Sukses

LinkedIn Beri Bocoran 5 Pekerjaan yang Tak Perlu Gelar Sarjana

Berikut adalah pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat untuk pelamar tanpa gelar sarjana, menurut LinkedIn.

Liputan6.com, Jakarta Baru baru ini, semakin banyak perusahaan yang menghapus persyaratan gelar sarjana sebagai persyaratan lowongan kerja, menciptakan peluang baru bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan menempuh pendidikan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan yang kompetitif dan bergaji tinggi.

Mengutip CNBC International, Kamis (25/4/2023) penelitian terbaru yang dilakukan oleh ZipRecruiter mengungkapkan bahwa jumlah pekerjaan yang membutuhkan gelar sarjana terus menurun sejak dimulainya pandemi Covid-19.

Salah satunya di Amerika Serikat, Biro Statistik Tenaga Kerja negara itu memproyeksikan bahwa sekitar 60 persen dari semua pekerjaan baru dalam perekonomian, akan berada dalam pekerjaan yang tidak memerlukan gelar associate, sarjana, atau pascasarjana pada tahun 2030 mendatang.

Untuk menemukan industri di mana peluang berkembang paling besar bagi kandidat tanpa gelar sarjana, ilmuwan data di LinkedIn menganalisis jutaan profil anggota dan deskripsi lowongan pekerjaan yang dibagikan di platform tersebut antara tahun 2021 dan 2023.

Dalam laporan ini, seorang lulusan non-sarjana didefinisikan sebagai seseorang yang lulus dari sekolah menengah atas, memiliki gelar associate atau menyelesaikan magang untuk melatih pekerjaan.

Berikut adalah pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat untuk pelamar tanpa gelar sarjana, menurut platform LinkedIn : 

1. Konsultasi

Pekerjaan teratas: Penasihat klien, konsultan bisnis, konsultan solusi

2. Pemasaran atau Marketing

Pekerjaan teratas: Manajer media sosial, spesialis pemasaran, koordinator pemasaran

3. Penelitian

Pekerjaan teratas: Teknisi laboratorium, analis bisnis, teknisi laboratorium medis

4. Sumber daya manusia atau Human Resources

Pekerjaan teratas: Spesialis Human Resources, asisten Human Resources

5. Media dan komunikasi

Pekerjaan teratas: Penulis, asisten produksi, editor, manajer produksi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluang Penghasilan Tinggi

Menurut ZipRecruiter, beberapa dari pekerjaan yang sudah tidak mewajibkan gelar sarjana kemungkinan akan  menawarkan gaji enam digit: Manajer produksi yang terampil dapat menghasilkan setidaknya USD 106.000 per tahun, sedangkan konsultan solusi berpenghasilan tertinggi biasanya memperoleh antara USD 113.000 dan USD 167.000.

ZipRecruiter mencatat, perekrutan untuk peran konsultan telah melihat pertumbuhan perekrutan yang signifikan untuk kandidat tanpa gelar sarjana dalam beberapa tahun terakhir, naik 34 persen antara tahun 2021 dan 2022.

"Orang-orang akan mendengar 'konsultasi' dan langsung membayangkan pekerjaan di perusahaan konsultan besar, tetapi ada banyak peluang dan kontrak di mana Anda dapat menggunakan keterampilan atau keahlian Anda di bidang tertentu, seperti penjualan, misalnya, untuk memberi saran. perusahaan atau klien pada proyek tertentu,” kata Andrew Seaman, redaktur pelaksana senior untuk pekerjaan dan pengembangan karier di LinkedIn News.

"Kamu tidak perlu gelar sarjana untuk melakukan itu," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Pertimbangan Baru

Demikian pula, lebih banyak perusahaan yang memikirkan kembali bagaimana mereka merekrut untuk peran SDM, memprioritaskan keterampilan lunak seperti komunikasi dan kepemimpinan daripada latar belakang pendidikan kandidat, tambah Andrew Seaman, redaktur pelaksana senior untuk pekerjaan dan pengembangan karier di LinkedIn News.

"Ada begitu banyak pengalaman hidup yang berharga yang dapat dibawa seseorang ke pekerjaan SDM, dan semakin banyak perusahaan yang menawarkan program pelatihan dan sertifikasi untuk mengisi kesenjangan keterampilan apa pun," ungkapnya.

"Misalnya, di awal pandemi, kami melihat banyak orang di LinkedIn yang tiba-tiba tidak bisa melakukan pekerjaannya lagi, seperti bartender dan orang-orang yang bekerja di perhotelan, beralih ke peran di SDM, karena mereka sudah memiliki orang-orangnya. Keterampilan yang Anda butuhkan untuk berkembang dalam pekerjaan seperti itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.