Sukses

PT Pamapersada Kolaborasi Bersama PPSDM Geominerba Tingkatkan Keselamatan Tambang

PT Pamapersada berkolaborasi bersama PPSDM Geominerba menyelenggarakan pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Mineral dan Batubara.

Liputan6.com, Jakarta PT Pamapersada berkolaborasi bersama Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) menyelenggarakan In-House Training "Implementasi Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) Mineral dan Batubara" secara online pada hari Senin (3/4/2023).

PT Pamapersada Nusantara sebagai perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia, memiliki lima belas area operasi pertambangan batu bara dan dua area operasi pertambangan emas. Dengan adanya area pertambangan tersebut, PT Pama tentu harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Sementara itu, PPSDM Geominerba sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan sektor Geologi, Mineral, dan Batubara berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM yang dapat menggerakan roda organisasi, salah satunya para pegawai PT Pamapersada Nusantara.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara, Sunindyo Suryo Herdadi  melalui video conference dan didampingi oleh Kepala PPSDM Geominerba Dwi Anggoro Ismu Kurnianto serta pejabat di Lingkungan Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara dan PPSDM Geominerba.

Selain itu, perwakilan dari PT Pamapersada Nusantara, Ari Sutrisno sebagai Direktur PT Pamapersada Nusantara juga turut hadir untuk memberikan sambutan serta semangat untuk para peserta Diklat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengendalian Risiko Keselamatan Pertambangan

Berdasarkan yang disampaikan oleh Kepala PPSDM Geominerba, pelatihan ini merupakan kali kedua kerja sama antara PPSDM Geominerba dengan PT Pama yang dilaksanakan selama sembilan hari pada (3-11 April 2023) dan diikuti oleh 27 pegawai PT Pamapersada Nusantara dan perusahaan mitra kerjanya.

Selama mengikuti diklat, peserta dibekali ilmu oleh narasumber dari Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara seperti; Dasar Keselamatan, Kesehatan, dan Keselamatan Operasi Kerja Pertambangan, Dasar Hukum SMKP, Penerapan 7 Elemen (Kebijakan, Perencanaan, Organisasi dan Personel, Implementasi, Pemantauan, Evaluasi dan Tindak Lanjut, Dokumentasi, Elemen Tinjauan Manajemen dan Peningkatan Kinerja, dan diakhiri dengan ujian tulis jelas Ismu.

Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP) merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko keselamatan pertambangan yang berkaitan dengan kegiatan kerja jelas Ismu.

Melalui pelatihan tersebut harapannya peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan serta keselamatan operasi pertambangan yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi di PT Pamapersada Nusantara tegas Ismu.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini