Sukses

Jelang WSBK 2023, Kamar Hotel di Mandalika Masih Banyak Kosong

Mandalika Hotel Association (MAH) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, pemesanan kamar hotel belum mencapai 100 persen menjelang ajang World Superbike (WSBK) 2023 di Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Mandalika Hotel Association (MAH) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, pemesanan kamar hotel belum mencapai 100 persen menjelang ajang World Superbike atau WSBK 2023, sehingga masih ada kamar hotel belum dipesan.

"Pesanan kamar hotel maupun homestay di Lombok Tengah belum mencapai 100 persen," kata Wakil MAH Lombok Tengah, Lalu Eri Wiradana di Praya, dikutip dari Antara, Selasa (28/2/2023).

Ia mengatakan, dari 65 anggota MAH dengan jumlah kamar sebanyak 1970 kamar, yang telah dipesan itu mencapai 50 persen. Namun, dari pengalaman sebelumnya pemesanan hotel bisa meningkat pada H-1 menjelang balapan.

"Itu dari pengalaman sebelumnya," katanya.

Ia mengatakan, pada ajang WSBK 2021 dan MotoGP 2022 ketersediaan kamar hotel memang tidak sesuai dengan jumlah wisatawan atau penonton yang datang. Namun, hal itu akibat dari dampak pandemi, sehingga banyak hotel tidak dibuka dan ada juga yang dikontrakkan kepada para pekerja proyek.

"Sehingga jumlah kamar hotel terbatas dan harganya juga cukup tinggi waktu itu," katanya.

Ia mengatakan, pada ajang WSBK 2022 pelayanan akomodasi lebih baik dan ketersediaan kamar juga bisa terpenuhi, sehingga tidak ada keluhan dari para wisatawan atau para penonton.

"Untuk WSBK 2023 harga sewa kamar hotel itu tetap normal atau tidak ada kenaikan. Ini bentuk dukungan kami terhadap peningkatan wisatawan di Mandalika," katanya.

Tingkatkan Layanan

Sekda Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya berharap kepada para pelaku wisata untuk mendukung ajang WSBK ini dengan meningkatkan pelayanan, meskipun tidak ada kenaikan harga sewa kamar hotel.

"Pelayanan harus tetap ditingkatkan sesuai dengan nilai sewa kamar hotel yang ditawarkan," katanya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah juga telah menyiapkan pelayanan pengaduan secara hotline melalui 081 944 107 536 dan pengaduan langsung yang dipusatkan di area Masjid Nurul Bilad, KEK Mandalika.

Hal itu dilakukan untuk memberikan jaminan pelayanan akomodasi bagi wisatawan pada ajang WSBK, supaya aman dan nyaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

World Superbike 2023 Mandalika Dapat 7 Sponsor, Siap Digelar 3-5 Maret 2023

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group siap mensukseskan ajang balap motor Internasional bergengsi, yaitu World Superbike Indonesia Round 2023 dengan dukungan sponsor dari tujuh perusahaan terkemuka di Indonesia.

Ajang balap WSBK 2023 akan dilaksanakan pada akhir minggu depan 3 - 5 Maret 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tujuh perusahaan yang berkomitmen menjadi sponsor ajang balap motor WSBK 2023 diantaranya adalah PT Pertamina, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Astra Honda Motor, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan Hydro Coco.

Bukti Indonesia BisaDirektur Utama MGPA Priandhi Satria sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak, khususnya perusahaan-perusahaan yang berkomitmen menjadi sponsor resmi event WSBK 2023.

“Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh sponsor atas dukungannya untuk kesuksesan WSBK Indonesian Round 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit. Kerja sama yang terjalin ini merupakan langkah yang perlu diapresiasi karena menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah dari event Internasional,” paparnya, Jumat (24/2/2023).

ITDC dan MGPA menyambut baik terkait kerjasama dan kolaborasi yang terjalin dengan berbagai pihak yang memiliki visi dan misi selaras, yaitu mensukseskan berbagai event yang terselenggara di Pertamina Mandalika International Circuit, baik event internasional maupun nasional lainnya.

3 dari 3 halaman

Harus Dijaga

Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka mengungkapkan bahwa upaya kerjasama merupakan hal positif yang patut dijaga.

“ITDC-MGPA sangat terbuka terhadap berbagai perusahaan di Indonesia, baik dari BUMN ataupun swasta untuk bekerjasama dan berkolaborasi. Kami berharap agar hubungan kerjasama dengan berbagai perusahaan dapat terus terjalin dengan baik sehingga memberikan multiplier effects bagi masyarakat Indonesia dan bukan hanya untuk pihak-pihak yang terlibat. Kami tekankan bahwa kerjasama ini adalah untuk Indonesia,” terangnya.

Event WSBK 2023 turut dimeriahkan dengan adanya side event Nusantara Festival yang menyajikan festival kesenian dan musik serta menghadirkan penampilan artis-artis lokal kebanggan Indonesia.

Lebih dari itu, gelaran WSBK 2023 juga dimeriahkan oleh Lombok Sumbawa Fair yang akan menyuguhkan keberagaman budaya NTB berupa kerajinan, kuliner, maupun pertunjukan seni budaya lokal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.