Sukses

Kartu Prakerja Gelombang 48 Ditutup Malam Ini Pukul 23.59 WIB, Buruan Daftar di prakerja.go.id

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 48 tinggal menunggu hitungan jam untuk ditutup pada Rabu malam, 22 Februari 2023 pukul 23.59 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 48 tinggal menunggu hitungan jam untuk ditutup pada Rabu malam, 22 Februari 2023 pukul 23.59 WIB.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi @prakerja.go.id lantas mengajak calon peserta untuk segera mendaftarkan diri secepat mungkin.

"Pukul 23.59 WIB malam ini Gelombang 48 Kartu Prakerja akan ditutup," seru @prakerja.go.id, Rabu (22/2/2023).

Calon peserta lantas diarahkan untuk segera mendaftarkan diri di laman www.prakerja go.id, untuk kemudian langsung klik opsi Gabung Gelombang untuk mengikuti program Kartu Prakerja.

Cara Buat Akun Kartu Prakerja

Calon peserta program Kartu Prakerja 2023 dapat mendaftarkan diri dan membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

- Membuka situs https://dashboard.prakerja.go. id/daftar.

- Masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.

- Buka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi.

- Setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.

- Selanjutnya yaitu mengisi kolom NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.

- Lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.

- Pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.

- Lanjutkan tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP. Jangan lupa perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.

- Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan klik Kirim Foto e-KTP.

- Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.

- Selanjutnya verifikasi foto wajah. Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.

- Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.

- Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.

-Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Kartu Prakerja

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, maka langkah selanjutnya yakni menjalani serangkaian tes untuk sampai di tahapan akhir. Sejumlah tes tersebut di antaranya yakni berupa Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Sementara itu, peserta dapat memaksimalkan kemampuan pada saat melakukan tes yang akan dilangsungkan selama maksimal 25 menit. Dalam tahap tersebut, peserta dapat menggunakan sejumlah alat bantu berupa kertas, pensil, atau pun pena untuk menyelesaikan serangkaian tes.

Syarat Peserta Program Kartu Prakerja Skema Normal

- Warga negara Indonesia memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

- Berusia 18 hingga 64 tahun

- Tidak berstatus pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN, TNI, POLRI, Kepala Desa/Perangkat Desa, Direksi,/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD.

- Belum pernah menjadi penerima Program Kartu Prakerja.

- Penerima Program Bantuan Sosial pemerintah lainnya diperbolehkan.

- Perlu diketahui, pada beberapa pelatihan akan ada persyaratan usia dan pendidikan formal minimal, jika diperlukan.

3 dari 4 halaman

Alasan Kartu Prakerja Gelombang 48 Dibatasi Hanya 10 Ribu Peserta

Pemerintah resmi membuka kembali Program Kartu Prakerja Gelombang 48 pada 17 Februari 2023. Tahap awal pembukaan ini dibatasi hanya untuk 10 ribu peserta pelatihan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan alasan dibatasinya peserta pelatihan. Salah satunya adalah menyesuaikan dengan jumlah penyedia pelatihan Program Kartu Prakerja.

Dengan terbatasnya pemberi layanan pelatihan, maka terbatas juga peserta yang bisa ikut mengambil pelatihan di Kartu Prakerja Gelombang 48 ini.

"Mengapa dibatasi? Karena menyesuaikan dengan program pendaftaran lembaga pelatihan yang (telah) dikurasi oleh manajemen pelaksana dari program kartu prakerja," ungkapnya dalam Konferensi Pers, Jumat (17/2/2023).

"Dan pelatihan tersedia masih dalam terbatas dan kuota ini akan ditingkatkan pada gelombang-gelombang selanjutnya," sambung Airlangga.

Informasi, kali ini Kartu Prakerja Gelombang 48 dibuka dengan skema normal mulai 15 Februari 2023 pukul 19.00 WIB secara serentak. Skema normal ini artinya lebih banyak untuk pelatihan meningkatkan kemampuan dari pada insentif yang diberikan kepada peserta.

 

4 dari 4 halaman

Gelombang Selanjutnya

Lebih lanjut, Menko Airlangga menyampaikan, kendati adanya keterbatasan, pilihan tetap dikembalikan ke peserta. Jika peserta ingin mengikuti pelatihan yang lebih banyak dan bervariasi, maka dipersilakan mengikuti gelombang selanjutnya atau Gelombang 49.

"Untuk para pekerja atau para peserta yang ingin menunggu lebih banyak variasi pelatihan yang tersedia, (bisa) bergabung di gelombang berikutnya," ungkapnya.

Kemudian, melalui skema saat ini, ada batas waktu dalam membelanjakan saldo yang didapat untuk menjalankan pelatihan. Maka, peserta juga bisa mengambil di pelatihan gelombang selanjutnya.

"Karena (ada) batas waktu belanja saldo pelatihan untuk peseta, maka peserta dapat bergabung dan mendaftar di gelombang berikutnya, dan di tahun 2023 dialokasikan anggaran untuk 595 ribu peserta," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.