Sukses

Wanita Perhatikan! Terapkan 3 Strategi Ini Agar Punya Kebebasan Finansial

Banyak wanita juga cenderung meluangkan waktu dari pekerjaan untuk merawat anak-anak, orang tua, atau orang penting lainnya yang terkadang mempengaruhi kestabilan keuangan mereka

Liputan6.com, Jakarta Mengelola keuangan menjadi tantangan yang unik bagi kaum wanita. Menurut Pendiri dan CEO Collective Wealth Partners Kamila Elliott, dikutip dari CNBC Make It, wanita cenderung hidup lebih lama dari pria sehingga artinya mereka membutuhkan uang yang mampu bertahan dalam jangka waktu lebih lama.

Banyak wanita juga cenderung meluangkan waktu dari pekerjaan untuk merawat anak-anak, orang tua, atau orang penting lainnya, menurut Elliott sebagai anggota Dewan Penasihat Keuangan CNBC.

Ketika wanita keluar dari angkatan kerja untuk berapa pun lama waktunya itu dapat memengaruhi keamanan finansial dan pensiun perempuan, katanya.

Bekerja dengan penasihat keuangan dapat membantu wanita merencanakan melalui masa-masa sulit itu.

“Saya pikir penting bagi wanita untuk merasa diberdayakan, dan bagian dari merasa diberdayakan adalah memiliki sumber keuangan dan stabilitas keuangan,” kata Elliott.

Menurut Elliot, ada beberapa strategi yang bisa dijalankan agar wanita dari segala usia mampu maju secara finansial, dilansir dari CNBC Make It.

Menegosiasikan Gaji

Telah banyak penelitian yang menunjukkan masih adanya kesenjangan upah gender yang mengakibatkan perempuan berpenghasilan lebih rendah. Itu berarti mereka hanya bisa menabung lebih sedikit daripada laki-laki untuk masa pensiun serta tujuan lainnya, catat Elliott.

Dia juga menyarankan, wanita dapat membantu mempersempit kesenjangan tersebut dengan menegosiasikan gaji mereka, terutama saat mereka memulai peran baru.

Elliot pun setujua bahwa hadirnya aturan transparansi baru terkait gaji yang efektif di beberapa lokasi ini dapat menguntungkan perempuan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjadikan Investasi Sebagai Prioritas

Wanita mungkin menahan diri untuk tidak menginvestasikan uang mereka karena beberapa alasan, menurut Elliott. Mereka mungkin merasa sistem investasi terlalu rumit bahkan terkadang mereka mungkin tidak memiliki dana untuk diinvestasikan.

Namun ketika wanita berinvestasi, mereka sebenarnya cenderung memiliki kinerja lebih baik daripada pria, katanya. Sebuah studi Fidelity Investments 2021 menemukan keuntungan perempuan cenderung melampaui laki-laki sebesar 40 basis poin, atau 0,4%, menurut analisis kinerja tahunan di 5,2 juta akun.

 

3 dari 3 halaman

Membuat Akun 'Kebebasan Finansial’

Agar merasa lebih berdaya, umumnya wanita membutuhkan sumber daya keuangan dan stabilitas keuangan. Itu artinya, memiliki dana darurat menjadi penting, menurut Elliot, dengan memperluas tiga hingga enam bulan dari biaya operasional bulanan Anda dalam rekening tabungan.

Di luar itu, Elliott bekerja dengan klien untuk juga membuat ‘akun kebebasan finansial’ yang dapat membantu menyediakan bantalan untuk melakukan perubahan saat mereka merasa mandek dalam hubungan, pekerjaan, atau situasi kehidupan.

“Ini memberi mereka kebebasan untuk hidup sesuai keinginan mereka, melakukan apa yang ingin mereka lakukan dan memberdayakan mereka untuk membuat keputusan yang tepat bagi mereka dan keluarga mereka,” kata Elliott.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini