Sukses

Gibran Rakabuming Raka Bertemu Ganjar Pranowo di Semarang, Bahas Inflasi hingga Industri Kreatif

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang pada Senin, 3 April 2023. Ada bahas Piala Dunia U-20 2023 tidak yah?

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Senin, 3 April 2023. Apa saja yang dibahas oleh Gibran dan Ganjar Pranowo tersebut usai beda pendapat mengenai Piala Dunia U-20?

Gibran menuturkan tidak membahasi mengenai batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Gibran menilai, isu mengenai Piala Dunia U-20 tidak perlu dibahas lebih panjang lagi.

"Enggak, enggak bahas itu. (Komunikasinya lancar ya mas?) Iya pokoknya saya sebagai bawahan siap untuk menjalankan perintah dari atas, Pak Gubernur sudah itu saja,” tutur dia dikutip dari Antara, Senin (3/4/2023).

“Semuanya clear kok tenang saja," ujar dia.

Gibran menambahkan, dirinya bertemu Ganjar Pranowo untuk bersilaturahmi dan melaporkan perkembangan dan kendala pekerjaan Single Elevated Railway. Gibran menuturkan, hal itu kolaborasi antara pusat, provinsi dan pemerintah kota (pemkot).

“Saya harus laporan kendala-kendala di lapangan seperti apa dan lain-lain, itu saja,” tutur dia.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Ia memberi perhatian pada soal inflasi karena Kota Surakarta menjadi satu dari tujuh sampel dengan tingkat inflasi paling dinamis.

“Itu yang coba kita sampaikan. Ya Mas Wali menyampaikanlah program PSN gede-gede, rencana beberapa program dari pemerintah kota yang sebagian besar industri kreatifnya mau kita dorong,” kata dia.

Ganjar juga menyampaikan, saat bertemu Gibran juga menjelaskan mengenai kegiatan yang akan digelar di Kota Surakarta dan dirinya siap mendukung.

“Ya mungkin banyak event lagi yang mau digelar karena kemarin seni ada, olahraga ada, industri kreatif ada, pokoknya kita dukung,” ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gibran Mendadak Temui Ganjar Pranowo di Semarang Hari Ini, Ada Apa?

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka arau Gibran mendadak menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin (3/4/2023).

Gibran mengaku belum tahu akan ada pembicaraan apa pada pertemuan tersebut. "Nggak tahu, mendadak," katanya, dikutip dari Antara.

Semenjak muncul penolakan Ganjar Pranowo terhadap Timnas Israel di Piala Dunia U-20 dan dibatalkannya ajang tersebut di Indonesia, keduanya belum pernah bertemu. Meski demikian Gibran yang sempat bersikeras agar Piala Dunia U-20 tetap diadakan di Indonesia mengaku komunikasi keduanya tidak ada masalah.

Menurut dia, hubungannya dengan Ganjar baik-baik saja dan tidak ada masalah, meski beda pendapat mengenai kedatangan Timnas Israel. Bahkan Gibran mengaku sempat berkomunikasi dengan Ganjar beberapa waktu yang lalu. 

"Baik-baik hubungan dengan Pak Ganjar, memang kenapa?," ujarnya. 

Sementara itu saat dikonfirmasi terkait pernyataan Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang mengatakan Gibran tak paham konstitusi menyikapi perbedaan sikapnya dengan Ganjar, Gibran enggan menjawab panjang. 

"Yo wis, ngono wae (ya sudah, begitu saja)," kata Gibran

 

3 dari 3 halaman

Sudah Minta Maaf

Sebelumnya, Gibran juga sudah minta maaf kepada Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster terkait pernyataannya tentang polemik Piala Dunia U-20.

Permintaan maaf itu semula diartikan sejumlah jurnalis sebagai sindiran menohok mengingat Ganjar Pranowo dan Wayan Koster lantang menolak keikutsertaan Israel dalam putaran Piala Dunia U-20 2023.

FIFA lalu membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang semestinya digelar di Bali, 31 Maret 2023. Ini memicu kemarahan publik. Politikus dinilai mematikan mimpi Timnas Indonesia.

Gibran Rakabuming menegaskan hubungan dengan Ganjar Pranowo baik-baik saja meski akhirnya mimpi masyarakat Solo jadi tuan rumah babak final Piala Dunia U-20 gugur.

Setelahnya, bintang film Sesuai Aplikasi minta maaf andai ada kata-kata yang kurang berkenan terlontar dari mulutnya. Lagi-lagi, jurnalis mempertanyakan kepada siapa kata maaf itu disampaikan.

“Mohon maaf kalau ada kata-kata saya yang salah,” ucap Gibran Rakabuming. “Ya semua. Pak Ganjar, Pak Koster, semuanya yang mungkin tersinggung karena kata-kata saya,” ia menyambung.

Jawaban ini tak serta merta memuaskan awak media. Spekulasi yang beredar di kalangan jurnalis Kota Bengawan, Gibran Rakabuming “terpaksa” minta maaf karena ada teguran dari elit partai PDI Perjuangan lantaran Wali Kota Solo dinilai tak satu suara dengan Ganjar Pranowo dan Wayan Koster.

Merespons spekulasi ini, putra sulung Jokowi membantah. “Teguran apa?” Gibran Rakabuming balik bertanya. “Ya, nanti sajalah ya. Enggak, enggak ada. Apa ada teguran? Enggak,” ia mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.