Sukses

Hari Pendidikan Nasional 2023, Pertamina Hulu Rokan Tawarkan Beasiswa S2 ke AS Buat Putra-Putri Riau

Ada kesempatan beasiswa S2 para mahasiswa yang berminat di bidang teknik perminyakan di Hari Pendidikan Nasional. Beasiswa S2 tersebut diberikan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama dengan Pertamina Foundation (PF) untuk 2 orang putra-putri Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Ada kesempatan beasiswa S2 para mahasiswa yang berminat di bidang teknik perminyakan di Hari Pendidikan Nasional. Beasiswa S2 tersebut diberikan oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama dengan Pertamina Foundation (PF) untuk 2 orang putra-putri Riau.

Beasiswa ini merupakan kesempatan emas bagi putra-putri Riau bisa menempuh pendidikan di luar negeri dengan biaya yang ditanggung penuh oleh Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin mengatakan, program Beasiswa Prestasi tersebut merupakan peluang emas bagi putra-putri Riau untuk meraih jenjang pendidikan magister di Amerika Serikat (AS). Terlebih, seluruh biaya ditanggung oleh PHR alias 'Beasiswa Penuh' agar mahasiswa nyaman dan fokus dalam menempuh pendidikan di perantauan.

"Ini merupakan peluang emas bagi putra-putri Riau. Manfaatkan kesempatan untuk membuka wawasan dan menimba ilmu di Amerika Serikat. Sebagai generasi penerus, kami berharap ilmu yang didapat penerima beasiswa nanti bisa bermanfaat dan diterapkan dengan baik di negeri sendiri," kata Jaffee dalam keterangan tertulis, Selasa (2/5/2023).

Jaffee menceritakan bagaimana pentingnya menempuh pendidikan di luar negeri. Jaffee sendiri merupakan lulusan S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) yang kemudian melanjutkan jenjang pendidikan Master dan PhD di Texas A&M USA dengan spesialisasi Chemical Engineering.

Jaffee juga menjadi Research Assistant di Texas A&M University.

"Banyak hal baru yang bisa dipelajari, selain ilmu program studi yang saya jalani, teknologi yang diterapkan, saya juga banyak belajar untuk beradaptasi terkait budaya, bagaimana bergaul dan bertukar pikiran dengan dosen dan mahasiswa dari mancanegara yang ada di sana," kata Jaffee.

Di Amerika, kata Jaffee, proses perkuliahan selalu diimbangi antara teori dan praktik. Kegiatan praktik di perusahaan mendorong kemampuan dan daya saing mahasiswa untuk siap terjun di dunia kerja.

"Sehingga kita bisa mengerti dan merasakan laiknya dunia pekerjaan sesungguhnya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SDM Indonesia Go International

Untuk diketahui, PHR bekerja sama dengan Pertamina Foundation membuka program Beasiswa Prestasi jenjang S2 di Amerika Serikat khusus untuk putra-putri asal Riau. Program ini terbuka bagi 2 orang terbaik dari Riau untuk bisa menempuh kuliah S2 jurusan Teknik Perminyakan atau biasa disebut Petrotech di Negeri Paman Sam.

Founder dan Advisor ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto, yang merupakan lulusan Colorado School of Mines juga berbagi pengalaman saat ia berada di AS. Ia menilai bahwa bersekolah di luar negeri akan membawa manfaat positif yang luas.

“Dalam hal akademis, sistem pendidikan di AS yang mapan akan makin membentuk dan meningkatkan karakter disiplin dalam belajar. Di luar akademis, banyak tata nilai dan kemajuan sosial budaya masyarakat internasional yang dapat kita ambil dan itu sangat memperluas dan memperkaya wawasan, pola pikir dan cara pandang kita. Beasiswa internasional dari Pertamina Hulu Rokan ini dengan demikian merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan semua manfaat itu dan sekaligus membuka jalan untuk SDM Indonesia go international," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Membangun Rasa Percaya Diri

Lain lagi cerita dari Hudi Suryodipuro, Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas yang juga merupakan lulusan Master of Science salah satu universitas di Amerika Serikat, yaitu Pepperdine University, California.

“Kuliah di Amerika Serikat akan membangun rasa percaya diri dan membuka mata mahasiswa Indonesia. Dengan mempelajari teknik perminyakan, maka ini akan berpengaruh tidak saja dari implementasi teknik tetapi juga memahami pengaruhnya terhadap kebijakan setiap negara, baik ekonomi, sosial, politik, dll. SKK Migas sangat mendukung program pengembangan putra daerah. Beasiswa ini merupakan program yang sangat baik dan sangat penting karena talent talent Indonesia berketerampilan diperlukan di dunia migas.”

Diapun mengimbau, "Manfaatkanlah kesempatan emas ini untuk bisa menimba ilmu dan wawasan. Industri migas sangat membutuhkan generasi muda yang mampu melanjutkan berbagai kegiatan penunjang operasi migas, dengan semakin banyak lulusan berkualitas tentunya akan bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga untuk negeri ini." kata pria yang telah berkecimpung di SKK Migas selama 15 tahun.

Untuk diketahui, proses pendaftaran program Beasiswa Prestasi ini telah dibuka sejak 6 Maret 2023 dan akan ditutup pada 8 Mei 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi laman Pertamina Hulu Rokan (PHR) - Beasiswa (pertaminafoundation.org).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini