda selalu membayar masa lalu,” kata Weiss. Dengan meningkatnya suku bunga kartu kredit, akan sulit untuk keluar dari hutang jika timbul biaya lain.

4. Pastikan Anda diasuransikan jika terjadi keadaan darurat

Menurut data Dewan Gubernur Federal Reserve, 20 persen orang dewasa di AS memiliki biaya perawatan kesehatan yang besar dan tak terduga pada tahun lalu, tetapi 24 persen harus melupakan perawatan karena biaya.

Untuk menjaga ketenangan pikiran, Anda harus diasuransikan jika terjadi keadaan darurat. Ini berlaku untuk perawatan kesehatan serta asuransi jiwa dan hewan peliharaan .

5. Jangan lupa untuk memprioritaskan pensiun

“Mencapai tingkat tabungan pensiun yang tinggi dapat mengatasi banyak aspek yang kami definisikan sebelumnya, seperti memberikan ketenangan pikiran, mengamankan masa depan seseorang ketika mereka tidak lagi dapat bekerja dan menawarkan jaring pengaman untuk kejadian tak terduga,” kata Silvermann.

Jika Anda belum mencapai keamanan finansial, jangan khawatir. Mengambil langkah menuju tujuan itu akan meningkatkan kesehatan finansial di sepanjang jalan.

“Ingat, keamanan finansial adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan,” kata Weiss. “Ini tentang membuat rencana yang berkembang dengan kebutuhan Anda dan membuat Anda tetap pada jalur menuju tujuan keuangan Anda.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini