Sukses

Jadwal Operasional Pasar Tanah Abang di Lebaran Idul Fitri 2023

Perumda Pasar Jaya menyampaikan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat tutup sementara dalam rangka Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2023. Pasar Tanah Abang akan buka kembali setelah lebaran, namun setiap blok jadwal operasinya akan berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Perumda Pasar Jaya menyampaikan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat tutup sementara dalam rangka Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2023. Pasar Tanah Abang akan buka kembali setelah lebaran, namun setiap blok jadwal operasinya akan berbeda.

"Sehubungan dengan libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, gedung Pasar Tanah Abang akan ditutup sementara. Kami Segenap Jajaran Dewan Pengawas, Direksi, dan Pegawai Perumda Pasar Jaya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin," tulis keterangan instagram remi @perumdapasarjaya, Jumat (21/4/2023).

Adapun Pasar Tanah Abang Blok A tutup sementara dimulai 22 April hingga 1 Mei 2023 dan kembali dibuka pada 2 Mei 2023. Sebelumnya, operasional terakhir sebelum Lebaran hanya sampai tangga; 21 April 2023 pukul 14.00 WIB.

Sementara untuk Pasar Tanah Abang Blok B, tutup sementara dari 22-25 April 2023. Kemudian pada 26 April 2023 sudah beroperasional kembali lagi seperti biasa.

Hal itu juga berlaku untuk Blok F Tanah Abang. Gedung Blok F juga tutup sementara pada 22-25 April 2023 alias hanya libur 4 hari, dan pada 26 April 2023 kembali beroperasional seperti biasa.

Diketahui, Pasar Tanah Abang merupakan pasar terbesar se Asia Tenggara. Terdapat ribuan pedagang kain dan pakaian jadi yang terdapat di dalam pasar yang terletak di Jakarta ini.

Sebelumnya, Pengelola Pasar Tanah Abang Blok A, Hery Supriatna menungkapkan pada Ramadhan dan menjelang Lebaran tahun ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung ke Pasar Tanah Abang sebesar 30 persen, jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

"Kalau jumlah pengunjung (Pasar Tanah Abang) peningkatannya 150-200 persen dari sebelum puasa lebaran. Jika dibanding lebaran tahun lalu peningkatan pengunjung lebih dari 30 persen," kata Hery kepada Liputan6.com, Kamis (13/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengunjung Pasar Tanah Abang Melonjak 30 Persen Jelang Lebaran

Pengelola Pasar Tanah Abang Blok A, Hery Supriatna menungkapkan pada Ramadhan dan menjelang Lebaran tahun ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung ke Pasar Tanah Abang sebesar 30 persen, jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

"Kalau jumlah pengunjung peningkatannya 150-200 persen dari sebelum puasa lebaran. Jika dibanding lebaran tahun lalu peningkatan pengunjung lebih dari 30 persen," kata Hery kepada Liputan6.com, Kamis (13/4/2023).

Sebelumnya, kios-kios pakaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada pekan kedua Bulan Ramadhan sejak Minggu pagi (2/4/2023) sudah dipadati pengunjung. Para pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang itu berburu pakaian untuk Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Salah satu pedagang pakaian di Blok A Pasar Tanah Abang, Arya (33 tahun) mengatakan pengunjung banyak memburu baju gamis, baju koko, tuni, baju setelan, hingga kemeja-kemeja beragam ukuran.

Menurut Arya, para pengunjung tersebut sudah mulai memadati Blok A, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pukul 08.30 WIB. "Sudah mulai ramai itu dari kemarin kak, pagi-pagi jam 6 juga sudah ada yang menunggu, biasanya ramai sampai jam 16.00 sore," ucap Arya.

 

3 dari 3 halaman

Berasal dari Luar Jakarta

Adapun pengunjung pasar Tanah Abang tidak hanya berasal dari wilayah Jakarta saja, melainkan juga dari luar Jakarta. Misalnya, Nisa (30) asal Ciledug, Tangerang mengaku sering berbelanja di pasar ini menjelang Lebaran bersama keluarga.

"Saya memang rutin belanja di sini setahun sekali menjelang lebaran atau memang sesuai kebutuhan aja ke sini. Sekarang sudah beli baju dan kerudung," kata Nisa sambil menunjukkan plastik belanjaannya.

Alasan Nisa dan keluarga berbelanja pakaian Lebaran mulai dari sekarang karena menghindari ramainya pengunjung yang semakin membludak saat lebaran sudah dekat.

"Sengaja beli sekarang, kalau mendekati lebaran pengunjungnya semakin padat, saya juga beli malah sebelum puasa, jadi sekarang tinggal beli yang kurang-kurangnya aja," ujar Nisa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.