Sukses

Kunjungi IKN Nusantara, Menko Luhut Sebut Masalah Pertanahan Paling Penting Diselesaikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua satuan tugas (satgas) realisasi percepatan investasi di IKN Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan pada Rabu, 17 Mei 2023. Kedatangannya untuk melihat langsung progres pembangunan IKN.

Luhut menekankan bahwa penyelesaian masalah tanah di IKN menjadi hal penting. Penyelesaian termasuk dengan penetapan harga tanah yang akan ditetapkan melalui appraisal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua satuan tugas (satgas) realisasi percepatan investasi di IKN Nusantara.

Kunjungan ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan dan investasi di IKN. "Ini juga merupakan langkah strategis pemerintah untuk mendorong perkembangan ibu kota baru yang akan menjadi pusat administrasi dan ekonomi negara," jelas Menko Luhut dalam keterangannya, Jumat (19/5/2023).

Selama kunjungan tersebut, Menko Luhut menyampaikan antusiasme yang tinggi dalam menyukseskan pembangunan di IKN. 

Dia menegaskan komitmen pemerintah untuk mempercepat pembangunan IKN Nusantara, termasuk arahan Presiden Joko Widodo untuk membentuk satuan tugas (satgas) IKN yang dipimpinya.

Satgas ini akan bertugas mengkoordinasikan antar lembaga dan menyelesaikan masalah investasi secara umum.

"Satgas ini akan berperan dalam memastikan berjalannya koordinasi secara intensif agar dapat menjembatani pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan yang sesuai kebutuhan ibu kota nusantara, sesuai dengan peran Kemenko Marves. Kami akan melakukan pengecekan kemajuan lapangan secara berkala," ujar Luhut.

Dengan peran aktif dari satgas ini dan fokus pada koordinasi yang intensif, diharapkan pembangunan IKN dapat dipercepat dan memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan Ibu Kota Nusantara dan seluruh masyarakat.

"Pembangunan IKN akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi Presiden dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat," pungkasnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang Investasi

Sementara itu, Kepala OIKN Bambang Susantono menjelaskan kedatagan Luhut ke IKN untuk melihat kemajuan pembangunan ibu kota baru pengganti Jakarta tersebut, serta membahas peluang-peluang investasi yang dapat segera direalisasikan di IKN.

“Menko Marves ingin melihat kemajuan pembangunan Nusantara, serta membahas peluang-peluang investasi yang dapat segera direalisasikan di IKN,” ujar Kepala OIKN melansir Antara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (15/5) telah memerintahkan jajaran kementerian dan lembaga untuk mempercepat proses agar investasi di IKN dapat terealisasi sesuai dengan koridor dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk di dalamnya penyelesaian permasalahan pertanahan.

“Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear, istilahnya begitu, jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya sehingga mereka bisa langsung menghitung,” kata Bambang setelah mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah membentuk satuan tugas yang diketuai Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dengan tugas utama mengkoordinir interdept dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN ini dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini