Sukses

Top 3: 7 Tuntutan Pekerja di Hari Buruh 2023

Informasi mengenai tuntutan buruh ini menjadi berita yang banyak dibaca. Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (2/5/2023)

Liputan6.com, Jakarta Puluhan ribu buruh menggelar aksi pada Hari Buruh Internasional atau May Day, hari ini, Senin 1 Mei 2023.

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) itu akan menggelar aksinya di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi daam memperingati Hari Buruh 2023.

Sebagai informasi, Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi persnya menyebut ada 7 tuntutan buruh dalam Peringatan May Day atau Hari Buruh 2023 pada 1 Mei 2023.

Informasi mengenai tuntutan buruh ini menjadi berita yang banyak dibaca. Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (2/5/2023):

1. 7 Tuntutan Pekerja di Hari Buruh 2023, Tolak Upah Murah hingga Umumkan Karakter Capres 2024

Puluhan ribu buruh akan menggelar aksi pada Hari Buruh Internasional atau May Day, hari ini, Senin 1 Mei 2023.

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) itu akan menggelar aksinya di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi daam memperingati Hari Buruh 2023.

KSPI mencatat sudah terkonfirmasi 50 ribu orang akan menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional tersebut.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea mengatakan buruh akan kembali melakukan aksi demonstrasi besar-besaran dalam rangka memperingati Hari Buruh pada 1 Mei 2023 mendatang.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Setoran Dividen BUMN ke Negara Rp 80,2 Triliun, Tertinggi Dalam Sejarah

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut perusahaan pelat merah akan menyetor dividen sebesar Rp 80,2 triliun kepada negara tahun ini. Langkah ini jadi satu bentuk kontribusi atas keberhasilan transformasi BUMN.

Erick Thohir mengungkap setoran dividen ini jadi satu aspek diantara aspek lainnya yang memberikan kontribusi ke kas negara.

"Alhamdulillah saya tadi sampaikan, kemarin juga di ratas ada Bapak Presiden, ada Bu Sri Mulyani, bagaimana dividen BUMN tahun ini, hasil kerja tahun kemarin ini terbesar sepanjang sejarah Rp 80,2 triliun," ujarnya kepada wartawan di Taman Mini Indonesia Indah, Senin (1/5/2023).

"Artinya apa? Kita punya sumbangsih kepada negara supaya negara tidak hanya mendapatkan pemasukan dari pajak tetapi juga hasil usaha yang baik," sambung Erick.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Fakta Hari Buruh 2023: Rata-Rata Upah Minimum Naik Tiap Tahun

Sejumlah pekeja di dunia hari ini tengah memperingati hari buruh internasional. Seperti di Indonesia, setidaknya ada 50 ribu buruh yang menggelar aksi untuk memperingati hari buruh 2023.

Dalam aksi ini, para serikat buruh menuntut 7 hal, mulai dari pencabutan UU Cipta Kerja, penolakan upah murah, hingga pengumuman karakter calon presiden yang akan menjadi pilihan buruh pada Pemilu 2024.

Namun tahukah anda, bahwa di hari buruh ini ada fakta-fakta menarik yang patut diketahui tentang buruh. Fakta ini mulai dari tren upah minimum di Indonesia hingga jumlah buruh yang terkena PHK.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini