Sukses

Pengunjung Pasar Tanah Abang Melonjak 30 Persen Jelang Lebaran

Masyarakat sudah mulai memadati Blok A, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pukul 08.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Pasar Tanah Abang Blok A, Hery Supriatna menungkapkan pada Ramadhan dan menjelang Lebaran tahun ini terjadi peningkatan jumlah pengunjung ke Pasar Tanah Abang sebesar 30 persen, jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu.

"Kalau jumlah pengunjung peningkatannya 150-200 persen dari sebelum puasa lebaran. Jika dibanding lebaran tahun lalu peningkatan pengunjung lebih dari 30 persen," kata Hery kepada Liputan6.com, Kamis (13/4/2023).

Sebelumnya, kios-kios pakaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada pekan kedua Bulan Ramadhan sejak Minggu pagi (2/4/2023) sudah dipadati pengunjung. Para pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang itu berburu pakaian untuk Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

Salah satu pedagang pakaian di Blok A Pasar Tanah Abang, Arya (33 tahun) mengatakan pengunjung banyak memburu baju gamis, baju koko, tuni, baju setelan, hingga kemeja-kemeja beragam ukuran.

Menurut Arya, para pengunjung tersebut sudah mulai memadati Blok A, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pukul 08.30 WIB. "Sudah mulai ramai itu dari kemarin kak, pagi-pagi jam 6 juga sudah ada yang menunggu, biasanya ramai sampai jam 16.00 sore," ucap Arya.

Adapun pengunjung pasar Tanah Abang tidak hanya berasal dari wilayah Jakarta saja, melainkan juga dari luar Jakarta. Misalnya, Nisa (30) asal Ciledug, Tangerang mengaku sering berbelanja di pasar ini menjelang Lebaran bersama keluarga.

"Saya memang rutin belanja di sini setahun sekali menjelang lebaran atau memang sesuai kebutuhan aja ke sini. Sekarang sudah beli baju dan kerudung," kata Nisa sambil menunjukkan plastik belanjaannya.

Alasan Nisa dan keluarga berbelanja pakaian Lebaran mulai dari sekarang karena menghindari ramainya pengunjung yang semakin membludak saat lebaran sudah dekat.

"Sengaja beli sekarang, kalau mendekati lebaran pengunjungnya semakin padat, saya juga beli malah sebelum puasa, jadi sekarang tinggal beli yang kurang-kurangnya aja," ujar Nisa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Heboh Pasar Tanah Abang Banjir hingga Pedagang Teriak Ganti Rugi, Ini Gara-Garanya

Sejumlah pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mendadak heboh, saat air mengucur deras dari plafon bangunan toko. Air di Pasar Tanah Abang diduga berasal dari kebocoran pipa pendingin ruangan. Video kebocoran tersebut dibagikan oleh akun Instagram @infojkt24, Selasa (11/4/2023).

Terlihat dari video yang beredar, tampak sejumlah pedagang panik karena air mengucur dari atap bangunan yang menyebabkan lantai pasar banjir semata kaki. Alhasil genangan air tersebut memaksa pedagang untuk merelokasi dagangan mereka.

Terdengar dari video, seorang pedagang ada yang berteriak 'Ganti rugi'.

"Ih parah banget?," kata pedagang lainya di video.

Menanggapi, Pengelola Pasar Tanah Abang, Hery Supriatna membenarkan insiden kebocoran pipa pendingin ruangan terjadi di pusat Grosir Pasar Tanah Abang.

"Lokasinya benar di Pusat Grosir Metro Tanah Abang," kata Hery kepada Liputan6.com, Kamis (13/4/2023).

Namun, ketika ditanya lebih lanjut pihaknya belum mengetahui kronologis kebocoran pipa pendingin ruangan tersebut. Karena diluar dari pengelolaannya.

"Kronologis kami tidak tahu, karena beda gedung (Pasar Tanah Abang) dan bukan dalam pengelolaan kami," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Ramainya Pasar Tanah Abang, Dipenuhi Pengunjung yang Ingin Beli Baju Lebaran

Kios-kios pakaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada pekan kedua Bulan Ramadhan sejak Minggu pagi (2/4/2023) nampak sudah dipadati pengunjung. Para pengunjung yang datang ke Pasar Tanah Abang itu berburu pakaian untuk Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Yang lagi banyak diburu itu gamis, baju koko, tunik, baju setelan, sama kemeja-kemeja beragam ukuran gitu," ujar salah satu pedagang pakaian di Blok A Pasar Tanah Abang, Arya (33), melansir Antara, Minggu (2/4/2023).

Menurut Arya, para pengunjung tersebut sudah mulai memadati Blok A, Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pukul 08.30 WIB. "Sudah mulai ramai itu dari kemarin kak, pagi-pagi jam 6 juga sudah ada yang menunggu, biasanya ramai sampai jam 16.00 sore," ucap dia.

Ada pun pedagang di pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara itu tampak bersemangat menawarkan dagangannya dan mulai sibuk melayani pembeli. "Ayo ayah, bunda, boleh diborong belanja baju, gamis, pakaiannya, murah meriah dilihat-lihat aja dulu," ucap para pedagang Blok A Pasar Tanah Abang saling bersahut-sahutan.

Sementara itu, salah satu pengunjung di Pasar Tanah Abang yang bernama Nisa (30) asal Ciledug, Tangerang mengaku sering berbelanja di pasar ini menjelang Lebaran bersama keluarga.

"Saya memang rutin belanja di sini setahun sekali menjelang lebaran atau memang sesuai kebutuhan aja ke sini. Sekarang sudah beli baju dan kerudung," kata Nisa sambil menunjukkan plastik belanjaannya.

Alasan Nisa dan keluarga berbelanja pakaian Lebaran mulai dari sekarang karena menghindari ramainya pengunjung yang semakin membludak saat lebaran sudah dekat.

"Sengaja beli sekarang, kalau mendekati lebaran pengunjungnya semakin padat, saya juga beli malah sebelum puasa, jadi sekarang tinggal beli yang kurang-kurangnya aja," ujar Nisa.

 

 

4 dari 4 halaman

Rela Naik Kereta Pagi Buta

Sama halnya seperti pembeli lainnya, yaitu Risma (28) asal Bekasi yang rela naik kereta sejak pukul 06.00 WIB. Ia juga mengaku rutin belanja pakaian Lebaran di Pasar Tanah Abang.

"Memang sudah rutin belanja di sini karena kan harganya lebih murah, jadi belanja di sini palingan untuk lebaran bareng adik sama mama. Biasanya yang aku cari baju, mukena, kerudung, pokoknya kebutuhan untuk lebaran," kata Risma.

Selain itu Risma juga suka berbelanja di Pasar Tanah Abang untuk kemudian barangnya dijual kembali di daerah tempat tinggalnya.

"Beli kerudung di sini sekitar Rp25.000, lumayan bisa dijual lagi di daerah rumah Rp35.000," ujar Risma sambil menunjukkan kerudung yang dibeli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.