Sukses

Harga Emas Berpeluang Naik Lagi, Siap-Siap Beli?

Harga emas memperpanjang kenaikan ke sesi kedua berturut-turut pada hari Kamis.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas memperpanjang kenaikan ke sesi kedua berturut-turut pada hari Kamis. Ini didorong oleh penurunan dolar AS dan imbal hasil Treasury setelah Federal Reserve mengisyaratkan berakhirnya siklus pengetatan moneter mungkin akan terjadi.

Diktuip dari CNBC, Jumat (24/3/2023), harga emas di pasar spot terakhir naik 1,18 persen menjadi USD 1.992,81 per ons. Sementara AS emas berjangka melonjak 2,4 persen menjadi menetap di USD 1.995,90.

Suku bunga Fed dinaikkan seperempat poin persentase pada hari Rabu tetapi menyoroti bahwa itu hampir berhenti.

“Jika mereka benar-benar berhenti, itu jelas merupakan lampu hijau untuk pasar emas, menjadi lindung nilai klasik terhadap inflasi. Sepertinya inflasi akan tetap tinggi jika mereka tidak dapat menaikkan suku bunga lebih lanjut,” kata David Meger, direktur perdagangan logam di High Ridge Futures.

Harga emas pada hari Senin mencapai level tertinggi satu tahun, menembus level kunci USD 2.000 karena permintaan safe-haven, meskipun kemudian turun karena kegelisahan sektor perbankan mereda setelah penyelamatan Credit Suisse. Tetapi prospeknya tetap positif jika Fed berhenti atau krisis perbankan berlanjut, kata para analis.

Bank Wall Street Goldman Sachs menaikkan target harga emas 12 bulan menjadi USD 2.050 per ons dari USD 1.950, menggambarkannya sebagai lindung nilai terbaik terhadap risiko keuangan.

"Kombinasi inflasi yang masih tinggi, permintaan investasi alternatif safe haven, dan melemahnya dolar - semua ini merupakan faktor pendorong yang signifikan di balik pergerakan emas baru-baru ini," tambah Meger.

Dolar mendekati posisi terendah awal Februari, meluncur untuk sesi keenam dan membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya. Benchmark imbal hasil obligasi pemerintah juga sedikit lebih rendah dan meningkatkan daya pikat emas dengan imbal hasil nol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Dunia Diprediksi Tembus USD 2.000 per Ons

Pasar emas melonjak dalam kurun waktu 3 tahun di tengah jatuhnya sektor perbankan. Bahkan analis memperkirakan harga emas bisa mencapai USD 2.000 per ons minggu ini, setelah Federal Reserve melakukan kebijakan moneter yang dijadwalkan pada hari Rabu (22/3/2023) mendatang.

Dilansir dari laman Kitco News Senin, (20/3/2023) harga emas dunia tercatat naik dari USD 1.867 per ons menjadi di atas USD 1.980 minggu lalu. Harga emas membukukan kenaikan lebih dari USD 110 sejak kinerja terbaiknya sejak Maret 2020.

Sedangkan harga emas berjangka Comex bulan April terakhir diperdagangkan pada USD 1.988 per ons, naik USD 65 pada hari itu.

Kepala strategi komoditas global TD Securities Bart Melek mengatakan kondisi pasar saat ini tengah bersiap-siap untuk sepanjang minggu depan untuk melihat hasil pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve. Pasar memperkirakan kenaikan 25 basis poin, tetapi investor lebih fokus pada potensi jeda dan penurunan suku bunga yang mungkin terjadi.

3 dari 3 halaman

Suku Bunga The Fed

Setelah ayunan liar dalam ekspektasi kenaikan suku bunga minggu lalu, harga emas berada dalam posisi menang, menurut analis.

"Pasar menyimpulkan bahwa kita akan melihat Fed naik 25bps lagi dan kemudian mungkin duduk di atasnya untuk sementara waktu dan melihat apa yang terjadi," kata Melek.

"Pandangan dari perspektif emas adalah gangguan yang diberikan dalam sistem perbankan dan kesediaan Departemen Keuangan AS untuk membantu, kita mungkin mendapatkan akomodasi yang memungkinkan inflasi bertahan lebih lama di level yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang baik untuk emas," lanjut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai imbal jasa (bunga) dalam suatu periode tertentu disebut suku bunga.

    suku bunga

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • Harga Emas Naik

  • Moneter