Sukses

Adidas Lelang Sepatu Yeezy Milik Kanye West yang Menumpuk di Gudang, Duitnya akan Didonasikan

Alhasil jutaan sepatu merek Yeezy dengan nilai eceran USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 19 triliun disimpan di gudang setelah penjualannya ditunda.

Liputan6.com, Jakarta Adidas akan menjual barang dagangan dari kemitraannya dengan rapper Kanye West bersama Yeezy yang sudah masih menumpuk. CEO Adidas Bjoern Gulden mengatakan bahwa nanti sebagian hasil penjualan akan didonasikan untuk organisasi internasional.

Dilansir dari Aljazeera, Senin (15/5/2023), raksasa pakaian olahraga Jerman itu kini tengah berada dalam kesulitan atas saham Yeezy. Ini terjadi sejak memutuskan hubungan dengan Kanye West atas komentar anti-Semitnya akhir tahun lalu, dengan kontroversi yang membebani sahamnya dan mencapai garis bawahnya.

Alhasil jutaan sepatu merek Yeezy dengan nilai eceran USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 19 triliun disimpan di gudang setelah penjualannya ditunda. Nilai mereka di pasar penjualan kembali telah meroket sejak Adidas berhenti memproduksinya, dengan beberapa model harganya lebih dari dua kali lipat.

Berbicara kepada investor pada Kamis lalu di kota Fuerth di Jerman, Gulden mengatakan belum menentukan terkait waktu dan cara penjualan yang rencananya akan dilanjutkan.

"Apa yang kami coba lakukan sekarang dari waktu ke waktu adalah menjual beberapa barang dagangan ini, membakar barang tidak akan menjadi solusi," katanya. Dia menambahkan bahwa hasilnya akan disumbangkan ke organisasi internasional West, yang mengubah namanya menjadi Ye in. 2021, sempat dirugikan dengan komentarnya.

Gulden mengatakan perusahaan telah memutuskan untuk tidak menyumbangkan sepatu kets tersebut untuk menghindari mereka mencapai pasar secara tidak langsung.

Dengan menjual sebagian saham, perusahaan berpotensi meminimalkan kerugian hingga USD 700 juta tahun ini. Namun, tidak jelas jumlah saham yang akan dijual dan bagian dari hasil yang akan disumbangkan. Yang jelas, Ye berhak atas komisi seperti yang telah disepakati sebelumnya, yaitu 15 persen dari omzet.

Gulden membela kolaborasi Adidas selama bertahun-tahun dengan rapper tersebut, dengan mengatakan bahwa "sesulit apa pun dia, dia mungkin adalah pemikir paling kreatif di industri kami".

Gulden mengatakan baru-baru ini bahwa dia iri dengan kolaborasi Adidas ketika dia masih menjabat sebagai CEO di Puma.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lingkungan Kerja Yang Menantang

Di samping itu, pada Kamis kemarin pun kepala keuangan Adidas Harm Ohlmeyer mengatakan bahwa penyelidikan internal atas dugaan pelanggaran oleh Ye – termasuk menunjukkan materi pornografi, membuat pernyataan anti-Semit dan melecehkan karyawan wanita – tidak mendukung tuduhan tersebut.

Namun, penyelidikan juga menyimpulkan bahwa perilaku rapper yang tidak menentu dan terkadang tidak pantas membuat lingkungan kerja yang menantang di Adidas, kata Ohlmeyer. Dia menambahkan bahwa perusahaan sekarang sedang dalam proses menerapkan langkah-langkah untuk mencegah masalah seperti itu terjadi di masa mendatang.

Gugatan di pengadilan arbitrase Jerman di mana Adidas meminta ganti rugi dari Ye masih dalam tahap awal dan belum ada jumlah finansial yang ditentukan, kata Ohlmeyer. Namun, Ye tidak segera menanggapi permintaan komentar di Facebook.

Hasil kuartal pertama menunjukkan penurunan penjualan menjadi USD 5,75 miliar, turun dari USD 5,79 miliar di tahun lalu. Akan tetapi, investor memiliki harapan besar Gulden dapat membalikkan keadaan Adidas. Saham telah naik sekitar 65 persen sejak 4 November, ketika Gulden pertama kali diluncurkan sebagai penerus mantan CEO Kasper Rorsted.

“Kami akan melakukan segalanya untuk membawa Adidas kembali ke tempatnya semula,” kata Gulden.

https://www.aljazeera.com/economy/2023/5/11/adidas-to-sell-some-yeezy-merchandise-donate-proceeds

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini