Sukses

Tukang Cukur Asgar Bisa Punya Rumah, Pemerintah Siapkan 800 Rumah KPR

Program Sejuta Rumah (PSR) bisa turut dimanfaatkan oleh para seniman rambut atau tukang cukur Asli Garut (Asgar).

Liputan6.com, Jakarta Program Sejuta Rumah (PSR) bisa turut dimanfaatkan oleh para seniman rambut atau tukang cukur Asli Garut (Asgar).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai inisiasi tersebut dengan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan kompleks Perumahan Seniman Rambut Asgar PPRG di Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Januari 2019 silam.

Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Fitrah Nur, menyampaikan pihaknya akan terus memberikan dukungan terhadap program perumahan masyarakat secara berkelompok ini.

Para tukang cukur Asgar juga dinilai memiliki kemampuan untuk berusaha dan membayar angsuran yang terjangkau, bekerjasama dengan pihak perbankan sebagai penyalur kredit pemilikan rumah (KPR).

"Kebijakan Direktorat Jenderal Perumahan yang didelegasikan kepada Direktorat Rumah Umum dan Komersial siap memberi bantuan Program Sejuta Rumah untuk jalan lingkungan di perumahan seniman rambut Asgar. Kami juga mendorong masyarakat secara berkelompok lain untuk bisa memiliki rumah yang layak huni sesuai dengan Program Sejuta Rumah pemerintah," katanya, Selasa (23/5/2023).

Saat ini, imbuhnya, kelompok tukang cukur Asgar sudah bekerjasama dengan Bank BTN agar bisa mengangsur rumah dengan KPR bersubsidi. Ketentuan uang muka pertama yang dibayar hanya 1 persen atau Rp 1,5 juta. Sementara angsuran bulanan Rp 800 ribu untuk jangka waktu 20 tahun, Rp 1 juta untuk 15 tahun, dan Rp 1,5 juta untuk 10 tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Pasar Jelas

PT Mitra Budiman Propertindo selaku pengembang perumahan Seniman Rambut Asgar PPRG mengungkapkan, adanya konsep perumahan komunitas menjadikan para pengembang memiliki target pasar yang jelas. Dengan demikian, pengembang memiliki kepastian penjualan rumah yang dibangun.

Direktur PT Mitra Budiman Propertindo Irfan Razinurdin mengatakan, luas lahan yang disiapkan untuk Perumahan Seniman Rambut Asgar PPRG sekitar 8 ha yang diperuntukkan untuk 800 unit rumah.

Saat ini, yang sudah terbangun sekitar 50 persen atau 400 unit dengan harga jual Rp 150 juta.

 

3 dari 3 halaman

Rumah Tipe 30/60

Rumah yang dibangun memiliki tipe 30/60 dengan ukuran rumah 6 x 5 meter. Memiliki ruang tamu, dua kamar tidur dan kamar mandi atau tipe 30. Luas lahan kavling 6 x 10 meter, dan bisa dibangun untuk dapur di bagian belakang rumah.

"Kami sudah bertemu pengurus tukang cukur Asgar dan memiliki kesamaan konsep bersama buat perencan pembangunan rumah berbasis kelompok seperti tukang cukur. Kami juga dibantu Pemda terkait percepatan perijinan dan bantuan PSU dari Kementerian PUPR," ujar Irfan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini