Sukses

Perhatikan, Ini Cara Jitu Bertanya Soal Gaji dalam Wawancara Kerja

Banyaknya perusahaan yang memberhentikan pekerjanya pada tahun 2023, persaingan untuk pekerjaan bergaji tinggi semakin meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Dengan banyaknya perusahaan yang memberhentikan pekerjanya pada tahun 2023, persaingan untuk pekerjaan bergaji tinggi semakin meningkat. Anda bisa mulai memupuk lebih banyak keuntungan dari sekarang dengan menghindari kesalahan proses wawancara kerja umum yang sering ditemukan, menurut miliarder wanita Bernadette Joy yang juga sering melatih penyimpanan keuangan.

Melansir Forbes, salah satu kesalahan para pekerja adalah membiarkan kepastian keselarasan gaji belum dikonfirmasi. Jika Anda hidup di zaman yang sama dengan generasi pekerja terdahulu, kandidat akan dianggap tidak sopan atau lancang ketika bertanya tentang penyelarasan gaji di muka bahkan ketika belum mulai bekerja. Anda akan tampak lebih mementingkan uang dalam kasus ini.

Sebagai solusi terhadap sikap ini, setidaknya ada 15 negara bagian sedang menjajaki dan 8 negara sudah menetapkan undang-undang transparansi kisaran gaji. Meskipun jumlah gaji sudah dipublikasikan pada unggahan lowongan pekerjaan, jumlah tersebut umumnya tidak akurat karena hanya menggunakan jumlah gaji sebelumnya.

Menurut Joy, beberapa contoh pertanyaan yang dapat Anda gunakan untuk mengonfirmasi kisaran gaji yang sesuai dengan harapan Anda adalah:

  • Saya menemukan kisaran gaji ini untuk peran serupa dalam penelitian saya. Apakah perusahaan Anda kompetitif dengan kisaran ini?
  • Kuartil apa dalam rentang yang Anda targetkan untuk peran ini?
  • Berapa gaji orang terakhir yang memegang peran ini?
  • Gaji target saya sekitar jumlah ini. Apakah ini sesuai anggaran?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemotongan Gaji

Sebelum Anda menerima tawaran pekerjaan apa pun, pastikan untuk menanyakan adanya pemotongan gaji untuk setiap asuransi kesehatan atau jiwa. Perbedaan kecil dapat bertambah menjadi jumlah besar jika Anda tidak memperhatikan, tetapi juga dapat menghasilkan penghematan besar yang dapat menciptakan lebih banyak ruang untuk negosiasi dalam gaji pokok.

Jika Anda pernah didekati oleh agen perekrutan terkemuka di LinkedIn atau melalui email, ada baiknya tetap mencoba percakapan setelah Anda mengonfirmasi kisaran gaji karena ketika mereka menghubungi Anda, ada kemungkinan besar mereka menganggap Anda cocok. 

Anda harus menggunakan informasi yang Anda pelajari dari agen perekrut untuk menginformasikan negosiasi gaji Anda sendiri dengan lebih baik dalam organisasi Anda saat ini, karena data mereka berasal dari pencarian langsung sekarang. Joy menyatakan, gajinya dapat melompat dari $53.000 menjadi $90.000 dengan satu perpindahan pekerjaan berkat agen perekrut yang menghubunginya, mengutip Forbes.

 

 

3 dari 3 halaman

Jangan Membayar Perekrut untuk Mencarikan Pekerjaan

Namun, jangan membayar perekrut untuk mencarikan pekerjaan untuk Anda. Perekrut agen bereputasi hanya dibayar jika Anda adalah kandidat yang berhasil, serta mereka dibayar oleh pemberi kerja, bukan kandidat. Perekrut agensi menjadi mitra yang hebat karena mereka diberi insentif untuk bersikap transparan tentang gaji dan akan mempersiapkan Anda sebanyak mungkin untuk berhasil dalam wawancara.

Kebanyakan orang mulai mencari pekerjaan ketika mereka sangat membutuhkannya. Sekalipun, Anda tidak terlihat aktif dan senang dengan posisi Anda saat ini. Membangun hubungan dengan perekrut pihak ketiga dalam industri Anda dapat membantu Anda tetap mengikuti tren utama. Itu juga dapat membuat Anda selalu diingat untuk peran yang mungkin lebih cocok di masa depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.