Sukses

Maskapai Pelita Air Buka Rute Jakarta-Balikpapan, Harga Tiket Rp 1.336.000

Bertempat di Gate 11 Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pelita Air membuka penerbangan barunya untuk rute Jakarta-Balikpapan. Dalam penerbangan perdananya itu, langsung dipenuhi penumpang yang mengular, antre, untuk check in masuk ke dalam pesawat menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai anak usaha Pertamina, Pelita Air Service (PAS), memperluas jangkauan terbangnya hingga ke Balikpapan. Dalam penerbangan pertamanya, okupansi pesawat Pelita Air pun diklaim full melebihi 90 persen, Senin (20/3/2203).

Bertempat di Gate 11 Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Pelita Air membuka penerbangan barunya untuk rute Jakarta-Balikpapan. Dalam penerbangan perdananya itu, langsung dipenuhi penumpang yang mengular, antre, untuk check in masuk ke dalam pesawat menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.

Penerbangan perdana yang dijadwalkan pukul 6.30 Wib, diberangkatkan sesuai jadwal. Makanya, pada saat inagurasi, direksi Pelita Air dan perwakilan Pertamina pun, tidak melakukan seremoni yang memakan waktu jam terbang penumpang.

"Hari ini full, kita full lebih dari 90 persen. Antusias masyarakat benar-benar baik untuk Pelita Air ini menuju Balikpapan, Kalimantan," ujar Dendy Kurniawan, Direktur Utama PT Pelita Air Service, saat ditemui seusai Inagurasi seremoni penerbangan Pelita Air Jakarta - Balikpapan, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Senin (20/3/2023).

Menurutnya, setelah sebelumnya Pelita Air membuka rute penerbangan ke Bali, Yogyakarta dan Surabaya, kali ini dipilihnya Balikpapan sebagai rute teranyar, bukanlah tanpa alasan. Melainkan karena Balikpapan merupakan salah satu wilayah kerja Pertamjna Group yang besar.

"Selain itu, terkait rencana pemerintah mewujudkan Ibukota Nusantara atau IKN. Jadi traffic ke arah Kalimantan bagian timur sedang tinggi-tingginya, itu alasan kita buka ke Balikpapan, selain memang nantinya akan membuka di kota-kota lain di Indonesia," tutur Dendi.

Dendy pun mengaku harga tiket yang ditawarkan maskapainya sangatlah relatif terjangkau, sesuai dengan batas atas ataupun batas bawah yang ditetapkan pemerintah. Sehingga, menjadikan alternatif pilihan masyarakat yang ingin terbang ke Balikpapan.

Harga Tiket Pelita Air

Jika mengecek langsung harga di platform jual beli tiket pesawat secara online, harga tiket pesawat Pelita Air menuju Balikpapan berada di sekitaran Rp 1.336.000. Harga ini sedikit lebih murah dibandingkan maskapai swasta lain menuju penerbangan yang sama.

"Kami relatif terjangkau, beda loh ya sama murah. Terjangkau dengan fasilitas yang didapat dan ketepatan waktu saat terbang, itu pun sudah diakui masyarakat," ujarnya.

Penerbangan Pelita Air pun dijadwalkan akan berangkat ke Balikpapan dari Bandara Soekarno Hatta, setiap hari di jam yang sama, yakni 6.20 Wib. (Pramita Tristiawati)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerbangan Batal, Penumpang Pelita Air Kini Bisa Pindah ke Citilink

Penumpang maskapai Pelita Air maupun Citilink bisa pindah pesawat antara keduanya jika terjadi kendala dalam penerbangan. Misalnya adanya pembatalan penerbangan dari salah satu maskapai.

Kebijakan ini telah disepakati kedua maskapan dengan ditandatanganinya perjanjian Flight Interruption Manifest (FIM). Proses penandatanganan diwakili oleh Direktur Produksi Pelita Air, Affan Hidayat dan Direktur Niaga dan Kargo Citilink, Ichwan F Agus.

Perpindahan penumpang ini hanya terjadi ketika ada kendala dalam penerbangan. Nantinya, perpindahan ini berlaku baik bagi penumpang Pelita Air ke Citilink, maupun sebaliknya. Perjanjian ini disebut sebagai wujud komitmen dalam penanganan irregularity penerbangan.

Kerja sama ini tidak hanya akan membawa manfaat baik dari sisi service recovery bagi kedua maskapai, namun juga diharapkan menjadi suatu sinergi serta kolaborasi positif antara maskapai BUMN dalam memberikan pelayanan pada pelanggan transportasi udara," ujar Direktur Utama PT Pelita Air Dendy Kurniawan dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

Sementara, Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Dewa Kadek Rai menambahkan kerja sama ini juga sejalan dengan value Citilink maupun Pelita Air untuk senantiasa memberikan pelayanan yang optimal, hassle-free dan efisien kepada seluruh penumpang.

“Saat ini Citilink mengoperasikan sedikitnya 90 rute penerbangan dan lebih dari 240 penerbangan setiap harinya sehingga kami optimis mampu mengakomodasi kebutuhan operasional Pelita Air maupun sebaliknya,” kata Dewa.

Ia berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan ke depannya akan semakin banyak kerja sama antar kedua maskapai di bidang-bidang lainnya.

3 dari 3 halaman

Kenyamanan Penumpang

Pelita Air Service dan Citilink akan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dalam seluruh touch point perjalanan.

Hal ini merupakan usaha dari kedua maskapai untuk tetap mengutamakan kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara.

Khususnya bagi pelanggan yang terdampak atas irregularity penerbangan dengan melakukan transfer penumpang dari satu maskapai ke maskapai lain jika terjadi kondisi disrupsi penerbangan seperti perubahan jadwal ataupun pembatalan penerbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.