Sukses

Biar Tak Disebut Investasi Bodong, Yuk Ajarkan Anak Kelola Uang THR

THR adalah tradisi khas Lebaran sebagaimana angpau saat imlek. Menurutnya, bagi anak-anak menerima THR mungkin mnejadi pengalaman pertama mereka berkenalan dengan uang.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan tradisi bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) kepada anak-anak. Momen ini tentunya sangat dinantikan oleh anak-anak, karena banyak anak yang mendapatkan "Salam tempel alias diberi uang" dari anggota keluarga maupun kerabat lainnya.

Di saat ini pula kemudian bermunculan meme atau lelucon yang mengatakan bahwa orang tua menawarkan investasi bodong kepada anaknya. Hal ini karena kadang orang tua menyarankan kepada anak untuk menitipkan uang THR Lebaran anak dengan alasan agar tidak hilang. Tapi kemudian uang titipan tersebut lupa dikembalikan.

Nah, daripada dianggap menawarkan investasi bodong ke anak  lebih baik ajarkan cara mengelola uang THR anak. Berikut tips mengelola uang THR untuk anak-anak yang perlu diajarkan sejak dini oleh orangtua.

Perencana Keuangan Ruisa Khoiriyah, menjelaskan THR adalah tradisi khas Lebaran sebagaimana angpau saat imlek. Menurutnya, bagi anak-anak menerima THR mungkin mnejadi pengalaman pertama mereka berkenalan dengan uang.

"Itu jadi kesempatan bagi orangtua untuk mengenalkan tentang uang pada anak dan (mengajarkan) bagaimana mengelola (uang THR) dengan baik," kata Ruisa kepada Liputan6.com, Senin (24/4/2023).

Langkah pertama yang harus dilakukan orangtua kepada anak adalah memberikan pemahaman bahwa uang THR itu bisa dimanfaatkan dengan baik, bukan dihabiskan semuanya untuk kebutuhan belanja atau jajan semata.

"Beri pemahaman pada anak bahwa THR itu bisa dimanfaatkan dengan baik tapi bukan 100 persen dihabiskan untuk konsumsi. Tawarkan pada anak opsi-opsi pengelolaan misalnya, tawarkan dengan pembagian proporsi 50:40:10 untuk konsumsi, tabungan, atau investasi dan berbagi," ujarnya.

Komunikasi

Kedua, hal yang penting lainnya yakni orangtua harus mengkomunikasikan dengan baik agar anak tetap terlibat mengelola THR yang menjadi hak mereka dengan memberi kesempatan kepada anak uang tersebut dipake untuk konsumsi apa saja.

"Anak tetap terlibat mengelola THR yang jadi hak mereka, dengan memberi kesempatan mereka memutuskan dipakai untuk konsumsi apa saja, menabung dimana dan sebagainya. Tentu itu berlaku untuk anak yang mulai paham ya usia 7 tahun ke atas," jelas Ruisa.

Lantaran, kata Ruisa, terdapat riset yang dilakukan di Amerika Serikat bahwa anak yang dikenakan lebih awal mengenai bagaimana cara mengelola uang, maka mereka akan memiliki kebiasaan mengelola uang dengan baik saat beranjak dewasa.

"Ada riset yang pernah dilakukan di AS, bahwa anak yang dikenalkan lebih awal tentang pengelolaan uang, ia akan punya money habit yang baik saat dewasa," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Viral Pengusaha Malaysia Beri THR Lebaran Buat ART Puluhan Juta hingga Libur Lebaran Naik helikopter

Bekerja di tempat dengan atasan yang memberikan dukungan dan fasilitas terbaik menjadi mimpi bagi setiap orang di dunia, tak terkecuali asisten rumah tangga tangga atau ART. 

Cerita inspiratif datang dari pengusaha asal Malaysia, Farah MJ yang menjadi sorotan setelah sebuah video menunjukkan konten mengenai ART di rumahnya, viral di media sosial. 

Melansir South China Morning Post, Sabtu (21/4/2023) konten video itu menunjukkan Farah MJ, mentraktir pekerja rumah tangganya dengan hadiah liburan mewah ke sebuah pulau hingga uang tunai THR senilai USD 2.253 atau sekitar Rp 33 juta.

Pengusaha berusia 28 tahun itu mengungkapkan kepada situs berita Malaysia mStar bahwa dia ingin memberi apresiasi terbaik kepada para pekerjanya.

Dalam unggahan video di platform TikTok berjudul Day in my maid’s life, Farah merekam momen saat dia memberikan kejutan kepada para ART dengan sebuah bingkisan hijau tebal yang masing-masing berisi uang tunai senilai 10.000 ringgit.

Dia mengatakan kepada mStar bahwa dia berharap para ART, bisa mengirimkan uang itu ke keluarga mereka di Hari Raya.

"Saya ingin mereka merasakan kegembiraan meskipun mereka tidak bisa pulang untuk merayakan (Hari Raya) di kampung halaman mereka," ungkapnya.

"Jumlahnya besar bagi mereka, terutama ketika mereka menukarnya dengan mata uang mereka di negara mereka," tambahnya.

Adapun sebuah video lainnya yang menunjukkan Farah memanjakan salah satu ART duduk di helikopter mewah, bersama dengan putrinya. Dia juga memesan kamar hotel pribadi untuk pekerjanya selama tiga hari dua malam untuk berlibur.  

3 dari 4 halaman

Bentuk Penghargaan pada Komitmen dalam Bekerja

Mengetahui bahwa Ramadan akan menjadi waktu di mana mereka sangat merindukan keluarga, Farah mengatakan bahwa dia ingin meredakan kerinduan para pekerjanya melalui perjalanan tersebut.

Pengusaha yang bekerja di bidang ekspor impor ini menuturkan, dirinya juga menghadiahkan kepada para pembantunya baju lebaran yang serasi dengan yang dikenakan keluarganya.

"Saya menganggap mereka bagian dari keluarga. Itulah mengapa saya menghargai komitmen dan tanggung jawab mereka dan terus memberikan hadiah seperti ini," cerita dia. 

4 dari 4 halaman

Ragam Respon Warganet

Video unggahan di TikTok yang sekarang viral itu telah ditonton hampir lima juta kali pada Kamis malam waktu setempat.

Hadiah mewah yang diberikan pengusaha itu pun memunculkan berbagai respon dari pengguna media sosial, juga gurauan tentang peuang menjadi karyawan Farah.

"Bestie, apakah kamu membutuhkan ART lain?," tulis salah satu pengguna TikTok.

Pengguna lainnya juga menulis dengan menyampaikan pujian"Sungguh manis bagaimana Anda memperlakukan ART Anda sebagai keluarga."

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • THR Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya yang dibayarkan setiap pengusaha kepada karyawannya setidaknya H-7 Lebaran Idulfitri.

    THR Lebaran

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • tips investasi