Sukses

Jangan Hura-Hura, Ini 5 Tips Kelola Uang Saat Ketiban Rezeki Nomplok

Jika pernah mendapatkan uang ekstra secara tiba-tiba, Anda mungkin membayangkan semua cara untuk berbelanja banyak hal. Wajar jika ingin berbelanja secara royal. Akan tetapi, Anda juga harus memutuskan akan digunakan untuk apa saja uang tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Adalah hal yang paling menyenangkan ketika mendapatkan banyak uang secara tiba-tiba. Akan tetapi, Anda harus tetap bisa mengatur uang tersebut dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Dari uang tersebut Anda bisa membangun kekayaan.

Jika pernah mendapatkan uang ekstra secara tiba-tiba, Anda mungkin membayangkan semua cara untuk berbelanja banyak hal. Wajar jika ingin berbelanja secara royal. Akan tetapi, Anda juga harus memutuskan akan digunakan untuk apa saja uang tersebut.

Namun, dibanding untuk hura-hura, lebih baik Anda gunakan uang tersebut untuk membangun kekayaan. Jika bingung, berikut ini beberapa tips membangun kekayaan ketika Anda memiliki banyak uang seperti melansir Business Insider, Senin (8/5/2023).

1. Lunasi Utang

Sebelum melakukan brainstorming daftar liburan atau barang-barang menyenangkan untuk menghabiskan uang ekstra, analis keuangan bersertifikat Doug Carey menyarankan agar Anda mempertimbangkan untuk menggunakan uang tersebut untuk melunasi utang berbunga tinggi, baik dengan saldo kartu kredit atau dari pinjaman pribadi .

"Dengan mengurangi utang, Anda akan menghemat uang untuk biaya bunga dan meningkatkan skor kredit Anda sehingga dapat membantu Anda memenuhi syarat untuk tingkat pinjaman yang lebih baik di masa depan," katanya.

2. Investasikan pada Rekening Pensiun

Jika tujuan Anda adalah menumbuhkan uang dalam jangka waktu yang lama, Carey menyarankan untuk menginvestasikannya di rekening pensiun, seperti 401 (k), IRA, atau Roth IRA. Carey menuturkan bahwa uang yang Anda masukkan hari ini akan bertambah dari waktu ke waktu dengan bunga majemuk.

Plus, dia mengatakan bahwa akun ini menawarkan berbagai manfaat pajak, di mana beberapa kontribusi dapat dikurangkan dari pajak atau ditangguhkan pajak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Masukkan ke Rekening Dana Darurat

Salah satu cara Anda dapat menghemat uang di masa depan adalah memastikan menabung untuk dana darurat.

Perencana keuangan bersertifikat Hanna Horvath mengatakan bahwa jika Anda menggunakan dana darurat di tahun ini, mengembalikan uang ekstra Anda ke rekening itu adalah cara yang baik untuk mengisinya kembali karena dua alasan utama.

Pertama, ini dapat membantu Anda menghindari utang di masa depan. Dan kedua, jika Anda menaruh uang tersebut di rekening tabungan dengan hasil tinggi, itu bisa menghasilkan bunga.

4. Biarkan Uang Menghasilkan Bunga

Mungkin Anda perlu waktu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan uang ekstra. Either way, uang itu masih bisa tumbuh jika Anda punya rencana strategis untuk menaruhnya. Perencana keuangan bersertifikat Jim Eutsler berbagi bahwa Anda dapat menyimpan uang tunai di lingkungan dengan suku bunga tinggi, seperti rekening tabungan hasil tinggi atau CD.

Dengan CD, Anda dapat merencanakan durasi ingin meninggalkan uang itu sendiri dan hanya menunggu sampai mendapatkan bunga dengan tingkat bunga tetap.

 

3 dari 3 halaman

5. Berinvestasi pada Diri Sendiri

Jika Anda ingin membelanjakan sebagian dari uang untuk sesuatu yang pribadi, Carey menyarankan untuk menemukan cara menggunakan uang itu sehingga Anda dapat berinvestasi pada diri Anda sendiri.

"Ini bisa berarti mendaftar kursus atau program untuk mempelajari keterampilan baru, berinvestasi dalam kesehatan Anda dengan bergabung dengan gym atau menyewa pelatih pribadi, atau bahkan memulai bisnis Anda sendiri," katanya.

Meskipun ini mungkin tidak terlihat seperti pengembalian investasi Anda dengan cepat, Carey mengatakan bahwa hasil di masa depan bisa sangat besar.

“Dengan berinvestasi pada diri sendiri, Anda berpotensi meningkatkan potensi penghasilan dan meningkatkan kualitas hidup Anda,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini