Sukses

Timnas Indonesia Juara SEA Games, Sri Mulyani Siapkan Rp 275 Miliar untuk Peraih Medali

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal memberikan bonus uang kepada para atlet hingga staf pelatih yang meraih medali pada ajang SEA Games Kamboja 2023. Termasuk untuk Timnas Indonesia U-22

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal memberikan bonus uang kepada para atlet hingga staf pelatih yang meraih medali pada ajang SEA Games Kamboja 2023. Termasuk untuk Timnas Indonesia U-22 sepak bola yang berhasil menggondol emas setelah mengalahkan Thailand 5-2 pada Selasa (16/5/2023) malam.

"APBN #UangKita pun mendukung penuh kontingen Indonesia pada perhelatan SEA Games kali ini. Melalui DIPA @kemenpora di bawah mas Menteri @ditoariotedjo, dianggarkan APBN #UangKita," ujar Sri Mulyani melalui akun Instagram miliknya, Rabu (17/5/2023).

Sang Bendahara Negara lantas memaparkan alokasi APBN untuk mendukung kontingen Indonesia di SEA Games Kamboja 2023. Salah satunya senilai Rp 275 miliar untuk pemberian bonus bagi peraih medali SEA Games ke-32, baik untuk atlet, pelatih maupun asisten pelatih.

Adapun alokasi dana terbesar senilai Rp 522 miliar untuk pembinaan atlet-atlet sebelum berlaga di multi event internasional. Lalu, Rp 55,2 miliar untuk bantuan pengiriman kontingen menuju Kamboja.

Sri Mulyani Tegang

Lebih lanjut, euforia kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand juga turut dirasakan Sri Mulyani. Ia pun mengaku ikut merasakan ketegangan gara-gara kemenangan di depan mata pupus oleh gol penyeimbang kedudukan 2-2 dari Thailand di detik-detik akhir waktu normal pertandingan.

"Drama yang berlanjut hingga babak tambahan tersebut berubah manis bagi Indonesia. Kemenangan 5-2 mengantarkan kita kepada medali emas SEA Games setelah penantian 32 tahun lamanya..!" kata Sri Mulyani.

Tak hanya sepakbola, Sri Mulyani juga mengapresiasi atlet-atlwt di bidang lain yang telah menyumbangkan medali untuk Indonesia.

"Selain itu, saya ucapkan selamat dan rasa hormat setinggi-tingginya bagi seluruh kontingen yang telah mengharumkan nama bangsa. Total 87 medali emas, 80 medali perak dan 109 medali perunggu berhasil dibawa pulang. Luar biasa..!" tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023, Erick Thohir Siapkan Bonus Berapa?

Tim nasional U-22 Indonesia berhasil memenangkan pertandingan final di SEA Games 2023. Kabarnya, banyak bonus menanti bagi para pemain timnas tersebut, termasuk dari pemerintah.

Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir kabarnya juga telah menyiapkan bonus bagi para punggawa timnas Indonesia. Apalagi setelah menorehkan prestasi dengan membawa pulang medali emas setelah 32 tahun penantian.

Kendati begitu, Erick belum mengungkap bentuk bonus yang akan diberikan. Termasuk besaran nominal yang disiapkan. Yang pasti, pemerintah sendiri telah menganggarkan sejumlah dana sebagai bonus untuk peraih medali di ajang Sea Games 2023.

"Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu baru bicara bonus. Pasti ada tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu nanti malah nggak fokus," kata Erick Thohir, dikutip Rabu (17/5/2023).

Sebelumnya, Erick juga pernah mengungkap akan memberikan bonus. Ungkapan itu disampaikan saat klub PSM Makassar menjadi pemenang BRI Liga 1. Tak tanggung-tanggung, ada dana Rp 2 miliar bonus yang dikucurkan.

"PSM (juara Liga 1) saja ada bonus, masa ini enggak ada. Ya pasti ada lah (bonus untuk pemain Timnas Indonesia di SEA Games 2023),” katanya beberapa waktu lalu.

 

3 dari 3 halaman

Bonus dari Jokowi

Bonus dari JokowiSebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Pemerintah akan memberikan hadiah atau bonus kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil memenangkan medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Namun, Jokowi belum mengungkap besaran hadiah yang akan dikeluarkan pemerintah untuk timnas dan atlet Indonesia peraih medali SEA Games.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kita beri nanti, ya. Ya karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Jokowi pun menyambut kemenangan Timnas U-22 kali ini di ajang SEA Games, yang menjadi penantian panjang masyarakat Indonesia selama 32 tahun. "Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini