Sukses

Tersedia Ribuan Formasi Sekolah Kedinasan 2023 Dibuka, Daftar Lewat Link Ini!

Namun perlu diperhatikan, pelamar sekolah kedinasan yang ingin mendaftarkan diri di Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) baru dimulai pada hari ini Senin, 3 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 secara resmi dibuka mulai 1 April 2023. Kuota tersedia sebanyak 4.672 formasi untuk penempatan di 8 instansi sekolah kedinasan.

Registrasi dilakukan secara online melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui situs https://dikdin.bkn.go.id/.

Namun perlu diperhatikan, pelamar sekolah kedinasan 2023 yang ingin mendaftarkan diri di Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) baru dimulai pada hari ini Senin, 3 April 2023.

“Calon pelamar bisa mendaftar mulai 1-30 April 2023. Khusus untuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pendaftaran dimulai pada 3-30 April 2023,” tutur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas seperti dikutip dari laman menpan.go.id, Senin (3/4/2023).

Sementara itu, di 2023 ini ada delapan instansi sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran. Kedelapan instansi tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Kementerian Hukum dan HAM
  2. Kementerian Keuangan
  3. Kementerian Perhubungan
  4. Kementerian Dalam Negeri
  5. Badan Intelijen Negara
  6. Badan Siber dan Sandi Negara
  7. Badan Pusat Statistik
  8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Selanjutnya Menteri Anas menerangkan bahwa dari 8 instansi tersebut Pemerintah hanya menerima sebanyak 4.672 formasi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui jalur sekolah kedinasan.

Karena itu, pelamar sekolah kedinasan 2023 diharapkan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjadi anggota PNS.

Pilih Sesuai Minat

Di samping itu, Menteri Anas juga mengajak agar putra-putri terbaik bangsa mendaftar di sekolah kedinasan yang sesuai dengan minat masing-masing.

Sebab, adanya sekolah kedinasan ini diharapkan bisa melahirkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berintegrasi sekaligus bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.

“Pemerintah telah mendesain skema kebutuhan ini, dan berharap ke depan kita bisa lahirkan calon-calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat,” tutur Azwar Anas.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal SKD

Sebagai informasi, pelaksanaan sekolah kedinasan 2023 berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB No. 20/2021 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan pada Kementerian/Lembaga.

Pelaksanaan seleksi sekolah kedinasan diawali dengan pendaftaran di https://dikdin.bkn.go.id/. Selanjutnya pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Rencananya SKD sekolah kedinasan akan berlangsung pada Mei hingga Juni 2023. Ujian dilaksanakan selama 100 menit dengan materi tes karakteristik pribadi (TKP), tes intelegensia umum (TIU), serta tes wawasan kebangsaan (TWK).

Seperti seleksi CASN pada umumnya, SKD sekolah kedinasan menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test (CAT) yang mencegah munculnya potensi kecurangan. “Tahapan berikutnya adalah Seleksi Lanjutan yang pelaksanaannya diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan,” imbuh Menteri Anas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.