Sukses

6 Langkah Kecil Ini Bantu Perbaiki Keuangan Anda di Masa Depan

Jika benar-benar ingin meningkatkan keuangan dan aman secara finansial jangka panjang, Anda punya kesempatan yang jauh lebih baik untuk melakukannya meski hanya memiliki 2-3 tujuan kecil yang bisa dicapai.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak usaha yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki keuangan. Sekalipun langkah kecil, itu dapat memengaruhi peningkatan finansial di masa depan.

Jika benar-benar ingin meningkatkan keuangan dan aman secara finansial jangka panjang, Anda punya kesempatan yang jauh lebih baik untuk melakukannya meski hanya memiliki 2-3 tujuan kecil yang bisa dicapai. Kemudian Anda bisa melihat kemajuan selama 6-12 bulan. Dengan mencentang kotak-kotak tujuan itu akan mendukung Anda untuk terus maju.

“Yang paling penting adalah tetap sederhana. Inkremental, dapat diterapkan, dan tidak sempurna,” kata salah satu pendiri dan kepala kesehatan keuangan di Facet Brent Weiss seperti melansir CNN, Jumat (10/3/2023).

“Yang paling akan kami kerjakan adalah tiga hal karena kehidupan terjadi,” tambahnya. “Ini bukan tentang mengubah hidup, tetapi mengubah beberapa hal untuk meningkatkan kesehatan keuangan Anda.”

Buat gambaran anggaran keuangan

Sebelum memutuskan dua atau tiga tujuan spesifik, Weiss menyarankan agar Anda mendapatkan gambaran secara singkat tentang posisi keuangan saat ini. Misalnya, jumlah uang yang Anda hasilkan setiap bulan, yang harus dibayarkan, total tabungan terkini, hingga aset yang dimiliki.

Setelah itu, lihat lebih dalam pola pengeluaran Anda. Uraikan pengeluaran Anda secara khusus dan buat kolom "kebutuhan" dan "keinginan", tambah direktur perencanaan keuangan di Edelman Financial Engines Rose Niang. Jadi, misalnya, membayar sewa atau hipotek adalah kebutuhan yang pasti. Membeli sendiri bunga sebulan sekali itu berarti menjadi keinginan.

Intinya, bukan untuk mengabaikan keinginan. Akan tetapi, ini menjadi salah satu upaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang pengelolaan uang agar Anda bisa memutuskan hal-hal lain yang lebih penting untuk meningkatkan gambaran keuangan.

Berikut ini beberapa contoh perubahan yang mudah diterapkan dan bisa Anda lakukan tahun ini, bergantung pada prioritas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lakukan perubahan 1 persen

Jika menambah tabungan akan membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia, mulailah dari nominal yang kecil jika uangnya pas-pasan.

Sebab, peningkatan satu atau dua poin persentase setahun dapat membuat perbedaan nyata dari waktu ke waktu. Entah untuk tujuan meningkatkan tabungan masa pensiun, biaya kuliah, keadaan darurat, uang muka, atau bahkan perjalanan daftar keinginan. Namun, itu tidak akan mengurangi pendapatan diskresioner Anda.

"Kamu akan terkejut bagaimana kamu tidak menyadarinya," kata Niang.

Bayar utang berbunga tinggi

Suku bunga kartu kredit mencapai rekor tertinggi tahun ini.

Jadi, sementara peningkatan satu dan dua persen uang yang Anda keluarkan untuk membayar tagihan dapat membantu, mengeluarkan lebih banyak uang akan benar-benar terbayarkan dalam jangka pendek dan panjang. Hal itu karena terlalu banyak uang hasil jerih payah Anda akan hilang karena membayar biaya bunga daripada gaji pokok.

Salah satu pilihan untuk membayar utang ANda sambil meminimalkan biaya bunga adalah dengan menemukan kartu transfer saldo yang bagus dengan tingkat awal 0 persen dan dapat bertahan hingga 21 bulan. Pastikan kartu tersebut memiliki biaya dan denda yang sangat rendah sehingga Anda dapat berkomitmen untuk melunasi saldo sebelum periode tarif nol berakhir.

Berlindung dari tarif yang lebih tinggi dengan cara lain

Asumsikan suku bunga akan tetap setinggi sekarang atau bahkan lebih tinggi dari saat ini karena Federal Reserve terus menaikkan suku bunga acuannya dalam upaya berkelanjutan untuk meredam inflasi.

Jika selama ini Anda mengandalkan kartu kredit sebagai dana berjaga-jaga, Niang memperingatkan, “Ini bukan tahun untuk melakukan itu.”

Jadi, lebih baik mulai menyisihkan uang mulai sekarang untuk membantu menutupi pengeluaran jangka pendek jika Anda kehilangan pekerjaan atau terkena keadaan darurat yang mahal.

Selain itu, Niang juga menyarankan agar siapa pun yang memiliki pinjaman siswa swasta dengan tingkat variabel melihat ke dalam pembiayaan kembali menjadi pinjaman dengan tingkat bunga tetap untuk melindungi dari tingkat yang lebih tinggi di masa depan.

Sementara jika Anda berada di pasar untuk membeli rumah, semakin banyak Anda dapat membeli properti itu, semakin sedikit Anda akan membayar biaya bunga dari waktu ke waktu.

 

 

3 dari 3 halaman

Pikirkan prioritas

Jika Anda memiliki anak kecil dan ingin memastikan mereka aman secara finansial setelah Anda meninggal, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambah polis asuransi jiwa apa pun yang disediakan perusahaan.

Pastikan portofolio terdiversifikasi

Anda sebaiknya menghindari memasukkan semua uang investasi ke dalam satu keranjang jika bukan seorang jenius atau ahli berinvestasi yang mampu mengetahui atau memprediksi hal yang terjadi di masa depan.

Jadi, pastikan portofolio tetap terdiversifikasi di seluruh saham dan obligasi, gaya investasi yang berbeda dan berbagai sektor. Akan tetapi, tujuannya adalah untuk memastikan pengembalian positif jangka panjang pada portofolio Anda.

“Pasar bersifat siklus,” kata Niang. “Jadi, Anda melakukan diversifikasi dengan harapan bahwa ketika satu pihak bekerja dengan buruk, yang lain melakukannya dengan baik.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.