Sukses

Mau Kuliah Gratis, Polteknaker Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2023/2024

Polteknaker membuka kesempatan memperoleh beasiswa bagi para lulusan SMA/SMK/MA/MAK dari semua jurusan, yang berusia maksimal 25 tahun terhitung hingga tanggal 30 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan kembali membuka kesempatan kuliah full beasiswa bagi lulusan SMA dan/atau sederajat di Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker). Polteknaker membuka kesempatan memperoleh beasiswa bagi para lulusan SMA/SMK/MA/MAK dari semua jurusan, yang berusia maksimal 25 tahun terhitung hingga tanggal 30 Juni 2023.

"Pendaftaran dan kuliah di Polteknaker gratis," kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker di Jakarta, Selasa. (2/5/2023).

Anwar Sanusi menjelaskan kesempatan memberi pendidikan 100 persen bagi mahasiswa yang lulus PMB 2023/2024, dengan memperhatikan prinsip adil, akuntabel, efisien, dan transparan tanpa membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi seseorang,

"PMB tahun ajaran 2023/2024 jalur Seleksi Berdasar Tes (SBT) dilakukan secara daring melalui https://pmb2.polteknaker.ac.id pada 1 Mei hingga 28 Juni 2023," kata Anwar Sanusi.

Perguruan Tinggi Nonkedinasan di Bawah Kemnaker

Politeknaker merupakan perguruan tinggi nonkedinasan di bawah Kemnaker yang membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk memilih program studi sesuai minat. Yaitu Diploma IV Relasi Industri (RI), Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dan Diploma III Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).

Khusus pendaftar dengan pilihan program studi K3 disyaratkan tidak buta warna parsial/total melalui surat keterangan yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah minimal tipe C.

"Para pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi Seleksi Berdasar Tes (SBT) berhak mengikuti rangkaian tes secara daring tanpa dipungut biaya," ujarnya.

Sebelumnya Polteknaker telah membuka jalur Seleksi Berdasar Prestasi (SBP) sebagai apresiasi kepada lulusan SMA dan /atau sederajat, yang berprestasi dalam bidang akademik dan/atau non-akademik dari tanggal 3 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghasilkan SDM Unggul Bidang Ketenagakerjaan Lewat Polteknaker

Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) membuka pendaftaran penerimaan bagi mahasiswa baru (PMB) untuk tahun ajaran 2022/2023. Pendaftaran dibuka secara online sejak 23 Mei hingga 1 Juli 2022, melalui website pmb.polteknaker.ac.id.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, sebagai perguruan tinggi vokasi di bawah Kemnaker, Polteknaker dapat menjadi politeknik unggul untuk menghasilkan SDM yang mampu menangani bidang ketenagakerjaan dalam persaingan global

 Menurutnya, dalam menghadapi persaingan global, berbagai misi dilakukan Polteknaker dengan menyelenggarakan pendidikan vokasi dan penelitian terapan di bidang ketenagakerjaan.

"Para lulusan Polteknaker diharapkan dapat menjadi SDM yang cerdas, terampil, dan mandiri untuk siap bekerja pada instansi pemerintah, swasta, bahkan berwirausaha," kata Sekjen Anwar Sanusi melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker, Jum'at (3/6/2022).

Anwar Sanusi menyebut, Polteknaker memiliki tiga program studi peminatan yaitu D-IV Relasi Industri dengan gelar Sarjana Terapan Relasi Industri (S.Tr.M); D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan gelar Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S.Tr.K3); serta D-III Manajemen Sumber Daya Manusia dengan gelar Sarjana Terapan Manajemen Sumber Daya Manusia (A.Md.,MSDM).

"Ketiga program studi tersebut hadir sebagai solusi kebutuhan akan SDM yang kompeten dan profesional di bidang ketenagakerjaan," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Polteknaker Jadi Solusi Atasi Masalah Ketenagakerjaan

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, melantik dan mengambil sumpah jabatan Pembantu Direktur Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) Kementerian Ketenagakerjaan periode 2022-2026, di Ruang Tridharma Kemnaker, Kamis (7/4/2022).

Nama-nama pejabat yang dilantik ialah, Bambang Wardoyo sebagai Pembantu I Direktur Bidang Akademik, Hartanto sebagai Pembantu II Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Faisal Rizza sebagai Pembantu III Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama.

 Anwar Sanusi mengatakan, organisasi memang membutuhkan sebuah kelengkapan agar bisa berjalan sesuai dengan target dan rencana yang ditetapkan. Dalam hal ini kalau berbicara Polteknaker harus sesuai dengan statuta dan juga grand design pengembangan dari Polteknaker.

“Polteknaker ini adalah unit yang relatif masih baru, tentu membutuhkan pikiran dan energi agar dapat mengembangkan Polteknaker sebagai wahana pendidikan tinggi vokasi yang dapat mencetak para alumnus terutama untuk mengisi permintaan di pasar kerja,” katanya

Anwar Sanusi menjelaskan, Polteknaker memiliki program yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan. “Sebagai sebuah unit baru, masih banyak yang harus dilengkapi dari Polteknaker,” jelasnya.

Ia meyakini, banyak lembaga pendidikan dilihat dari usianya masih sangat muda, tetapi bisa menjadi sebuah institusi pendidikan terpercaya karena didukung oleh SDM yang memiliki kapasitas

Anwar Sanusi mengharapkan, Polteknaker akan menjadi oase terutama pendidikan tinggi vokasi di Indonesia. “Meskipun masih baru kalau dipersiapkan dengan baik saya yakin Polteknaker akan cepat berkembang,” harapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.