Sukses

H-4 Lebaran 2023, Mudik Naik Bus di Terminal Kampung Rambutan Semakin Padat

Okupansi penumpang bus Terminal Kampung Rambutan, Jakarta bisa melonjak hingga 10 kali lipat dibanding normal pada hari pertama cuti bersama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki H-4 Lebaran 2023, Rabu (19/4/2023), aktivitas mudik dengan menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta terpantau semakin padat. Okupansi penumpang bus bisa melonjak hingga 10 kali lipat dibanding normal pada hari pertama cuti bersama ini.

Menurut informasi yang didapat Liputan6.com dari pihak pengelola Terminal Kampung Rambutan, Rabu (19/4/2023), sejak pukul 07.00-14.00 WIB saja jumlah penumpang mencapai 1.126 orang untuk pemberangkatan dengan 56 unit bus.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah hingga 5.000 orang lebih, lantaran Terminal Kampung Rambutan selama periode mudik Lebaran kali ini beroperasi penuh 24 jam. Kedatangan penumpang juga terpantau semakin padat memasuki sore hari.

Adapun pada hari normal, jumlah penumpang bus per harinya berada di kisaran 300-500 orang.

Jawa Barat dan Jawa Tengah masih jadi tujuan utama terfavorit di Terminal Kampung Rambutan. Tak hanya di Jawa saja, layanan bus dari Kampung Rambutan juga banyak menjamah kota-kota di Pulau Sumatera, mulai dari Bandar Lampung hingga Palembang.

Wings Food Tebar Kesegaran

Di tengah lalu lalang pemudik di Terminal Kampung Rambutan, satu booth milik Wings Food berdiri di samping deretan bus yang tengah terparkir. Senior Brand Manager Wings Food Firman Dwi Rachmawan mengatakan, pihaknya turut menawarkan produk minuman pengganti cairan tubuh, yang bisa jadi bekal pemudik untuk berbuka puasa di atas bus.

"Mudik itu dikategorikan sebagai aktifitas sedang, karena membutuhkan banyak jalan, apalagi kalau pakai transportasi umum. Maka dari itu, kita sarankan untuk selalu menyediakan minuman yang bisa menyediakan cairan tubuh dengan cepat," ungkapnya dalam sesi reportase di Terminal Kampung Rambutan bersama Liputan6.com.

Menurut Firman, Terminal Kampung Rambutan jadi salah satu pusat kepadatan selama musim mudik dan balik Lebaran. Mengacu situasi pasar tersebut, perusahaan menilai itu jadi sarana tepat untuk ikut melayani pemudik lewat produk minuman yang dapat menjaga kesegaran.

"Wings Food terus aktif dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya, di mudik kali ini Wings Food berperan aktif melayani konsumen dengan meluncurkan produk terbaru kita, Isoplus Coco," kata Firman.

Booth milik Wings Food di Terminal Kampung Rambutan sendiri beroperasi setiap harinya sejak pukul 14.00-23.00 WIB. Tak hanya Terminal Kampung Rambutan saja, Wings Food juga hadir di 14 titik lalu lintas mudik lainnya.

"Aktivitas Wings Food di musim mudik kali ini akan ada banyak sekali. Ada 15 titik meliputi terminal, pelabuhan hingga rest area tol. Ada Terminal Kampung Rambutan, Terminal Cicaheum Bandung, Pelabuhan Merak. Rest Area juga ada aktivitas lain dari tempat hiburan sampai tempat istirahat," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

91.634 Kendaraan Tinggalkan Jakarta Menuju Selatan Pada 15-17 April 2023

Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) mencatat, sebanyak 91.634 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju selatan melalui GT Kalihurip Utama pada 15-17 April 2023. Jumlah ini lebih rendah 2,28 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 93.775 kendaraan.

Pada GT Cileunyi Ruas Tol Padaleunyi, Jasa Marga mencatat sebanyak 90.596 kendaraan keluar menuju wilayah Rancaekek, Garut, Sumedang dan sekitarnya melalui GT Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi di GT Cileunyi ini meningkat 13,37 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 79.914 kendaraan.

Sedangkan, volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju arah Bandung/Jakarta melalui GT Cileunyi tercatat 91.234 kendaraan atau lebih tinggi 3,21 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 88.396 kendaraan.

Pada GT Pasteur Jalan Tol Padaleunyi, Jasamarga mencatat volume lalu lintas transaksi menuju Kota Bandung sebanyak 99.583, lebih rendah 2,41 persen dari lalin normal sebanyak 102.044.

Kemudian, volume lalu lintas transaksi yang meninggalkan Kota Bandung melalui GT Pasteur tercatat 86.205 kendaraan atau lebih rendah 5,47 persen dibanding lalu lintas normal sebanyak 91.191 kendaraan.

Untuk lalu lintas pada Selasa, 18 April 2023, terpantau peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan menuju arah Selatan. Jasa Marga mencatat sebanyak 35.852 kendaraan melintasi GT Kalihurip Utama menuju Bandung/Sumedang dan sekitarnya, meningkat 37,56 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 26.062 kendaraan.

Tak hanya itu, lalu lintas transaksi di GT Cileunyi menuju Rancaekek, Sumedang dan sekitarnya juga mengalami peningkatan, tercatat sebanyak 37.048 kendaraan melintas, meningkat 42,97 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 25.913 kendaraan.

Marketing and Communication Department Head JMT Panji Satriya mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Persiapan tersebut mulai dari kondisi kesehatan pengendara hingga kendaraan yang digunakan.

“Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan,” kata Panji dalam rilis resminya, Rabu (19/4).

3 dari 3 halaman

Gunakan Satu Kartu e-Toll

Panji juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk menggunakan satu e-toll yang sama saat masuk dan keluar di gerbang tol.

“Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan satu e-toll yang sama ketika tapping di gerbang tol masuk dan tapping di gerbang tol keluar di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II,” tambah Panji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini