Sukses

Ikut Arahan Erick Thohir, ID Survey Latih Pelindo Bidik Penerapan Dekarbonisasi

Holding BUMN Jasa Survey ID Survey menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dalam menghitung peluang dalam perdagangan karbon. Didalamnya, menghitung mulai dari nilai ekonomi karbon, perdagangan karbon, hingga menghitung emisi gas rumah kaca (GRK).

Liputan6.com, Jakarta Holding BUMN Jasa Survey ID Survey menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dalam menghitung peluang dalam perdagangan karbon. Didalamnya, menghitung mulai dari nilai ekonomi karbon, perdagangan karbon, hingga menghitung emisi gas rumah kaca (GRK).

Kerja sama ini dijalankan dengan menggelar pelatihan bertajuk 'Nilai Ekonomi Karbon (NEK), Perdagangan Karbon, Perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sesuai ISO 14064 Series, dan Carbon Stock’. Ini digelar selama 27-31 Maret 2023.

“IDSurvey yang berpengalaman menjadi fasilitator dan konsultan carbon accounting sejak 2021 memberikan presentasi pengalaman jasa industri dan gambaran decarbonisation journey kepada perusahaan Pelindo,” ujar VP Strategic Business Unit Energi dan Industri IDSurvey, R. Agus Doddy Dwisagita dalam keterangannya, Selasa (28/3/2023).

Doddy menjelaskan hingga saat ini IDSurvey telah berpengalaman dalam fasilitasi dan dukungan teknis dekarbonisasi untuk BUMN pilot. Mulai dari Pupuk Indonesia, Mind ID, PTPN III, Perhutani, PLN, Pertamina, dan Semen Indonesia.

Dia berharap PT Pelindo akan segera menjadi bagian dari rantai nilai partisipasi dalam ekosistem perdagangan karbon di Indonesia menyusul BUMN pilot.

“Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan IDSurvey dalam mengimplementasikan upaya percepatan dekarbonisasi,” ujar Doddy.

Tak sembarangan, Doddy menyebut langkah ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir. Diketahui, dukungan percepatan implementasi dekarbonisasi ini merujuk pada Surat Edaran Menteri BUMN NO. SE-6/MBU/12/2022 yang memperhatikan pula rujukan Peraturan Menteri, seperti Permen LHK 21/2022 tentang tata laksana NEK.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arahan Erick Thohir

Surat Edaran yang diteken Erick Thohir tersebut menginstruksikan untuk menyusun peta jalan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan pemetaan inisiatif per tahun serta analisis kurva Marginal Abatement Cost (MAC) hingga 2030. Selain itu, jajaran BUMN juga mendapatkan instruksi dari Kementerian BUMN untuk menganggarkan kebutuhan ini pada RKAP 2023 dan melaksanakan inisiatifnya. Lalu setiap BUMN harus membuat laporan tahunan tingkat emisi GRK kepada Kementerian BUMN.

Setelah acara pembukaan dan penyampaian materi di hari pertama, acara yang juga dihadiri oleh Direktur Strategi PT Pelindo Prasetyo itu berlanjut hingga hari ke-5 dengan materi Awareness Training untuk ISO 14064 series dan carbon stock.

"IDSurvey berkomitmen untuk terus mendukung implementasi percepatan dekarbonisasi dalam rangka pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) 2030 dan ambisi netral karbon 2060, salah satunya melalui kerja sama dengan sesama BUMN. Pada 4 April 2023 mendatang, IDSurvey juga akan melaksanakan sosialisasi ke seluruh BUMN dan perusahaan afiliasi, bekerja sama dengan Kemenkomarves, Kementerian BUMN, Kementerian LHK, dan Kementerian ESDM," bebernya.

“Harapannya melalui kegiatan ini, upaya optimalisasi dekarbonisasi khususnya di lingkungan BUMN dapat tercapai dan masyarakat dapat teredukasi mengenai dekarbonisasi,” pungkas Doddy.

 

3 dari 3 halaman

Gandeng BEI

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah Holding BUMN Jasa Survei atau IDSurvey yang menggandeng Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam implementasi perdagangan karbon. Dia menyebut, dengan kerja sama ini, perdagangan karbon bisa dimulai kembali.

Informasi, IDSurvey ditunjuk Kementerian BUMN RI melalui SE-6/MBU/12/2022 tentang Pelaksanaan Program Dekarbonisasi dan Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon di BUMN untuk Mendukung Pencapaian Target Kontribusi Nasional dan Pengendalian Emisi Rumah Kaca.

Sebagai induk holding dari IDSurvey, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) melakukan kerja sama strategis dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai langkah implementasi nilai ekonomi karbon.

"Saya apresiasi kesungguhan IDSurvey dalam menggarap isu karbon ini. Nota kesepahaman yang akan ditandatangani antara IDSurvey dan BEI ini lebih kepada bagaimana kita mulai mereaktifkan yang namanya carbon trading. Di mana pemerintah sendiri sudah punya tools di bawah OJK tentang karbon ini. Bursa sendiri sudah menjadi bagian sistem. Tentu IDSurvey sebagai bagian sertifikasinya," ungkap Erick Thohir dalam keterangannya, Senin (27/2/2023)

Bisnis EBT

Dia menekankan konsolidasi di BUMN bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap ekonomi nasional sekaligus bisnis energi baru terbarukan yang berkelanjutan. Lebih jauh dia memandang perusahaan pelat merah bisa menjadi pemain global di sektor ini.

"Konsolidasi dalam renewable energy ini sangat penting, karena memiliki potensi yang sangat besar, (BUMN) sangat berpotensi jadi global player. Dengan ini, BUMN menunjukan punya peran dalam fundamental ekonomi nasional. Persaingan global harus kita hadapi dan kita menangi," ujar Erick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.